6 Perbedaan TV Analog dan Digital, Lantas Mana Yang Lebih Baik?

Resa Azzahra 0 Komentar

Berbicara tentang perkembangan TV. Berikut ada beberapa perbedaan Tv analog dan digital. Lantas Televisi mana yang lebih baik? Simak disini

INDIFFS.COM – Siaran TV analog kini resmi dihentikan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) (2/11/2022) pukul 00.00 WIB. Sehingga kini TV bermigrasi dari analog ke digital. Staf khusus Kominfo menyebutkan, ada perbedaan antara TV analog dan digital yakni dari suara dan lainnya.

TV analog adalah sebuah perangkat televisi yang bisa mengkodekan suatu informasi dalam bentuk gambar dan variasi voltase serta frekuensi dari sebuah sinyal. TV analog pun memerlukan antena sebagai media yang digunakan untuk menangkap sinyal.

Sehingga antena dapat memberi pengaruh buruk pada kualitas gambar yang akan disiarkan oleh televisi analog dan tak jarang juga tayangan TV analog sering mengalami kendala oleh antena TV yang semakin lemah serta jauh dari stasiun penyiaran televisi nya.

Selain itu, program siaran yang ada di TV analog adalah program yang akan dipancarkan oleh stasiun swasta nasional secara gratis atau free to air.

Sedangkan TV digital adalah siaran televisi yang sudah memanfaatkan sinyal digital yang sudah memanfaatkan sinyal digital dengan sistem kompresi. Dari segi gambar TV ini lebih baik jika dibandingkan dengan siaran TV analog.

Perbedaan TV Analog dan Digital

Agar kalian semakin paham terkait dengan perbedaan dari TV analog dengan TV digital, berikut adalah penjelasan selengkapnya yang bisa kalian baca.

1. Jenis TV

Kedua TV tersebut memiliki jenis TV yang berbeda. TV analog lebih identik dengan bentuk yang lebih besar dan kerap disebut sebagai TV tabung. Meski begitu, televisi ini memiliki jenis layar datar namun tetap saja kemampuannya hanya sekedar menangkap siaran analog saja. Selain itu, Televisi ini tidak membutuhkan STB dalam proses menerima siaran digital.

Sedangkan, untuk TV digital biasanya akan menggunakan sistem pemancar seperti DVB T2 dan smart TV juga masuk ke dalam kategori TV digital. Hal ini karena biasanya akan memiliki perangkat DVT yang kerap digunakan untuk mencari saluran TV.

2. Fitur

Televisi digital memiliki fitur canggih yang berbeda dengan Televisi analog. Layanan TV digital terdapat interaktif dan jadwal acara yang telah maupun yang akan ditayangkan. Layanan ini biasanya disebut sebagai Electronic program guide. Dengan keberadaannya, kita akan semakin mudah mendapatkan penjelasan terkait dengan tayangan yang akan dimulai.

3. Sinyal

Perbedaan yang paling mencolok antara TB digital dan analog adalah pada sinyal yang digunakan. Sebab, Televisi analog akan menerima sinyal dari antena UHF dan menjadikan sinyal tersebut mengalami berbagai macam jenis gangguan.

Sedangkan untuk TV digital sudah memiliki sistem yang lebih mempermudah dengan proses sinyal, sehingga menjadikan Televisi tersebut lebih meminimalisir terjadinya gangguan saat menonton.

4. Kualitas Siaran TV

Siaran Televisi analog bergantung pada kedekatan perangkat televisi dengan menara pemancar. Sehingga kualitas gambar dan suara analog akan semakin jernih jika perangkatnya berada semakin dekat dengan pemancar nya. Sementara siaran digital berbalik dengan TV analog. Televisi ini tidak perlu berada dekat dengan menara untuk mendapatkan gambar yang bersih dan suara yang jernih.

Pasalnya, TV digital didukung dengan format siaran 16:9 yang memberikan kualitas gambar yang tinggi mulai dari High Definition (HD) hingga 4K.

5. Daya Listrik

Layar tabung pada TV analog membuat boros listrik jika dibandingkan dengan TV digital dengan desain tipis. Hal ini lah yang dapat berpengaruh pada daya listrik. Televisi digital yang hadir dalam bentuk layar tipis dapat hemat energi.

6. Perbedaan Stabilitasnya

Perbedaan lainnya dapat dilihat dari stabilitas sinyal. Pasalnya TV analog akan mudah terpengaruh oleh kondisi cuaca seperti hujan, yang membuat tayangan televisi mengalami noise atau bintik-bintik karena pemancar sinyal semakin melemah. Sedangkan TV digital yang tidak terpengaruh sama sekali oleh cuaca sebab menjanjikan sinyal yang stabil dengan kualitas gambar yang baik.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara TV analog beserta digital yang perlu kamu ketahui. Dari perbedaan tersebut, Kominfo mengklaim bahwa TV digital lebih baik daripada TV analog.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru