6 Tips Interview Kerja Offline Agar Lancar dan Diterima

Resa Azzahra 0 Komentar

Dalam melamar pekerjaan tentunya kita akan melewati masa interview. Jika kamu takut akan gagal, sebaiknya simak tips interview kerja berikut!

INDIFFS.COM – Sebelum mempelajari tips kerja interview yang baik, kamu perlu mengetahui sesuatu hal bahwa ternyata pengalaman kerja bukanlah faktor tertinggi dalam kelancaran wawancara kerja. Karena, hal pertama yang diperhatikan oleh HRD adalah kepribadian.

Kepribadian pelamar kerja dapat mempengaruhi 70% penilaian perusahaan bersama dengan keterampilan dan pengalaman. Sementara pendidikan hanya dapat mempengaruhi 18 persen dalam pekerjaan. Sedangkan ciri-ciri kepribadian yang paling tidak diinginkan dari seorang kandidat karyawan adalah arogan, kurangnya keandalan, pikiran sempit dan yang paling penting adalah ketidak jujuran.

Tips Interview Kerja Offline

Jika kamu memiliki jadwal wawancara kerja offline, berikut ini ada beberapa tips yang perlu diketahui agar proses wawancara dapat berjalan dengan lancar dan baik.

1. Gunakan Pakaian yang Sopan

Pakaian yang sopan dan sesuai dengan budaya kantor dapat membantumu dalam memberikan kesan baik. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan penampilanmu ketika datang interview, dan sebaiknya persiapkan pakaian yang sopan dengan matang. Jika kantornya memiliki budaya anak muda dan casual, usahakan jangan berpakaian terlalu formal dan kaku.

2. Disiplin Waktu

Waktu adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Untuk tips pertama kamu harus datang tepat waktu dengan disiplin, karena hal ini dapat menunjukan bahwa kamu adalah pelamar yang kompeten untuk berwawancara. Jika datang terlambat untuk wawancara hanya akan memberikan citra buruk bagi diri sendiri di mata perusahaan.

3. Bersikap Santai dan Tenang

Jika kamu merasa gugup dengan interview kali ini, cobalah untuk bersikap lebih santai dan tenang dengan menarik napas panjang untuk meredakan degup jantung yang berpacu keras sehingga membuatmu gugup. Jangan lupa juga untuk memperhatikan saat kamu berjabat tangan dengan pewawancara dengan percaya diri dan yakin, sehingga mereka dapat menilai kesan yang positif.

4. Cari Tahu Tentang Perusahaan yang Kamu Lamar

Sebelum hari H wawancara datang, ada baiknya mengetahui informasi dasar tentang perusahaan tersebut dan posisi yang akan kamu tepati. Cobalah untuk mencari tau fakta dan profil perusahaan, karena ini bisa menjadi persiapan diri dengan memastikan kamu memiliki pengetahuan tentang perusahaan tersebut. 

5. Latih Menjawab Pertanyaan

Berlatih mungkin tidak akan membuat jawaban mu saat interbiew sempurna, tetapi hal ini akan sangat membantu untuk menciptakan kesan baik. Kamu dapat mencari tau seputar pertanyaan interview yang umum dilontarkan. Dengan begitu, kamu dapat melihat dan mengatur bagaimana ekspresi wajah yang baik untuk ditunjukkan ketika berbicara dengan pewawancara.

6. Tutup dengan Nada Positif

Ketika hampir selesai berwawancara, tidak disarankan hanya mengucapkan terimakasih. Saat sesi berakhir dengan harapan agar kamu bisa diterima, beri tau kepada pewawancara bahwa kamu memang suka pekerjaan tersebut sehingga percakapan tidak berakhir tanpa tujuan. Langkah terakhir ini akan membuat pewawancara memiliki respons yang baik.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu perhatikan sebelum melaksanakan interview offline. Semoga dapat membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru