7 Cara Mengatasi Kram Kaki Yang Mudah Dilakukan

Azzahra 0 Komentar

Mungkin kram kaki tidak berbahaya, akan tetapi kram ini bisa menyababkan rasa sakit yang luar biasa. Maka ini cara mengatasi kram kaki

Indiffs – Kram kaki yang sering muncul ketika tubuh sedang beristirahat, rasa ini sering terasa di area betis dan pergelangan kaki. Bagi yang merasakan, kram kaki ini sangat menyiksa dan bahkan bisa terjadi ketika sedang tidur. Maka tak heran jika banyak yang mencari cara mengatasi kram kaki.

Sebenarnya, kram kaki bisa dicegah dengan pola hidup sehat, seperti sebelum olahraga, kamu bisa terlebih dahulu melakukan peregangan dengan menekuk kaki untuk peregangan ketika pemanasan.

Penyebab kram ini bisa di karena kan oleh usia, suplai darah, kompresi saraf, kekurangan mineral, dehidrasi, kehamilan, cedera, hingga kondisi medis. Jika kamu merasakan kram kaki, kamu bisa coba cara mengatasi kaki kram dengan ulasan berikut.

Cara Mengatasi Kram Kaki

Kaki kram bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini:

1. Cukupi Minum Air Putih

Air putih sangat penting bagi tubuh. Dengan meminum air putih atau yang mengandung elektrolit untuk mengisi cairan tubuh dapat mengurangi masalah kram kaki. Cara ini mungkin membutuhkan waktu yang relatif lama, namun hal ini bisa mencegah terjadinya kram lebih lanjut.

2. Mengonsumsi Kandungan Magnesium

Jika kamu sering merasakan kram kaki, kamu bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan magnesium, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya akan magnesium. Atau kamu bisa bisa mengonsumsi suplemen magnesium.

3. Lakukan Gerakan Jalan Santai

Kamu juga bisa melakukan cara yang ketiga ini dengan melakukan jalan santai. Cara ini dapat ,mengirimkan sinyal otot untuk rilex ketika kontraksi, dan kamu juga dapat memijat bagian otot yang tegang untuk meredakan kram.

4. Lakukan Peregangan

Dalam olahraga, kamu juga dapat melakukan peregangan untuk memulai berolahraga. Pemanasan ini dapat membantu dalam proses meregangkan otot, serta memijat otot terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas.

5. Kompres Kaki

Pada saat otot kaki mengalami kram kamu bisa mengoleskan salep untuk penyembuhan, atau merendamkan kaki dalam air panas untuk merileks kan tubuh. Serta kamu juga bisa mencoba memakai bantal pemanas untuk mengurangi kram di kaki.

6. Gunakan Obat Pereda Sakit

Dengan mengonsumsi obat penghilang sakit, seperti gel penghilang nyeri atau paracetamol yang sesuai dengan petunjuk penggunaan dapat mencegah kram datang lagi. Dan lakukan sesekali dengan memikat bagian tubuh yang sering kram.

7. Ubah Posisi Tidur

Dengan mengubah posisi tidur dengan posisi dimana kaki mengarah ke bawah dan cobalah untuk tidur telentang dengan bantal di belakang lutut. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit atau kambuh nya kram kaki.

Nah, itulah 7 cara yang bisa kamu coba dirumah, semoga bermanfaat dan cepat sembuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru