7 Cara Mengatasi Keringat Berlebih Secara Efektif dan Ampuh

Resa Azzahra 0 Komentar

Keringat berlebih membuat merasa tidak nyaman, penyebabnya dapat beragam. Maka, kenali cara mengatasi keringat berlebih berikut ini!

INDIFFS.COM – Mengatasi keringat berlebih adalah hal yang sering kita pikirkan. Sebab, keringat tersebut dapat membuat tubuh kita tidak nyaman. Keringat sendiri dibagi menjadi dua jenis, yakni keringat yang diatur oleh termoregulasi dan keringat emosional. Jenis keringat tersebut dikendalikan oleh pusat yang berbeda. Keringat termoregulasi dikendalikan oleh hipotalus dan keringat emosional diatur oleh sistem limbik.

Berkeringat merupakan cara tubuh untuk menjaga suhunya serta menelurkan sisa metabolisme, namun ada beberapa orang memiliki jumlah produksi keringat berlebih tidak seperti umumnya. Kondisi ini dapat terjadi karena kelenjar ekrin yang terlalu aktif, sehingga kelenjar ekrin diseluruh tubuh mengeluarkan keringat.

Keringat berlebih secara umum dibagi menjadi 2 (dua) yaitu:

  1. Primer (focal hyperhidrosis) kondisi ini membuat orang merasakan keringat berlebih di tangan, ketiak, wajah, dan telapak kaki. Penyebabnya bisa karena stres, cemas, gugup atau saat tubuh beraktivitas ekstra.
  2. Sekunder (generalized hyperhidrosis) keringat berlebih di sebagian besar seluruh tubuh saat gerah bisa menjadi indikasi kondisi kesehatan tertentu. Keringat yang berlebih yang disebabkan oleh emosi atau kondisi psikologis tertentu biasanya juga berbau lebih menyengat dan perlu adanya penanganan.

Keringat berlebih atau Hiperhidrosis memang tidak membahayakan nyawa, tetapi dapat membuat penderitanya merasa terganggu. Faktor penyebab keringat berlebih dapat ditangani dengan beberapa cara medis maupun non medis.

Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Beberapa perubahan gaya hidup dapat memperbaiki gejala keringat berlebih yang kamu alami. Simak beberapa cara ini siapa tau efektif dalam mengatasinya:

  1. Hindari Makanan pemicu, makanan seperti lada, jahe, pedas, cabe hingga minuman panas yang dapat menyebabkan tubuh berkeringat.
  2. Kurangi Kafein, sangat baik untuk mengurangi kafein dalam minuman maupun makanan.
  3. Mandi Rutin, biasakan mandi setiap hari menggunakan sabun anti-bakteri agar dapat mengontrol keringat berlebih dan menghambat pertumbuhan bakteri.
  4. Gunakan Pakaian Tepat, pilih pakaian dengan material nya bisa membuat kulit bebas bernapas, seperti kain katun, Carilah pakaian yang longgar dengan bahan tipis agar suhu tubuh terkendali.
  5. Kendalikan Stres, kecemasan berhubungan dengan tingkat stres. Jadi ketika mampu mengendalikan artinya telah berbuat cukup banyak untuk mengurangi produksi keringat berlebih.
  6. Jaga Berat Badan, obesitas membuat seseorang lebih mudah berkeringat karena beraktivitas orang dengan berat badan berlebih membutuhkan banyak energi.
  7. Cukupi Asupan Cairan, air merupakan cairan yang memang perlu untuk kita cukupi agar terhindar dari segala penyakit.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi keringat berlebih. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru