7 Cara Mencegah Varises Agar Betis Tetap Indah, Dijamin Ampuh!

Resa Azzahra 0 Komentar

Banyak wanita di luar sana mencari cara mencegah penyakit varises. Pasalnya penyakit ini dapat merusak penampilan betismu. Bagaimana caranya?

INDIFFS.COM – Cara mencegah penyakit varises perlu diketahui. Pasalnya, penyakit ini dapat merusak penampilan. Penyakit varises muncul akibat adanya ketup pembuluh darah yang melemah. Hal ini terjadi karena pembuluh darah membesar, melebar dan terjadinya penumpukan darah. Sehingga muncullah garis biru atau ungu di permukaan kulit. 

Biasanya, varises muncul di area kaki lantaran pembuluh darah di area ini berada paling jauh dari jantung dan membuat darah lebih sulit mengalir ke atas. Nyatanya, penyakit ini tidak terlalu membahayakan dan kebanyakan pengidap tidak memerlukan pengobatan medis tertentu.

Namun, jika terjadi pembengkakan, pecah, nyeri hingga memicu ketidaknyamanan karena rasa sakit ketika berjalan, ada kemungkinan penyakit tersebut menjadi borok, maka dapat diatasi dengan pengobatan.

Cara Mencegah Penyakit Varises

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor genetik dapat mempengaruhi tingkat kemungkinan timbulnya varises. Adakah cara untuk mencegah varises? Untuk langkah pencegahan nya, Simak halaman berikut ini:

1. Jangan Memakai Pakaian Ketat

Menghindari pakaian yang sangat ketat di sekitar pinggang dan kaki dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Menggunakan pakaian ketat karena dapat memberikan tekanan pada kaki. Pilihlah pakaian yang lembut dan longgar. Selain itu, hindari memakai sepatu hak tinggi, lebih baik gunakan sepatu dengan hak datar untuk memperlancar sirkulasi darah.

2. Hentikan Merokok

Salah satu dari banyaknya diakibatkan oleh rokok. Kandungan berbahaya pada rokok dapat membuat pembuluh darah kaku dan lebih sempit, sehingga tidak menjadi elastis lagi dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang merupakan penyumbang perkembangan varises. 

3. Jangan Berdiri dan Duduk Terlalu Lama

Berdiri maupun duduk terlalu lama membuat otot betis tidak aktif dan secara signifikan dapat melemahkan katup dan dinding pembuluh darah dalam jangka waktu yang lama. Akhirnya menyebabkan disfungsi vena dan meningkatkan tekanan vena di tungkai dan kaki. Jika berdiri atau duduk dalam waktu lama tidak dapat dihindari, seperti pada pekerjaan tertentu, perubahan posisi secara berkala, latihan betis dan jalan kaki singkat setidaknya dapat membantu dalam pencegahan penyakit verises.

4. Pertahankan Tubuh Ideal

Kelebihan berat badan dapat menambah tekanan pada kaki, meningkatkan pekerjaan yang harus dilakukan pembuluh darah untuk mengalirkan darah kembali ke jantung dengan benar. Menjaga berat badan sehat secara rutin dapat mengurangi risiko varises dan perkembangan vena laba-laba. Ada banyak manfaat menurunkan berat badan selain membantu varises, ini juga mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes. 

5. Rutin Berolahraga

Berjalan atau berlari secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kaki, membantu menangkal disfungsi vena. Olahraga tiga puluh menit setiap hari juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan memperkuat semua aspek sistem peredaran darah.

6. Perubahan Pola Makan

Makanan asin atau kaya natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air, sehingga mengurangi makanan asin dapat meminimalkan retensi air. Salah satu makanan untuk membantu menguranginya yakni makanan dengan tinggi potasium. Makanan dengan serta juga dapat menjaga agar usus tetap bergerak dan mencegah penyakit tersebut.

7. Sering Lakukan Pijat

Memijat lembut area yang terkena dapat membantu menjaga darah tetap mengalir melalui pembuluh darah.Seseorang dapat menggunakan minyak pijat lembut atau pelembab untuk efek yang optimal.Namun, sangat penting untuk menghindari menekan langsung ke pembuluh darah, karena ini dapat merusak jaringan yang rapuh.

Nah itulah beberapa cara untuk mencegah penyakit varises yang perlu diketahui agar betis terlihat indah, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru