7 Bacaan Doa Mustajab untuk Anak Agar Sholeh Dunia Akhirat

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut beberapa bacaan doa yang sebaiknya dibacakan oleh kedua orang tua untuk kebaikan sang anak. Simak selengkapnya!

INDIFFS.COM – Sebagai orang tua tentunya selalu menginginkan anaknya dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’ala. Sehingga, tak jarang orang tua sering memanjatkan berbagai doa untuk kebaikan anak agar ia menjadi anak yang sehat, bahagia, bermanfaat dan selamat dunia akhirat.

Karena pasalnya, kehadiran anak merupakan harta yang paling berharga, terutama bagi kedua orang tuanya. Anak juga akan menjadi sumber kehangatan dalam sebuah rumah.

Doa Untuk Anak

Ada beberapa doa yang bisa orang tua panjatkan untuk anaknya. Terlebih, doa ini bisa menjadi pengiring keberkahan nya dalam menjalani setiap langkah kehidupan.

1. Doa Agar Anak Diberi Perlindungan

Nabi Muhammad SAW, kerap melafalkan sebuah doa untuk keselamatan anak-anaknya Hasan dan Husain. Adapun berikut doa yang bisa dibacakan agar terlindung dari bahaya, ancaman dan hal buruk lainnya.

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’idzukumaa Bikalimatillahit Taammaati Min Kulli Syaithoonin Wahaammah Wa min kulii A’ini Laammah

Artinya: “Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat.”

2. Doa Agar Anak Mendapatkan Berkah

Adapun yang satu ini fokus pada pengharapan rezeki, keberkahan dan kebahagiaan sepanjang hidupnya.

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh

Artinya: “Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizqi) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat”

3. Doa Agar Anak Menjadi Soleh dan Solehah

Berikut merupakan sebuah doa yang bisa kamu bacakan, sebagai harapan bagi anak agar tumbuh menjadi soleh dan solehah:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun ya wal akhirah

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat”

4. Doa Agar Anak Rajin Beribadah

Adapun doa ini terdapat pada Qur’an Surat Ibrahim Ayat 14:

رَبِّ ٱجْعَلْنِى مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ

Rabbij’alni Muqims salati Wa Min Dzurriyyati Rabbana Wa Taqabbal du’a

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

5. Doa Agar Anak Pintar

Berikutnya ada doa agar anak dapat menjadi seorang anak yang cerdas dan pintar:

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allahummam la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hik matan Wa Ahlihim Liqobuuli Ni’matin Wa Ashlih hum Wa Ashlih bihimul Ummah

Artinya: “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

6. Doa Agar Anak Berbakti Pada Kedua Orang Tua

Adapun doa berikut yang bisa orang tua panjatkan agar sang anak dapat tumbuh menjadi anak yang berbakti pada kedua orang tua:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum

Artinya: “Ya Allah berilah barakah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakan lah hamba rejeki berupa bakti mereka”

7. Doa Agar Tangisan Anak Berhenti

Adapun doa yang bisa dibacakan ialah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillahirrahmanirrahim. Bismillahilladzi la yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa la fis sama’i wa huwas sami’ul ‘alim (dibaca tiga kali)

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Itulah beberapa doa yang sebaiknya dibacakan bagi para orang tua. Semoga dengan membacakan doa-doa berikut sang anak bisa tumbuh menjadi seorang anak yang sehat, cerdas, berbakti dan senantiasa berada dalam lindungan-Nya.

Wallahua’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru