6 Rekomendasi Wisata Museum Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Wiwin Indriani 0 Komentar

Berlibur, berfoto-foto di spot instagenic, dan juga menambah wawasan, berikut ini wisata museum yang dapat dikunjungi.

INDIFFS.COM – Berwisata tidak harus di luar ruangan, kamu bisa liburan didalam ruangan seperti mengunjungi Museum. Tidak hanya berlibur, kamu juga bisa menambah pengetahuan jika berkunjung ke sana. Nah, bagi yang tertarik dengan wisata museum, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat di bawah ini.

Wisata Museum

Selain menambah wawasan, kamu juga bisa berfoto-foto di spot instagenic. Berikut ini rekomendasi wisata museum yang bisa kamu kunjungi:

1. Museum Sejarah Jakarta Kota Tua

Museum Sejarah Jakarta Kota Tua

Museum Sejarah Jakarta Kota Tua – KOMPAS.com

Museum ini berlokasi di Jl. Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta.  Museum Sejarah Jakarta adalah tempat terbaik untuk mempelajari sejarah Jakarta. Sekitar 23 ribu benda bersejarah ada di museum yang juga terkenal dengan nama Museum Fatahillah. Akan tetapi, hanya 500 buah yang dipamerkan ke masyarakat. Sisanya dirotasi dan di tampilkan secara berkala. Harga tiket masuknya adalah Rp2-5 ribu dan jam buka dari pukul 09.00-15.00.

2. Museum MACAN (Modern and Contemporary Art In Nusantara)

MACAN

Museum MACAN – Travel Kompas

Museum ini berlokasi di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Lokasinya cukup strategis dan mudah diakses oleh berbagai kendaraan. Baik kendaraan pribadi, maupun kendaraan umum.

Museum MACAN merupakan museum yang menampilkan karya seni modern dan kontemporer tanah air dan internasional pertama di Indonesia. Sebagian dari karya-karya tersebut merupakan koleksi yang dikumpulkan oleh Haryanto Adikoesoemo, selaku penggagas Museum MACAN.

3. Museum Angkut – Kota Batu

Museum Angkut

Museum Angkut – Aneka Tempat Wisata

Museum Angkut dikenal dengan koleksi transportasi nya, baik di Indonesia maupun level dunia. Berbagai macam jenis transportasi bisa kamu temui di sini, mulai dari sepeda, mobil, kapal hingga pesawat.

Museum Angkut ini di gadang sebagai museum transportasi pertama dan terbesar di seluruh Asia Tenggara. Saking bagusnya, kamu harus siap-siap dengan antrean nya yang panjang saat ke sini.

4. The Blanco Renaissance Museum, Ubud

The Blanco Renaissance, Ubud

The Blanco Renaissance Museum – Trip.com

Museum yang berlokasi di Bali ini didirikan oleh Antonio Blanco, seorang pelukis yang keturunan Amerika dan Spanyol ini lahir di Manilla, Filipina. Di dalam Museum Blanco kamu bisa menemukan sejarah perjalanan seni Antonio Blanco, serta studio, galeri, toko souvenir, perpustakaan, kafe, dan kuil keluarga Blanco.

Kalau kamu berkunjung ke salah satu museum ter-populer di Indonesia ini, kamu akan disambut dengan rumah khas Bali yang eksotis. Museum ini berada di atas bukit dengan udara yang sangat segar khas daerah Ubud sehingga kamu bisa menyegarkan diri sambil melihat karya seni.

5. Museum Tsunami Aceh

Wisata Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh – Good News From Indonesia

Museum yang berada di Banda Aceh ini merupakan museum simbolis yang dibuat sebagai rasa hormat atas kejadian bencana gempa bumi dan tsunami pada 2004 lalu. Museum ini sekaligus menjadi pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat, jika terjadi bencana serupa lagi. Dirancang oleh Ridwan Kamil, bangunan ini memiliki ruangan yang ditujukan untuk menghormati para korban tsunami dengan memajang nama mereka di seluruh dinding.

6. Museum Sri Baduga

Sri Baduga

Museum Sri Baduga – Tempat Wisata Di Bandung

Museum ini bertempat di Jl. BKR No.185, Pelindung Hewan, Kec. Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat. Sri Baduga adalah museum yang menyimpan sejarah kebudayaan masyarakat suku Sunda di Jawa Barat pada zaman dahulu, serta peninggalan jejak-jejak kerajaan Padjajaran. Bahkan, nama museum ini diambil dari nama seorang raja yang bertakhta di kerajaan Pakuan Padjajaran.

Bentuk bangunan museum ini yang menyerupai rumah adat dari Jawa Barat, seolah menambah daya tarik nya tersendiri. Wisata museum ini memiliki 3 lantai, dimana lantai pertama menceritakan sejarah alam Jawa Barat. Sedangkan di lantai atas kamu dapat menemukan berbagai koleksi barang bersejarah dari zaman Hindu-Buddha hingga zaman penjajahan dan kemerdekaan di Indonesia.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru