7 Cara Diet Sehat Tanpa Harus Menyiksa Diri, Tertarik Mencoba?

Resa Azzahra 0 Komentar

Cara diet sehat misalnya dengan pemilihan asupan makanan yang tepat memegang peran penting untuk kesuksesan program diet. Yuk simak apa saja!

INDIFFS.COM –  Cara diet sehat merupakan langkah penting dalam mencapai tujuan, yakni berat badan yang diinginkan. Diet ketat dan sehat tentunya sangat berbeda, sebab akan lebih cepat dalam menurunkan berat badan berlebih dan dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Banyak orang yang menganggap jika diet sehat untuk menurunkan berat badan yakni dengan mengurangi porsi makan dan jenis makanannya. Padahal diet yang tepat bukanlah soal seberapa banyak porsi makan kita. 

Melakukan diet yang sehat, nyatanya tidak semudah kedengarannya. Salah strategi diet justru bisa menjadi bumerang bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Sehingga perlu penanganan yang tepat dalam prosesnya.

Cara Diet Sehat

Masih ada cara menyenangkan dan sehat untuk diet. Kamu tetap bisa menurunkan berat badan tanpa merasa tersiksa karena menahan lapar. Berikut ini cara mudah menurunkan berat badan tanpa harus menyiksa:

  • Jadwal Makan Rutin

Biasakan makan di waktu yang tepat dan rutin agar tidak mudah lapar. Karena melewatkan waktu makan menjadi penyebab diet gagal. Melewati waktu makan di pagi hari, maka pada siang hari kamu akan makan dengan porsi lebih banyak. Kebiasaan seperti ini sebenarnya menyebabkan berat badan stuck bahkan meningkat.

  • Sediakan Cemilan Sehat

Makan cemilan sehat merupakan tips diet sehat dan aman agar terhindar dari konsumsi garam dan gula secara berlebih. Beberapa camilan yang sehat tanpa tambahan garam atau gula termasuk buah-buahan, minuman smoothie buatan sendiri, atau salad sayur.

  • Rutin Minum Air Putih

Cukupkan tubuh kita dengan asupan air putih yang cukup setiap harinya. Minum air putih setidaknya 8 gelas/hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ketimbang minum minuman manis, ganti dengan air putih yang akan membantu mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi setiap hari. Bila sesekali ingin minum minuman selain air putih, pilihlah minuman tanpa gula.

  • Konsumsi Protein

Perbanyak konsumsi makanan tinggi protein seperti dada ayam, daging sapi, ikan dan telur. Makanan tersebut bagus dikonsumsi saat diet karena tak memiliki banyak lemak di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek kenyang yang tahan lama, mengurangi rasa lapar dan bagus untuk membangun massa otot.

  • Metode Memasak yang Sehat

Dibanding menggoreng dengan banyak minyak atau deep fry, lebih baik pilih metode memasak yang lebih sehat. Tidak masalah sesekali menggoreng, tapi jangan terlalu sering. Hal ini untuk mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Metode memasak yang lebih sehat bisa dilakukan dengan dipanggang dan direbus. Metode memasak ini tidak akan menyebabkan pembentukan senyawa berbahaya dan akan membuat makanan lebih sehat.

  • Hindari Ngemil Malam Hari

Banyak orang kerap mengabaikan sarapan dan malah menganggap makan malam lebih penting. Hal itu sangatlah keliru, kamu bisa menggantikan menu makan malam dengan sebuah apel. Jika memang ingin makan malam, jangan langsung tidur. Setidaknya tunggu sekitar 2-3 jam selepas makan.

  • Olahraga Teratur

Kunci penting olahraga teratur sebagai cara diet sehat bukan terletak pada intensitas saja, tapi juga pada konsistensimu. Lakukan olahraga minimal 30 menit sehari sebanyak 3-5 kali dalam seminggu, bergantung kapasitas dan kebutuhan tubuh. 

Demikianlah deretan cara diet sehat yang dapat kamu lakukan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat yah!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru