7 Cara Jitu Menahan Emosi Atau Amarah Agar Tetap Tenang!

Resa Azzahra 0 Komentar

Memiliki sikap pemarah tak baik jika dibiarkan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara ampuh menahan emosi agar tetap tenang berikut ini!

INDIFFS.COM – Setiap orang pastinya pernah merasa emosi atau marah. Hal ini tentunya normal terjadi, terlebih jika dihadapkan dengan persoalan hidup. Akan tetapi, bagaimana sikapmu atau cara yang kamu gunakan untuk menahan emosi tersebut? Simak di bawah ini.

Kamu bisa saja memilih untuk tetap marah, karena semua pilihan ada di tanganmu. Perlu kamu ketahui, memilih untuk tetap marah tak terkendali hanya akan merugikan diri kamu sendiri, termasuk kesehatan.

Pasalnya, jika kamu memendam perasaan dalam bentuk negatif, dapat berdampak buruk ke diri sendiri. Tak hanya itu, hal ini bisa berdampak pada hubunganmu dengan orang lain.

Cara Menahan Emosi

Emosi yang berlebihan dapat diarahkan menjadi hal yang lebih produktif sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai positif. Karena itu, penting untuk menjaga emosi agar tetap terkendali. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol emosi:

1. Diam dan Jangan Bicara

Terkadang dengan diam dapat menjadi cara mengontrol emosi secara efektif. Jika kamu ingin marah, coba tahanlah dan berhenti untuk berbicara. Tutup mulutmu dan jangan biarkan satu kata pun keluar. Waktu yang kamu diamkan ini akan membantu agar dapat berpikir kembali untuk marah dan membantu untuk meredakan amarah.

2. Coba Berhitung

Cara ini termasuk salah satu trik yang mudah dan ampuh. Sebelum marah, berhitung lah dai 1 hingga 10. Jika kamu sangat marah, coba hitung hingga 100. Pada saat kamu berhitung, denyut nadi mu akan turun dan kemarahan kamu mungkin akan lebih reda dari sebelumnya. Jika masih belum berhenti juga. Alihkan saja perhatianmu pada hal lain, seperti menonton TV atau apapun itu.

3. Buang Pikiran Negatif

Tanpa kira sadari, terkadang bukan karena masalah yang mendorong muncul nya emosi. Melainkan pikiran dan asumsi buruk yang diciptakan sendiri. Oleh karena itu, salah satu cara nya ialah kamu harus berhenti untuk memikirkan kemungkinan buruk yang terus menghantui diri.

Jika sedang berada di keramaian, minta sedikit waktu untuk menenangkan diri di tempat sepi dan nyaman. Mencari udara segar setidak nya dapat membantu untuk membangkitkan pikiran ke arah yang positif.

4. Tarik Napas

Ketika kamu marah, napasmu akan lebih pendek dan cepat. Tarik napaslah yang dalam dan melambat dari hidung untuk keluar dari mulut dalam beberapa saat. Teknik pernapasan ini bisa menjadi salah satu cara mengelola emosi. Dengan menarik napas dalam dan lambat, diharapkan kemarahanmu akan mereda.

5. Menuliskan Emosi di Atas Kertas

Dengan menuliskan emosi negatif yang kamu punya diatas kertas, akan membantumu untuk memberikan perspektif baru tentang apa yang sedang kamu alami. Berikan kesempatan kepada diri selama beberapa hari untuk membuat daftar dengan lengkap. Setelah itu, selesaikan masalah satu per satu untuk mengurangi kekhawatiranmu.

6. Dengarkan Musik

Mendengarkan musik dapat menjadi salah satu cara mengendalikan emosi. Dengarkan musik yang membuat kamu tenang. Gunakan earphone atau pergi ke suatu tempat yang tenang, putarkan lagu kesukaanmu, dan dengarkan. Biarkan musik membawa pergi emosi kamu dan membuatmu menjadi lebih tenang.

7. Berolahraga

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi emosi adalah berolahraga seperti berjalan kaki, bermain sepak bola, lari, atau berenang. Apa pun jenisnya, olahraga bisa menstimulasi zat-zat kimia dalam otak yang membuatmu lebih rileks dan bahagia. Selain itu, olahraga akan menguras energi secara positif sehingga melenturkan ketegangan pada syaraf.

Emosi memang seharusnya dikendalikan agar tidak memberi dampak negatif pada diri sendiri maupun orang lain. Untuk itu, cobalah beberapa cara di atas, cobalah dengan terus menerus sehingga kamu mendapatkan cara tepat dalam mengontrol emosi.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru