7 Cara Alami Untuk Meredakan Kesemutan Dengan Mudah

Wiwin Indriani 0 Komentar

Ada banyak cara alami dan tradisional yang berfokus mengatasi dan meredakan kesemutan pada kaki ataupun pada tangan.

INDIFFS.COM – Kesemutan di tangan ataupun kaki memang bukan masalah yang serius. Namun, sensasi kesemutan dapat mengganggu pergerakan dan membuat seseorang kerap tidak akan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah. Ada banyak cara alami dan tradisional yang berfokus mengurangi dan meredakan kesemutan.

Cara Alami Meredakan Kesemutan

Ada beberapa faktor penyebab seseorang merasa kesemutan. Biasanya, kesemutan disebabkan adanya tekanan pada saraf atau pengaruh sirkulasi yang buruk. Hal ini dapat terjadi saat seseorang menindih tangan atau duduk dengan posisi kaki bersila terlalu lama. Namun, sebenarnya tidak perlu khawatir berlebihan.

Nah, berikut ini terdapat beberapa cara untuk meredakan kesemutan secara alami yang bisa kamu lakukan.

1. Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial memiliki efek positif yang diyakini mampu membantu meringankan kondisi yang berkaitan dengan masalah neurologis, seperti kesemutan pada tangan dan kaki. Minyak ini dibuat dengan sifat antiinflamasi dan analgesik kuat yang membantu mengurangi nyeri pada saraf dan memperbaiki kerusakan saraf.

Pijat secara teratur dengan menggunakan minyak ini diyakini bisa membantu memperbaiki kerusakan saraf dan mengembalikan fungsi saraf. Pilih minyak esensial lavender, tuang 10–12 tetes, tambahkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan dan pijat dengan lembut pada area yang mengalami kesemutan. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Kompres Dengan Air Hangat

Cara mengatasi kesemutan secara tradisional berikutnya yaitu dengan kompresan air hangat. Kamu hanya perlu mengompres bagian tubuh yang kesemutan dengan air hangat. Penggunaan air hangat sangat ampuh karena dapat membantu membuat aliran darah kembali lancar dan otot kembali rileks.

3. Cuka Apel

Efek anti-inflamasi yang kuat dan kandungan asam asetat dalam cuka apel membantu memulihkan dan memperbaiki saraf yang rusak. Di samping itu, berbagai nutrisi penting dalam cuka apel meningkatkan energi dan mempercepat proses pemulihan. Cobalah menambahkan 1 sendok teh cuka apel ke dalam segelas air hangat. Aduk merata dan tambahkan sedikit madu, kemudian minum larutan ini sekali sehari.

4. Pijat Terapi

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan terapi pijat. Penanganan ini bekerja cukup baik dalam mengurangi sensasi kesemutan yang konstan pada tangan dan kaki. Pijat sendiri akan merangsang saraf, membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan mengembalikan fungsi saraf normal, sehingga menjadi fasilitator untuk menjaga saraf tetap sehat.

5. Mengangkat Kaki

Cara meredakan kesemutan yang lainnya yaitu dengan mengangkat kaki. Biasanya seseorang yang mengalami kesemutan akan membuat gerakan menjadi lambat. Hal tersebut karena adanya sensasi seperti tertusuk duri. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengangkat kaki dan menyandarkannya ke tembok. Hal ini bertujuan untuk menurunkan tekanan pada tulang belakang, yang merupakan pusaf saraf.

6. Menambah Asupan Vitamin B

Jika ingin meredakan gejala kesemutan, usahakanlah untuk mencukupi asupan vitamin B karena sebagian besarnya disebabkan vitamin tersebut. Ada banyak ragam vitamin B yang bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan, dari mulai B1, B6, hingga B12. Makanan yang mengandung banyak vitamin B di antaranya ikan, telur, susu, keju, oatmeal, dan makanan lainnya.

7. Garam Epsom

Garam epsom adalah senyawa magnesium sulfat yang tidak seperti garam meja natrium. Sudah digunakan selama ratusan tahun sebagai agen penyembuh dan pereda nyeri, garam epsom mengandung sejumlah besar magnesium yang membantu menurunkan peradangan dalam tubuh.

Jenis garam ini bekerja memulihkan saraf yang terkena dan meradang yang menyebabkan sensasi kesemutan. Kita dapat menambahkan segelas garam epsom ke dalam bak mandi, kemudian berendam selama sekitar 15-20 menit.

Nah, itulah beberapa cara untuk meredakan kesemutan secara alami yang bisa kamu lakukan. Semoga membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru