6 Universitas Terbaik Di ASEAN Menurut Pemeringkatan QS WUR

Wiwin Indriani 0 Komentar

Quacquarelli Symonds merilis daftar universitas terbaik di ASEAN melalui World University Rangkings (QS WUR).

INDIFFS.COM – Bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri khususnya di kawasan ASEAN atau Asia Tenggara, tentunya pilihan universitas perlu dipertimbangkan. Jika kamu masih bingung memilih universitas di ASEAN, kamu bisa menggunakan pemeringkatan QS WUR.

Quacquarelli Symonds merilis daftar universitas terbaik di ASEAN lewat World University Rangkings (QS WUR). Pemeringkatan ini diambil berdasarkan 6 kategori penilaian yang terdiri dari reputasi akademik, resputasi pegawai, rasio fakultas dan mahasiswa, situasi per fakultas, dan rasio mahasiswa dan fakultas internasional.

Universitas Terbaik di ASEAN

Berikut ini enam universitas terbaik di Asia Tenggara atau ASEAN menurut QS World University Rangking 2023 yang bisa menjadi referensi studi masa depan.

1. National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore

National University of Singapore – EducationWorld

Posisi pertama di Asia Tenggara, National University of Singapore juga berada di peringkat ke-11 dunia. NUS memiliki 3 kampus dan 17 fakultas. Pusat penelitian unggulan di kampus ini mencakup pengobatan dan pencegahan penyakit umum orang Asia, energi, lingkungan dan keberlanjutan perkotaan, hingga manajemen risiko dan ketahanan sistem keuangan.

2. Nanyang Technological University (NTU)

Nanyang Technological University

Nanyang Technological University – APRU Virtual Student Exchange

NTU adalah universitas dengan kampus terbesar di Singapura. Selain itu, NTU secara rutin menduduki posisi 15 besar dalam daftar peringkat universitas dua terbaik di dunia selama 6 tahun terakhir. Beberapa kuliah di NTU yang mendapatkan peringkat tinggi di tingkat internasional adalah Teknik Material, Teknik Elektro, Teknik Kedirgantaraan, Teknik Kimia, Kajian Komunikasi & Media, Kajian Bisnis & Manajemen, Ilmu Komputer, dan Ilmu Lingkungan.

3. Universiti Malaya (UM)

Universiti Malaya

Universiti Malaya – The Epic of Muzza Wu

Malaysia berhasil menempati peringkat dunia ke 70. UM (bahasa Melayu: Universiti Malaya) adalah universitas yang pertama didirikan di Malaysia. Universitas ini terletak di pinggir kota Kuala Lumpur.

Kampus Universitas Malaya meliputi kawasan seluas 309 hektare. Universitas ini memiliki 34 jurusan masuk dalam QS World’s Top 200 Subject Rankings dengan lebih dari 200 pilihan program kelas dunia. Salah satu alumni UM adalah mantan Perdana Menteri Malaysia.

4. Universiti Putra Malaysia (UPM)

Universiti Putra Malaysia

Universiti Putra Malaysia – Universitas Tanjungpura

Universitas yang berlokasi di Malaysia ini berada di ranking ke-123 secara global. UPM tetap memiliki fokus untuk melakukan penelitian tradisional di bidang pertanian atau bidang lain yang relevan. Maka dari itu, nama universitas ini sebelumnya adalah Universiti Pertanian Malaysia.

5. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Universitas Kebangsaan Malaysia

Universiti Kebangsaan Malaysia – EasyUni

Universitas Kebangsaan Malaysia(UKM) menduduki peringkat ke-129 ranking dunia. UKM terletak di sebuah lembah yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau, membuat suasana menjadi tenang dan kondusif untuk belajar. Sheikh Muszaphar Shukor, astronot pertama dari Malaysia, adalah alumnus UKM.

Universiti Kebangsaan Malaysia sangat cocok untuk kamu yang ingin masuk fakultas ilmu sosial dan budaya, sains dan teknologi, studi Keislaman, kedokteran, hingga bisnis.

6. Universiti Sains Malaysia (USM)

Universitas Sains Malaysia

Universiti Sains Malaysia – Study Abroad

USM yaitu universitas yang terletak di George Town, Pulau Pinang. Universitas ini terbagi tiga kampus yang berada di Seberang Perai, Kubang Kerian, Kelantan dan di Uttar Pradesh, India yang menawarkan kursus pengetahuan kedokteran. Universitas Sains Malaysia mempunyai 24 fakultas. USM merupakan salah satu dari tiga universitas di Malaysia yang bertaraf universitas riset.

Universitas ini mempunyai sekitar 30.000 mahasiswa termasuk 7,000 orang dalam tahap sarjana dengan jumlah dosen mencapai 1,600 dosen, yang berarti perbandingan dosen kepada pelajar sekitar 1:23. USM berhasil menempati peringkat 34 universitas terbaik di Asia menurut QS World 2021.

Nah itulah beberapa universitas terbaik di Asia Tenggara atau ASEAN menurut QS World University Rangking 2023 yang bisa menjadi referensi studi masa depan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru