7 Cara Mengatasi Trauma Masa Lalu Yang Perlu Kamu Ketahui!

Resa Azzahra 0 Komentar

Hampir semua orang pernah mengalami trauma masalalu. Jika kamu kerap dihantui trauma, coba beberapa cara mengatasi trauma masa lalu berikut!

INDIFFS.COM –  Cara mengatasi trauma di masa lalu mungkin perlu dikenali oleh setiap orang. Pasalnya, setiap orang pasti pernah mengalami kejadian pahit yang menyebabkan trauma dalam hidupnya. Pengalaman tersebut ada yang dapat membaik dengan sendirinya, ada juga yang menetap hingga waktu lama.

Jika dibiarkan, trauma dapat mengganggu kehidupan. Apalagi jika pengalaman buruk yang pernah dialami berdampak pada trauma psikis berkepanjangan. Kondisi ini tentunya harus segera ditangani.

Oleh karena itu, orang yang mengalami kejadian traumatis disarankan untuk melakukan konsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk mencegah terjadinya trauma yang mendalam.

Cara Mengatasi Trauma Masa Lalu

Bangkit dari trauma memang lah tidak mudah dan butuh proses. Namun, jangan pernah menyerah dengan keadaan. Cobalah untuk mengatasinya dengan berbagai cara. Jika terus dibiarkan begitu saja, trauma bisa mempengaruhi kualitas hidup kamu. Untuk bisa menghadapinya, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan trauma yang dapat kamu coba:

1. Mengalihkan Pikiran Negatif

Cara pertama yang dapat kamu lakukan ialah dengan mengalihkan pikiran negatif. Karena hal-hal negatif yang terus-menerus dipikirkan bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, usahakan untuk alihkan pikirkan negatif kamu dengan menyibukkan diri, misalnya menekuni hobi, menjadi relawan kegiatan sosial atau bergabung dengan suatu komunitas.

2. Beranilah dan Bersabar

Salah satu cara menyembuhkan trauma masa lalu yang tak kalah penting ialah sabar. Menghilangkan trauma itu butuh waktu yang cukup panjang dan keberanian yang kuat untuk menghadapinya. Jadi, sebaiknya tidak terlalu keras pada diri sendiri demi pulih dari trauma. Lakukan perlahan dan sabar namun konsisten.

3. Bersikap Terbuka

Cara mengatasi trauma yaitu berusaha untuk selalu bersikap terbuka. Semakin menghindari masalah dan mencoba menutup-nutupi peristiwa, dapat membuat keadaan kian memburuk. Oleh karena itu, mencoba untuk memaafkan diri sendiri dan menumbuhkan kepercayaan diri menjadi salah satu cara terbaik.

Jika kamu memilih untuk menutup diri, tentu saja mereka akan kesulitan untuk membantu mencairkan jalan keluar. Ingatlah, bercerita dengan seseorang efektif untuk mengurangi beban yang kamu alami walaupun sedikit.

4. Maafkan Semua Yang Sudah Terjadi

Memaafkan mungkin terkesan mudah untuk dilakukan. Tetapi, memaafkan adalah bagian yang cukup fatal dalam mengatasi trauma. Memaafkan bukan berarti melupakan. Mulailah untuk memaafkan penyebab yang membuat pengalaman mu begitu traumatis. Pengalaman masa lalu adalah sebuah bekal untuk masa depanmu.

5. Tanamkan Rasa Syukur

Seperti yang kita ketahui, bahwa manusia di dunia tentunya tidak akan pernah lepas dari permasalahan hidup. Hampir dapat dipastikan setiap orang memiliki masalah sendiri-sendiri. Hal ini kemudian harus disadari bahwa kita tidak hidup sendiri dan masih banyak orang di luar sana yang mengalami lebih besar.

Salah satu cara kebahagiaan ialah ketika seseorang mampu bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki. Selalu percaya bahwa semua masalah yang kita hadapi sekarang adalah upaya mendewasakan untuk pribadi yang lebih baik lagi. Perlu kamu ketahui, masih banyak di dunia ini yang patut kita syukuri seperti memiliki sahabat, keluarga dan pekerjaan.

6. Mengingat Hal Baik dan Kurangi Menyalahkan Diri Sendiri

Perubahan kecil dalam berpikir dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengatur perasaan dan perilaku ketika berada dalam tekanan. Di samping itu, menghindari untuk selalu menyalahkan diri sendiri juga dapat membantu memperbaiki cara pandang kita terhadap segala sesuatu. Dengan begitu, pikiran dan hati kita akan jauh lebih tenang saat menghadapi berbagai persoalan yang sedang kita hadapi.

7. Hadapi Rasa Takut

Takut dan cemas akibat peristiwa traumatis adalah wajar. Akan tetapi, terus-menerus takut dan kadarnya berlebihan akan menurunkan produktivitas. Secara bertahap, kuatkan diri dan jadilah berani dalam menghadapi ketakutan. Jangan biarkan masa lalu menghalangi kamu. Cobalah untuk menguatkan hati dan selalu berusaha untuk berpikir positif.

Di samping itu, saat kita sedang dihadapkan dengan berbagai persoalan, yang harus kita lakukan ialah selalu mengambil atau melihat sisi baiknya. Usahakan untuk berhenti mencari kesalahan orang lain, dengan begitu, akan melatih pikiran kita menjadi lebih positif.

Hampir semua orang pernah atau sedang mengalami masalah dan trauma, baik berat maupun ringan. Jika kamu kerap dihantui trauma, cobalah beberapa cara diatas untuk menangani masa lalu mu. Semoga berhasil.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru