7 Cara Mengatasi Obesitas Pada Orang Dewasa Secara Efektif

Admin 0 Komentar

Obesitas adalah lemak yang menumpuk dalam tubuh. Cara mengatasi obesitas bisa Anda lakukan dengan cara efektif berikut ini. Yuk simak!

Indiffs – Obesitas adalah kondisi lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Banyak lemak yang menumpuk di dalam tubuh diakibatkan oleh kalori yang masuk secara berlebih jika di bandingkan dengan lemak yang dibakar. Penyandang obesitas berisiko mengalami komplikasi serius, seperti penyakit jantung dan diabetes. Lantas apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi obesitas?

Obesitas adalah masalah kesehatan yang kini dianggap sebagai penyakit oleh berbagai lembaga kesehatan dunia. Pasalnya, angka kasus termasuk terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan hingga dua kali lipat.

Cara Mengatasi Obesitas pada Orang Dewasa

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah obesitas. Ini adalah langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa Anda terus menjalani hidup yang sehat. Lebih penting lagi, ini adalah hal-hal yang dapat Anda mulai SEKARANG daripada nanti.

1. Aktivitas Fisik

Sementara tubuh yang membakar sejumlah kalori ini, bahkan ketika seseorang hanya duduk atau tidur, bagi kebanyakan orang, semakin aktif mereka, semakin banyak kalori yang akan dibakar tubuh. Namun, ini bisa memakan waktu. Untuk kehilangan satu pon lemak, seseorang perlu membakar 3.500 kalori.

Cara yang baik untuk mulai aktif  yakni, berjalan cepat, renang, menggunakan tangga daripada lift dan berjalan di sisa perjalanan. Melakukan tugas-tugas seperti berkebun, pekerjaan rumah tangga, atau mengajak peliharaan untuk jalan-jalan semuanya berkontribusi. Dan sebaiknya lakukan aktivitas fisik ini sekitar 90 menit setiap hati dalam seminggu.

Orang yang tidak terbiasa berolahraga atau merasa sulit untuk aktif karena masalah kesehatan atau mobilitas harus berbicara dengan profesional kesehatan tentang cara berolahraga dan cara memulainya. Dan seseorang yang tidak terbiasa berolahraga tidak boleh memulai dengan aktivitas yang terlalu berat, karena dapat menimbulkan risiko kesehatan.

2. Hindari Makanan Olahan

Konsumsi makanan olahan dikaitkan dengan risiko obesitas yang lebih tinggi. Makanan yang tinggi lemak, garam, dan gula tidak hanya tidak sehat tetapi juga mendorong makan berlebihan. Jadi hentikan keripik dan mulailah mengganti air dengan soda sebagai permulaan, lalu mulailah mengubah diet Anda untuk memastikan bahwa Anda mengintegrasikan lebih banyak makanan utuh dan buah-buahan dan sayuran segar ke dalam makanan dan camilan Anda.

3. Pastikan Anda Cukup Tidur

Sulit tidur dapat menyebabkan obesitas dengan berbagai cara. Karena seseorang yang kurang tidur menjadi terlalu lelah untuk berolahraga, mengurangi isi “kalori yang terbakar” dari persamaan perubahan berat badan. Individu yang kurang tidur dapat mengambil lebih banyak kalori, hanya karena mereka bangun lebih lama dan memiliki lebih banyak kesempatan untuk makan. Selain itu, sulit tidur juga mengganggu keseimbangan hormon utama yang mengontrol nafsu makan, sehingga orang yang kurang tidur mungkin lebih cepat lapar dari pada biasanya.

4. Hindari Diet Ketat

Mencoba menurunkan berat badan dengan cepat dengan diet ketat membawa risiko yang membahayakan. Risikonya yakni dapat menyebabkan masalah kesehatan baru dapat berkembang, kekurangan vitamin dapat terjadi, lebih sulit untuk mencapai penurunan berat badan yang sehat.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menyarankan bahwa seseorang dengan obesitas parah harus mengikuti diet cair yang sangat rendah kalori. Seorang profesional kesehatan harus memantau strategi ini untuk memastikan bahwa orang tersebut tetap aman saat mengikuti diet.

5. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Rekomendasi harian untuk asupan buah dan sayuran adalah lima sampai sembilan porsi per hari untuk orang dewasa. Mengisi piring Anda dengan sayuran dan buah dapat membantu menjaga kalori tetap masuk akal dan mengurangi risiko makan berlebihan.

6. Batasi Waktu Layar

Saat ini, hampir semua orang bersalah karena menghabiskan terlalu banyak waktu dengan layar mereka, apakah Anda sedang bermain game seluler atau menonton acara favorit Anda di YouTube atau Netflix. Tetapi semakin banyak waktu yang Anda habiskan di depan ponsel, komputer, atau televisi, semakin kecil kesempatan Anda untuk aktif secara fisik. Selain itu adalah fakta bahwa waktu layar Anda juga dapat memengaruhi jumlah tidur yang akan di dapatkan, membuat Anda kehilangan istirahat yang sangat di butuhkan.

7. Kurangi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti keripik, kue, soda, dan makanan kemasan lainnya dari lorong makanan ringan mengandung banyak lemak dan gula dan dengan cepat menambah jumlah kalori Anda. Batasi item ini dalam diet Anda sebanyak mungkin.

Cobalah untuk mengganti makanan penutup yang manis dan berlemak dengan buah segar atau es loli, camilan sayuran, hummus atau kacang-kacangan daripada makanan ringan asin.

Dan itulah 7 cara mengatasi obesitas yang bisa Anda lakukan rutin setiap hari dirumah dan dimanapun, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru