7 Cara Mengatasi Batu Empedu Secara Alami Dan Efektif

Resa Azzahra 0 Komentar

Batu empedu dapat menyebabkan komplikasi berupa penyumbatan saluran empedu, untuk itu kamu bisa mengatasi nya secara alami dengan cara berikut ini!

Indiffs – Gejala batu empedu disebut juga dengan koletitiasis. Batu yang terbentuk di kandungan empedu biasanya ada tiga jenis, baik kolesterol atau batu yang terbuat dari beberapa pigmen yang ditemukan di hati atau batu campuran. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara mengatasi batu empedu yang efektif dan mudah.

Karena gejala batu empedu dapat menyebabkan komplikasi berupa penyumbatan saluran empedu yang menimbulkan rasa nyeri hebat serta penyakit kuning atau serangan berulang dari peradangan akut kandungan empedu ini sendiri adalah kandungan empedu yang menebal, menyusut dan tidak berfungsi biasanya operasi disarankan untuk kantong empedu diangkat.

Sehingga pembedahan sangat diperlukan dalam kasus obstruksi atau pemecahan kandung empedu tetapi jika pengobatan homeopati dimulai cukup awal dalam perjalanan penyakit komplikasi dan pembedahan dapat dihindari. Jika kamu ingin mengetahui cara alami mengatasi batu empedu, simak ulasan berikut ini!

Cara Mengatasi Batu Empedu

Jika kamu ingin melakukan pengobatan alami saat di rumah kamu bisa melakukan beberapa cara alami di bawah ini:

1. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

Aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan membantu mencegah pembentukan batu empedu. Walaupun kecil, batu empedu dapat menyebabkan peradangan serius nyeri dan infeksi. Gejala ini juga bisa tumbuh ke dalam ukuran yang lebih besar.

Untuk itu, sebaiknya kamu sering melakukan olahraga secara rutin seperti berjalan atau melakukan aktivitas seperti melakukan peregangan setiap hari selama 30 menit.

2. Mempertahankan Berat Badan yang Sehat

Dengan mempertahankan berat badan yang ideal atau sehat, hal ini bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik yang sudah dijelaskan pada poin pertama. Dengan melakukan aktivitas fisik, dapat mengurangi nyeri kantung empedu dan mengurangi jumlah serangan penyakit kandungan empedu.

Meskipun olahraga sangat membantu, ada beberapa aktivitas yang menyebabkan ketegangan pada perut dan dapat memperbesar gejala empedu. Untuk itu setidaknya lakukan aktivitas fisik selama 150 menit per minggu untuk menjaga penambahan berat badan dan meningkatkan kesehatan dalam tubuh.

3. Hindari Kebiasaan Makan yang Buruk

Kebiasaan makan yang buruk dan mengonsumsi makanan tinggi gula, lemak dapat berkontribusi pada penyakit kandungan empedu dan batu empedu dengan sedikit lemak serta lebih banyak serat dapat mencegah batu empedu dan meningkatkan kesehatan.

Makanan yang digoreng dan makanan yang mengandung lemak, bahkan saus salad lebih sulit untuk dipecah dan dapat menyebabkan rasa sakit. Sebaiknya tingkatkan makanan yang mengandung nutrisi dalam pola diet seperti sayuran dan buah-buahan, yang dapat meningkatkan fungsi kandung empedu dan mencegah komplikasi.

4. Teh Peppermint

Peppermint yang mengandung Menthol, senyawa yang menangkan sehingga dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan dapat digunakan untuk meredakan sakit perut, melancarkan pencernaan dan meredakan mual.

Untuk mendapatkan nyeri kandung empedu dan meningkatkan kesehatan kandungan empedu bisa mencoba minum teh peppermint. Dengan meminum teh ini secara teratur dapat mengurangi jumlah serangan nyeri kandung empedu yang mungkin akan dialami.

5. Kunyit

Kandungan kunyit dapat merangsang kantong batu empedu untuk menghasilkan empedu dan membantunya untuk menghasilkan dirinya sendiri. Kunyit juga dapat merangsang pembentukan empedu untuk memudahkan mengosongkan kantung empedu. Dengan memasukkan kunyit ke dalam makanan dapat mengurangi peradangan dan kantung pada gejala empedu. Olahan kunyit ini dapat dibuat menjadi teh untuk diminum setiap hari yang dapat menghilangkan rasa sakit.

6. Kandungan Magnesium

Magnesium dapat menjadi komponen yang berguna untuk mengosongkan kandung empedu. Tak hanya itu, magnesium juga dapat meredakan kejang dan nyeri kandung empedu. Pasalnya jika tubuh kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko pembentukan empedu.

7. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel mentah memiliki kandungan sifat anti inflasi yang dapat berguna dalam meredakan nyeri kandungan empedu. Kamu dapat menggunakan cara ini untuk mengobati sakit kandung empedu dengan melarutkan 2 sendok makan sari cuka apel dengan air hangat. Dan hisap aromanya sampai rasa sakitnya mereda, sangat penting diingat untuk tidak minum sari cuka apel secara langsung karena asamnya dapat merusak gigi.

Itulah 7 cara mengatasi batu empedu secara alami dan efektif yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru