7 Cara Agar Memiliki Suara Bagus Dan Merdu, Ini Rahasianya!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Memiliki suara yang bagus dan merdu tentu menjadi idaman bagi setiap orang, berikut terdapat beberapa cara agar impian suaramu tercapai.

INDIFFS.COM – Memiliki suara yang bagus dan merdu tentu menjadi idaman bagi setiap orang, terlebih lagi jika ingin menjadi penyanyi. Ada sebagian orang yang memang memiliki kelebihan vokal bagus dari lahirnya. Namun, sebagian orang juga memiliki vokal biasa saja lalu mereka mencari alternatif lain dengan melakukan berbagai cara. Nah, banyak cara bisa kamu lakukan agar suara menjadi bagus seperti yang diidam-idamkan.

Cara Agar Suara Bagus

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat vokal atau suara menjadi bagus dan lebih merdu.

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Cara agar memiliki vokal bagus yang pertama yaitu dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Hal ini karena lipatan pada pita suara juga perlu di lumasi dengan lendir agar bergetar dan menghasilkan suara.

Untuk menghasilkan vokal yang merdu, pita suara harus dilumasi dengan cairan lendir yang cukup. Pelumasan ini memerlukan air putih dengan jumlah yang cukup. Sebaiknya, konsumsilah setidaknya dua liter air putih dalam sehari.

2. Latih Vokal Layaknya Seorang Atlet

Berlatih menjadi cara utama agar vokal merdu. Semakin sering Moms berlatih, maka vokal akan menjadi semakin bagus. Tapi latihan vokal ini juga harus diimbangi dengan hal-hal lainnya. Seperti dengan melakukan istirahat yang cukup hingga berolahraga untuk melatih pernafasan.

Ketika ingin memiliki vokal yang merdu, maka latihkan suara dan tubuh seperti layaknya seorang atlet yang sedang berlatih. Jadi, kamu harus berlatih dengan rutin ya!

3. Latihan Pernapasan

Cara mendapatkan vokal yang bagus selanjutnya adalah dengan melatih pernapasan secara dalam. Pernapasan ini di lakukan karena kamu perlu mengambil napas dalam-dalam saat bernyanyi.

Untuk mulai berlatih pernapasan dalam, cobalah pernapasan paru-paru dan diafragma dengan menarik napas dalam-dalam dan menghembuskan napas sepenuhnya. Kamu dapat berlatih pernapasan dalam di berbagai posisi secara teratur, seperti duduk, berdiri atau berbaring. Saat duduk atau berdiri, kamu bisa meletakkan tangan di perut untuk memeras semua udara yang dihirup.

4. Menyanyi dengan Santai

Tips atau cara agar memiliki vokal merdu lainnya yaitu menyanyi dengan santai. Menyanyi dengan santai membuat pendengarnya nyaman dan terbawa suasana ketenangan kita. Sementara menyanyi dengan tegang membuat pendengar akan merasakan hal yang sama.

5. Hindari Perilaku yang Merusak Pita Suara

Saat kamu berbicara dengan keras atau berteriak-teriak, maka pita suara lama-lama akan mengalami pembengkakan. Pembengkakan ini dapat mengakibatkan perubahan pita suara, sehingga suaramu bisa berubah dan serak.

Perilaku lain yang bisa merusak pita suara adalah merokok karena risiko asapnya yang terhirup dapat membuat nafas tidak panjang dan bisa terjadi iritasi.

6. Hindari Konsumsi Makanan Pedas dan Berminyak

Untuk menghasilkan vokal yang bagus, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak. Kamu tetap diperbolehkan mengonsumsinya tetapi dalam jumlah yang sedikit.

Pada dasarnya makanan berminyak kurang baik untuk kesehatan tubuh, terutama tenggorokan. Makanan yang mengandung minyak berlebih dapat meningkatkan suhu pada tenggorokan. Kondisi ini akan membuat tenggorokan mengalami disfungsi pita suara.

Selain makanan berminyak, makanan pedas juga sebaiknya dihindari. Hal ini karena makanan pedas dapat meningkatkan suhu tenggorokan sehingga memicu terjadinya disfungsi pita suara.

7. Artikulasi Jelas

Cara lainnya agar mempunyai vokal yang merdu adalah dengan artikulasi yang jelas. Artikulasi atau pembentukan kata-kata jelas saat bernyanyi akan membuat vokal bagus dan merdu. Sementara artikulasi yang tidak jelas ketika bernyanyi akan membuat tidak nyaman pendengar.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya memiliki vokal atau suara bagus dan merdu. Semoga membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru