7 Cara Mengatasi Rambut Lepek Secara Alami Dan Ampuh!

Resa Azzahra 0 Komentar

Rambut lepek memang menjadi masalah dalam penampilan, untuk itu kamu perlu tau cara mengatasi rambut lepek agar tetap sehat dan terjaga.

INDIFFS.COM – Rambut adalah penyempurna dari sebuah penampilan, maka penting sekali untuk memperhatikan bagian yang satu ini. Salah satu masalah rambut yang sangat menganggu penampilan ialah rambut lepek, hal ini dapat disebabkan oleh adanya penumpukan minyak pada kulit kepala dan membuat banyak perempuan mencari cara untuk mengatasi rambut lepek.

Rambut lepek disebabkan oleh penumpukan minyak, keringat dan kotoran pada kulit kepala yang menghilangkan volume rambut. Ada juga faktor eksternal yang menyebabkan rambut lepek, seperti menyisir rambut secara berlebih, akibat stres, menggunakan produk yang salah dan terlalu sering keramas.

Jika kamu mengalami masalah rambut lepek, berikut adalah cara ampuh untuk mengatasinya;

1. Gunakan Shampo Berbahan Ringan

Shampo dengan formula ringan mampu membersihkan kulit kepala hingga rambut dari minyak berlebih. Gunakan shampo yang memiliki formula pro-vitamin di dalamnya yang tidak hanya membersihkan rambut dan kepala secara menyeluruh, tapi juga dapat menutrisi dan menjadikan rambut ringan serta halus.

2. Keramas dengan Air Hangat

Air hangat memang banyak fungsi serta manfaat, dan salah satunya dapat membuat kulit kepala terasa lebih kering. Hal ini mungkin menjadi sesuatu yang harus dihindari bagi sebagian orang, Akan tetapi jika rambutmu lepek, air hangat ini bisa menjadi salah satu cara alami untuk mengatasinya.

3. Gunakan Lemon

Lemon yang dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengontrol minyak berlebih. Salah satunya ialah dapat mengangkat kelebihan minyak pada kulit kepala yang menyebabkan rambut lepek. Untuk mengatasinya yaitu dengan mengusapkan air perasan lemon ke kulit kepala secara merata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin dan dilanjutkan dengan keramas.

4. Hindari Mengikat Rambut Ketika Basah

Sebaiknya hindari mengikat rambut setelah keramas. Karena jika rambut diikat saat basah, minyak akan menggumpal dikulit kepala dan menyapu dalam helai rambut. Sebaiknya usahakan untuk mengikat rambut ketika sudah benar-benar kering untuk menghindari terjadinya rambut lepek.

5. Potong Rambut Terlalu Panjang

Rambut panjang dapat menjadi penyebab rambut lepek. Karena rambut yang sudah lama tidak dipotong akan tumbuh secara tak beraturan. Rambut tebal juga dapat memicu kelenjar minyak yang menghasilkan minyak terlalu banyak pada rambut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mencoba gaya rambut pendek, karena hal ini dapat mengatasi rambut lepek terjadi.

6. Gunakan Bedak Bayi

Bedak tabur bayi sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut lepek. Bedak bayi ini ampuh dalam menyerap minyak yang menyebabkan rambut menjadi lepek. Gunakan bedak tabur dengan membubuhkan-nya secara merata ke seluruh rambut dan kulit kepalamu.

7. Kurangi Penggunaan Kondisioner

Kondisioner mungkin dikenal sangat bagus dalam memberikan kelembapan dan nutrisi pada rambut. Akan tetapi, kondisioner juga bisa menjadi bencana bagi rambut lepek. Untuk kamu yang memiliki rambut lepek, hindari penggunaannya dan sebaiknya ganti dengan sampo yang sudah memiliki kandungan vitamin nya.

Itulah 7 cara mengatasi rambut lepek yang bisa kamu gunakan dalam sehari-hari secara rutin agar rambut tetap sehat dan terjaga.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru