7 Akibat Mandi Malam Pakai Air Dingin, Jangan Dibiasakan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Memang mandi di malam hari itu sangat menyegarkan tubuh. Namun kamu perlu memperhatikan beberapa akibat dari mandi di malam hari berikut ini!

INDIFFS.COM – Mandi malam memang memberikan sensasi yang menyegarkan untuk tubuh. Namun, pada kondisi tertentu, akibat dari mandi malam bisa menyebabkan efek kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Mandi malam hari juga sebenarnya bermanfaat, termasuk membuat tubuh menjadi lebih bersih dan segar sehingga tidur pun lebih nyaman. Apalagi jika kamu baru saja tiba dirumah sehabis bepergian, mandi dapat membantu membersihkan debu, polusi dan virus yang terbawa dari luar. Akan tetapi, seperti yang sudah di jelaskan, dampak mandi malam ini bisa menyebabkan efek kurang baik bagi badan atau kesehatan tubuh. 

Banyak orang yang tidak menyarankan untuk mandi di malam hari. Kebiasaan ini dianggap tidak baik untuk kesehatan. Berbagai jenis penyakit sering dikaitkan dengan bahaya mandi malam. Lantas apa saja dampak akibat nya? Simak berikut ini.

1. Penyebab Asam Urat

Mandi malam dapat menjadi penyebab asam urat. Penyakit ini sebenarnya akan muncul karena banyaknya zat purin dalam tubuh, sehingga hal ini juga dapat mengakibatkan ginjal tidak mampu untuk menampung atau membuang zat tersebut. Selain itu, asam urat juga dapat disebabkan oleh makanan tertentu. 

Jadi, jika tidak ingin tersiksa karena asam urat, mulai sekarang kurangi kebiasaan mandi dengan air dingin dan konsumsi makanan yang mengandung purin.

2. Penyebab Gejala Rematik 

Rematik merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan gejala seperti persendian kaku, bengkak, terutama di jari-jari tangan atau kaki. Jika kamu mengidap penyakit ini, sebaiknya menghindari mandi di malam hari karena kegiatan ini dapat membuat tubuh menjadi kedinginan. Karena suhu yang terlalu dingin dapat memperparah gejala rematik, terutama bagi orang yang sudah lanjut usia.

3. Risiko Terkena Bronkitis

Bronkitis akut terjadi bila bronkus, yaitu saluran pernapasan menuju paru-paru, mengalami peradangan. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan, dan penyakit ini dapat dipicu oleh sejumlah faktor, salah satunya adalah suhu lingkungan yang terlalu dingin dan kering. Suasana yang terlalu dingin akan menjadi salah satu efek yang dapat kamu alami bila mandi di malam hari.

4. Penyebab Asma Kambuh

Selain menyebabkan paru-paru basah, bahaya mandi malam hari lainnya adalah dapat membuat asma kambuh. Perubahan suhu yang tiba-tiba menjadi dingin dapat memicu gangguan pada saluran pernapasan mu. Dan, jika kamu memiliki riwayat penyakit atau gejala pernapasan lainnya juga bisa menjadi kambuh akibat dari dampak mandi di malam hari.

5. Penyebab Demam

Bahaya mandi malam hari lainnya adalah demam. Kondisi ini terjadi karena pori-pori tubuh dan panas tubuh yang akan meningkat di malam, sehingga rentan mengalami demam. Karena tubuh yang panas kemudian tersiram air dingin dapat meningkatkan suhu tubuh hingga menjadi demam. Kondisi ini tentu bisa mengganggu aktivitas di pagi hari nya.

6. Mengakibatkan Penuaan Dini

Mandi malam juga dapat mempercepat gejala penuaan dini pada tubuh. Karena kondisi tubuh setiap orang pastinya berbeda, sehingga tidak semua akan tahan saat mandi dengan air dingin di malam hari. Mandi air dingin ini mengakibatkan peningkatan metabolisme, sehingga tubuh akan membutuhkan kalori dan oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkan nya. Untuk itu, sebaiknya gunakan air hangat sehingga tidak merasakan dampak dari bahayanya mandi di malam hari. 

Demikianlah ulasan yang bisa kami sampaikan. Semoga beberapa poin di atas dapat bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru