7 Cara Berpikir Positif Dalam Kehidupan, Wajib Kita Terapkan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Pikiran adalah awal dari segalanya. Dengan menerapkan cara berpikir positif dalam kehidupan, akan membuat hidup menjadi tenang dan bahagia

Indiffs – Setiap orang pastinya akan selalu berusaha untuk mewujudkan apa yang menjadi impiannya selama hidup. Hal apapun akan dilakukan semata-mata untuk meraih atau mencapai kebahagiaan. Cara berpikir positif memang sangat perlu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pasalnya, pikiran negatif yang sering muncul dapat menyebabkan seseorang menjadi stres, cemas hingga mengalami depresi obsesif. Hal ini yang disebabkan oleh pola pikir negatif terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Memiliki pikiran negatif ini akan menyebabkan gangguan mental pada diri.

Sebaiknya jauhkan pikiran negatif, dan ubah menjadi pikiran positif dalam hal apapun. Karena banyak kasus stres terjadi akibat pikiran yang negatif, sehingga sering kali muncul setelah mengalami peristiwa yang dapat memberi pengaruh baik untuk keadaan psikologis. Jika kamu ingin memulai pola pikir positif, simak ulasan berikut.

Cara Berpikir Positif

Positif thinking dalam Bahasa Indonesia yang artinya berpikir positif dengan cara melihat sesuatu tanpa melihat sisi negatif, dan mengambil hikmah dibalik masalah yang menimpa. Berpikir positif akan membuat kita jauh lebih tenang, lebih terbuka, bahagia dan terkadang ide baik pun akan bermunculan saat kita berpikir positif. Berikut cara berfikir positif yang bisa kamu terapkan dalam sehari-hari:

1. Biasakan untuk Selalu Tersenyum

Dengan tersenyum dapat menjadi cara meningkatkan pikiran positif. Tersenyum ketika menjalani kehidupan sehari-hari akan membuatmu menjadi lebih bahagia. Selain itu, tersenyum juga mampu menetralisir segala ketegangan ketika berada dalam tekanan.

Dengan membiasakan untuk selalu tersenyum dalam menghadapi segala sesuatu dengan tenang, bisa menurunkan stres, depresi dan kecemasan. Tersenyum juga mampu meningkatkan suasana hati dan membuat beban akan semakin berkurang.

Quetes

“Orang positif mampu mempertahankan perspektif yang lebih luas dan melihat gambaran besar yang membantu mereka mengidentifikasi solusi sedangkan orang negatif mempertahankan perspektif yang lebih sempit dan cenderung fokus pada masalah”- Barbara Fredrickson.

2. Sadar Bahwa Setiap Orang Memiliki Kelebihan dan Kelebihan

Di dalam dunia ini, setiap orang memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Jika kamu sedang dihadapi oleh berbagai persoalan, yang harus dilakukan ialah dengan selalu mengambil atau melihat sisi baiknya. Usahakan untuk selalu menghindari untuk mencari kesalahan orang lain, hal ini akan melatih pikiran kita untuk menjadi lebih positif.

Quetes

“Terkadang yang sempurna tak selalu bahagia, tapi jika kamu dapat menerima kekurangan jadi kelebihan, itu kesempurnaan yang sebenarnya”

 

3. Selalu Bersyukur

Kebanyakan orang yang sering membandingkan dirinya dengan orang lain yang hidupnya lebih baik dan lebih bahagia darinya. Hal ini tentunya akan menimbulkan rasa iri, dengki dan rendah diri. Oleh karena itu, sebaiknya biasakan diri untuk selalu bersyukur dengan apa yang sudah diberikan dengan menerapkan pikiran positif, hidup pun akan terasa lebih berarti. Bersyukurlah dan sesekali lihat kebawah, syukuri apa yang kita miliki, baik keluarga, teman, pekerjaan ataupun yang yang membuat kamu bahagia.

Quetes

“Semakin banyak kita bersyukur, semakin banyak kebahagiaan yang kita dapatkan, dan orang yang selalu bersyukur, akan menghiasi wajah mereka dengan senyuman”

4. Selalu Optimis

Karena pikiran yang pesimistis cenderung memandang hal dari sisi negatif. Saat dihadapkan pada kejadian yang tidak menyenangkan, cobalah untuk lebih optimis. Berusaha meyakini bahwa selalu ada hal baik dibalik setiap kemalangan akan membantu untuk berpikir positif. Di samping itu, optimistis juga memiliki energi besar yang sangat bermanfaat untuk menjalani hari.

Quetes

“Percaya diri adalah pakaian terbaik, Jika kamu adalah kesuksesan sejati jika, maka kamu dapat memercayai diri sendiri, mencintai diri sendiri, dan menjadi diri sendiri”

5. Berbuat Baik

Dengan berbuat baik, akan membuka pikiran kamu tentang orang lain. Terkadang kamu mungkin hanya akan melihat orang dari penampilannya saja dan langsung memiliki pemikiran negatif tentang nya. Oleh karena itu, berbuat baik akan mengubah pikiranmu menjadi lebih positif, dan lebih bisa menghormati serta menghargai orang lain,

Quetes

“Ketika kita menolong orang lain sebenarnya kita sedang menolong diri kita sendiri. Percayalah, Tuhan akan membalas kebaikanmu dengan yang lebih indah”

6. Jangan Drama

Berpikir positif memang terasa sulit saat dihadapkan pada kejadian-kejadian tidak menyenangkan. Dalam kondisi seperti ini, sangat manusiawi jika orang merasa terpuruk dan diliputi pikiran-pikiran negatif. Apapun situasinya.

Playing victim bukanlah hal yang sehat. Menempatkan diri sebagai orang paling malang di dunia justru akan memperparah keadaan. Karena itulah, hindari drama. Cara berpikir positif yang satu ini akan mengubah hidupmu jadi lebih baik dan bahagia.

Quetes

“Jangan pernah menyalahkan orang lain atas kesedihanmu, karena kebahagiaanmu adalah urusanmu. Kebahagiaanmu harus dari dalam dirimu”

7. Melihat Sisi Baiknya

Ketika kamu dihadapkan pada satu persoalan, fokuskan pikiran pada hal-hal baik yang ada di balik persoalan tersebut, meski hanya berupa hal kecil. Hindari rasa kesal atau kecewa karena akan membuat diri dipenuhi pikiran negatif. Kamu harus belajar mengabaikan pikiran negatif tersebut.

Quetes

“Makin kamu tahu siapa dirimu, dan apa yang kau inginkan, makin sedikit kamu membiarkan hal-hal membuatmu kesal” – Stephanie Perkins

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru