7 Cara Efektif Mengatasi Demam Pada Orang Dewasa

Admin 0 Komentar

Demam terjadi ketika suhu tubuh berasa diatas 37 derajat celcius. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi demam.

INDIFFS.COM – Demam terjadi ketika suhu tubuh berasa diatas 37 derajat celcius. Suhu tubuh seseorang ketika demam bisa berbeda-beda tergantung dari daya tahan, lingkungan, waktu, pakaian dan usia. Cara mengatasi demam pun perlu untuk kamu ketahui.

Cara Mengatasi Demam

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa cara efektif mengatasi demam yang dapat dilakukan. Meskipun begitu, cara-cara ini hanya sebatas meredakan demam dalam waktu singkat saja.

1. Kompres Air Hangat

Saat sedang demam atau suhu tubuh panas, Anda mungkin mengompres badan dengan air dingin atau air es batu yang dibungkus oleh kain. Namun, hal tersebut tidak dianjurkan oleh dokter dan tenaga kesehatan. Kompres dingin lebih tepat digunakan untuk meredakan nyeri otot, bukan untuk meredakan demam.

Jika Anda menempelkan kompres dingin, otak justru akan menerjemahkan nya sebagai gangguan atau ancaman terhadap proses alamiah tersebut. Sebagai akibatnya, tubuh akan semakin meningkatkan temperatur inti dan membuat badan semakin panas.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari kompres dingin atau mandi air dingin saat demam maupun kepanasan. Cara terbaik adalah dengan mengompres dengan air hangat.

2. Minum Banyak Cairan

Konsumsi banyak cairan saat demam sangatlah penting, karena air dapat membantu mengatur suhu tubuh, membuang virus dan bakteri, serta membuat tubuh bekerja dengan lebih lancar. Selain itu, cairan juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi saat demam. Semakin tinggi demam yang di derita, semakin tinggi pula risiko dehidrasi. Jadi, pastikan Anda tidak lupa untuk minum lebih banyak cairan.

3. Minum Obat Pereda Nyeri

Jika demam Anda membuat sangat tidak nyaman, minumlah pereda nyeri yang dijual bebas untuk orang dewasa seperti aspirin, asetaminofen, atau ibuprofen. Namun, sebelum mengkonsumsi obat tersebut, baca aturan konsumsi dalam kemasan atau konsultasi kan ke dokter supaya demam bisa segera diatasi.

4. Istirahat yang Cukup

Demam menandakan bahwa sistem imun di tubuh Anda sedang memerangi bakteri atau virus penyebab infeksi. Supaya sistem imun tubuh meningkat, diperlukan istirahat dan tidur yang cukup. Tidur yang berkualitas sepanjang malam dapat menjadi salah satu cara menurunkan demam dalam semalam.

5. Hindari Pakaian Tebal

Memakai jaket atau selimut tebal untuk tidur bisa membuat panas tubuh terkerangkap dan malah naik. Sebaliknya, dengan menggunakan pakaian tipis pada suhu tubuh kamar bisa bermanfaat untuk menghilangkan demam.

6. Penuhi Asupan Nutrisi

Terkadang demam disebabkan oleh infeksi yang dapat membuat seseorang mengalami mual dan tidak nafsu makan. Namun, Anda tetap harus mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7.  Minum Air Kelapa

Air kelapa mengandung berbagai vitamin, mineral, dan elektrolit. Kandungan tersebut membantu Anda untuk lebih segar dan ber-energi, khususnya ketika lemas karena suhu tubuh yang naik. Air kepala segar menjadi pilihan baik turunkan demam secara alami dibandingkan air kelapa kemasan. Apabila Anda membeli produk kemasan, perhatikan dengan saksama label komposisi nya, terutama gula.

Nah, itulah cara mengatasi demam yang bisa Anda lakukan. Namun, jika demam terjadi selama lebih dari tiga hari, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru