7 Akibat Tidak Menggunakan Sunscreen, Perlu Diketahui!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Apabila tidak menggunakan sunscreen akan mengakibatkan dampak berikut ini:

Indiffs – Sunscreen atau tabir surya merupakan lotion pelindung dari sinar matahari yang dapat menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk kedalam kulit. Banyak orang yang tidak menggunakan sunscreen, padahal skincare yang satu ini adalah salah satu komponen penting dalam tahap perawatan kulit. Bahkan apabila tidak beraktivitas di luar rumah pun, sunscreen tetap harus digunakan untuk melindungi dari kerusakan kulit.

Akibat Tidak Menggunakan Sunscreen

Meskipun tidak dirasakan secara langsung, namun akibat tidak memakai sunscreen akan terasa mengganggu di masa mendatang. Berikut dampak buruk jika tidak menggunakan sunscreen:

1. Penuaan dini

Penuaan dini akan terjadi apabila tidak menggunakan sunscreen. Munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit disebabkan oleh sinar UV. Oleh sebab itu, saat kulit tidak terlindungi oleh sunscreen, kulit memiliki risiko mengalami penuaan dini lebih cepat.

2. Menimbulkan jerawat

Pemakaian sunscreen secara tidak rutin dapat mengakibatkan timbulnya jerawat tanpa disadari. Hal tersebut dikarenakan kandungan sunscreen yang memiliki zinc oxide yang memiliki berbagai macam fungsi untuk jerawat. Salah satunya mencegah terjadi peradangan kulit yang berujung pada timbulnya jerawat.

3. Muncul flek hitam

Flek hitam atau sunspot pada umumnya akan muncul ketika perempuan menginjak umur 40 tahun ke atas. Tetapi, munculnya flek hitam di wajah akan lebih cepat muncul apabila kamu tidak memakai sunscreen untuk melindunginya. Hal tersebut dikarenakan sinar UV yang bisa meningkatkan melanin atau pigmen pada kulit. Apabila melanin yang diproduksi meningkat, beberapa area kulit akan menggelap sehingga akan muncul flek hitam di wajah.

4. Peradangan pada kulit

Dampak buruk tidak menggunakan sunscreen yang lainnya adalah dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Kulit yang terpapar matahari tanpa sunscreen dapat menimbulkan peradangan seperti kemerahan pada kulit. Selain itu, jika sedang berjerawat kondisi radang ini dapat memperparah jerawat yang dialami.

5.  Meningkatnya sensitivitas kulit

Dampak buruk tidak menggunakan sunscreen adalah meningkatnya sensitivitas kulit. Penyebab meningkatkan sensitivitas kulit disebabkan oleh sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Saat Anda banyak melakukan aktivitas di luar rumah tanpa menggunakan sunscreen akan menimbulkan kemerahan serta kulit yang meradang pada kulit sensitif.

6. Risiko kanker kulit

Dampak buruk dari tidak menggunakan sunscreen adalah risiko kanker kulit. Sinar UV pada matahari dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam dan merusak sel kulit. Akibatnya, dapat memicu kanker pada kulit. Maka dari itu, menggunakan sunscreen merupakan kebiasaan yang sangat penting. Dengan sunscreen, kulit dapat terlindungi dari akibat buruk sinar UV.

7. Muncul banyak kerutan

Apabila muncul banyak kerutan dari waktu ke waktu padahal masih cukup muda, mungkin itu salah satu dampak buruk tak memakai sunscreen saat di luar ruangan. Paparan sinar matahari akan merusak serat yang menopang kulit yang kencang.

Itulah beberapa dampak buruk yang diakibatkan jika tidak menggunakan sunscreen. Pastikan untuk menggunakannya secara rutin agar tidak terjadi dampak buruk tersebut. Apabila khawatir sunscreen dapat menyumbat pori-pori kulit, maka pastikan untuk membersihkan wajah secara maksimal dengan “double cleansing”.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru