6 Tips Berdamai Dengan Diri Sendiri, Tenangkan Jiwa dan Pikiran

Hani Hnsa 0 Komentar

Berdamai dengan diri sendiri adalah suatu keadaan dimana kita dapat menerima semua hal yang telah terjadi pada diri kita

IndiffsBerdamai dengan diri sendiri adalah suatu keadaan dimana kita dapat menerima semua hal yang telah terjadi pada diri kita, baik di kehidupan yang lalu atau dalam bentuk fisik hingga luka psikologis.

Menerima suatu keadaan serta semua kondisi terhadap segala hal tentu tidak mudah untuk dilewati, apalagi jika kamu memiliki kekurangan yang dapat menjadikan kita sering mengalami posisi terburuk hingga mengalami bullying.

Tips Berdamai Dengan Diri Sendiri

Berdamai dengan diri sendiri tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan jika kita tidak merasa siap untuk melakukan nya. Oleh karena itu, kita dapat atasi lebih dulu terkait kejadian atau peristiwa yang pernah dialami. Apabila kita mengabaikannya, maka kamu akan merasa kesulitan untuk melangkah maju ke depan dan berdamai dengan diri sendiri.

Berikut tips berdamai dengan diri sendiri agar jiwa dan pikiran tenang:

1. Belajar Merelakan Agar Lebih Tenang

Ikhlas merupakan salah satu cara untuk merelakan kesalahan yang pernah kamu lakukan, sehingga kamu akan menjadi lebih tenang dan tidak merasa khawatir dengan kesalahan tersebut. Yakin dan percayalah bahwa semuanya pasti akan terlewati dan berlalu. Bahkan, setiap permasalahan seberat apapun itu, tentu saja akan ada solusinya. Dengan begitulah kamu akan menjadi lebih mudah untuk berdamai dan juga memaafkan diri sendiri.

2. Memaafkan Diri Sendiri

Ada kalanya kita mudah memaafkan kesalahan orang lain. Tapi mengapa menjadi sulit ketika memaafkan diri sendiri? Apa pun yang terjadi di masa lalu, baik kesalahan, kegagalan ataupun ketidaksempurnaan, biarkanlah berlalu. Memaafkan diri sendiri dapat meringankan beban hati dan pikiran.

Melepaskan beban dapat membuat kamu menjadi lebih damai. Tidak perlu lagi mengungkit hal-hal yang dapat membuat stress pikiran. Menyalahkan diri sendiri tidak akan pernah ada ujungnya. Malah yang ada akan membuat kamu sulit melangkah untuk mencoba hal baru.

Memaafkan diri sendiri dapat dimulai dengan menjadikan segala hal yang telah terjadi sebagai pembelajaran. Ubah mindset kamu dengan melihat peristiwa dari berbagai sisi. Ambil hikmah positif dari kegagalan tersebut.

3. Lakukanlah Kegiatan yang Positif

Dengan kamu melakukan kegiatan-kegiatan yang positif tentunya dapat membantu kamu merasa rileks dan nyaman. Kegiatan positif tentunya ada beragam jenisnya tergantung apa yang kamu sukai dan minati. Beberapa contoh yang dapat kamu lakukan, misalnya dengan menulis, olahraga, melukis, berkebun, mendengarkan musik, latihan relaksasi, fotografi, dan lain sebagainya sesuai dengan apa yang kamu kagumi dan dapat menyenangkan saat melakukannya tersebut.

4. Memberikan Kepercayaan pada Diri Sendiri

Kamu dapat memberikan kepercayaan pada diri kamu dengan cara mengurangi perasaan akan ragu bahwa tidak bisa melakukan hal itu padahal kamu bisa melakukannya hanya saja takut untuk mencoba. Apapun hal yang akan terjadi pada diri kamu, maka belajarlah untuk terus tumbuh dan melangkah maju melalui peristiwa atau pengalaman yang telah dialami.

5. Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Ketika membuka media sosial dan melihat seseorang yang saat itu sedang berhasil atas pencapaian nya, hidup mewah, dan bisa dengan mudah mendapatkan atau melakukan yang ia mau, pasti muncul rasa iri yang berujung membuatmu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Dampaknya, timbul keinginan untuk menjadi seperti orang tersebut.

Padahal, membandingkan diri dengan orang lain hanya membuang waktu dan tenaga. Setiap orang berbeda-beda, kamu hanya perlu fokus menjadi versi terbaik dari dirimu dan jangan pernah coba untuk pikirkan apa yang orang lain lakukan.

Selain itu, membandingkan hanya akan membuat kamu mengecilkan diri sendiri dan merasa insecure. Di satu sisi, kamu juga sudah melakukan yang terbaik dan selalu ingat kalau setiap orang pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

6. Bersyukur

Tanpa adanya rasa syukur kamu akan menjadi pribadi yang selalu merasa paling buruk dan terpuruk. Sadari bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, serta memiliki ujian yang juga berbeda-beda.

Tapi sayangnya yang paling sering menyita pikiran adalah ujian dan kekurangan diri sendiri.

Jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain dengan terlalu berlebihan. Setiap orang menghadapi pertarungan nya sendiri-sendiri, setiap orang berjuang. Berduka boleh tapi selalu selipkan rasa syukur terhadap hal yang dipunyai dan pada perjalanan yang sudah ditempuh hingga sejauh ini.

Itulah beberapa tips berdamai dengan diri sendiri agar lebih bahagia. Semakin cepat kamu berlatih, maka akan semakin baik dan cepat pula hasil yang didapatkan. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru