7 Cara Mengatasi Trust Issue Agar Menjalin Hubungan Sehat

Admin 0 Komentar

Gangguan kepercayaan atau trust issue dapat membawa pengaruh yang tidak baik bagi diri sendiri. Simak berikut cara mengatasi trust issue

INDIFFS.COM – Gangguan kepercayaan atau trust issue dapat membawa pengaruh yang tidak baik bagi diri sendiri. Beberapa orang mengalami masalah kepercayaan yang ditandai dengan ketakutan, pengkhianatan, manipulasi, dan pengabaian. Kondisi seperti ini tentu akan membuat kamu sulit dalam menjalin hubungan. Nah, kamu tak perlu khawatir karena semua masalah ada solusinya. Untuk itu, perlu kamu ketahui cara mengatasi trust issue agar menjalin hubungan yang sehat.

Cara Mengatasi Trust Issue

Berikut ini cara mengatasi trust issue atau masalah kepercayaan terhadap orang lain supaya kamu menjalin hubungan yang sehat:

1. Belajar Berpikir Positif

Terus menyalahkan orang lain tidak akan ada akhirnya, bahkan trust issue akan semakin meningkat seiring banyaknya pikiran negatif kamu. Oleh karena itu, cara mengatasi trust issue yang pertama adalah dengan belajar berpikiran positif.

Dalam hal ini, kamu jangan terlalu memaksakan diri hingga apapun dianggap positif dan menyangkal keadaan, namun pikiran positif yang dimaksud adalah dengan berprasangka baik. Tahan kecurigaan dan dahulukan pikiran positif supaya kamu tidak terus terjebak dalam trust issue.

2. Mencoba Percaya Pada Orang Lain

Jika kamu ingin mengatasi trust issue, kamu harus siap menerima risiko dengan memberi kepercayaan kepada orang lain. Kamu harus mau mencobanya karena jika tidak maka kita akan tetap dalam masalah yang sama. Cobalah percaya pada orang-orang terdekat yang sudah kamu kenal sifatnya. Dengan demikian, kamu akan melatih diri untuk bisa percaya kembali pada orang lain.

3. Teliti Sebelum Percaya Orang Lain

Cara lainnya untuk mengatasi trust issue ialah dengan lebih berhati-hati saat kamu mempercayai orang lain. Atau dengan kata lain kamu tidak boleh gampang percaya pada siapapun sebelum benar-benar memastikan jika dia memang bisa dipercaya. Dengan meneliti orang tersebut, apakah ia bertanggung jawab dan punya jejak yang bersih saat dipercayai orang lain.

Tapi terlepas kamu punya trust issue atau tidak, hal ini memang perlu dilakukan terutama saat bekerja. Karena rugi sendiri kalau sampai salah memberi kepercayaan pada orang lain.

4. Mencoba Berkomunikasi

Mulailah berkomunikasi layaknya orang pada umumnya. Orang yang mengalami trust issue tentu tetap melakukan komunikasi, hanya saja ia melakukannya dengan memberi sedikit sekat pada orang lain. Namun, cobalah untuk melakukannya dengan santai dan jangan berpikir bahwa orang tersebut akan bertindak jahat pada kalian.

5. Perlahan untuk Terbuka dan Bersikap Jujur

Kamu dapat menceritakan keluh kesah selama menghadapi trust issue bersama orang terdekat terlebih dahulu. Karena dengan begitu, perlahan kamu akan mendapatkan support system yang akan mendengarkan dan memberikan saran atas apa yang kamu keluhkan.

Namun, kamu harus menceritakan itu secara jujur. Jangan semata-mata hanya untuk mengetes kepercayaan seseorang. Tidak masalah, apabila tidak mau terbuka secara langsung, tetapi cobalah sedikit demi sedikit karena lambat laun akan terbiasa.

6. Berikan Kesempatan Pada Orang yang Pernah Mengecewakan

Bukan jadi suatu masalah jika memberikan kesempatan pada mereka yang pernah mengecewakan kamu. Memberikan kesempatan di sini berarti memberikan peluang untuk mereka melakukan interaksi dan komunikasi kepada kamu, tetapi tetap pada batasnya. Tidak ada salahnya menjalin hubungan baik pada semua orang.

7. Meyakini Bahwa Sifat Orang Beda-Beda

Trust issue sering kali muncul karena trauma pernah dibohongi atau di kecewakkan di masa lalu. Hal ini membuat kamu takut untuk percaya pada orang lain karena khawatir akan kembali mengalami hal yang sama.

Padahal, kamu harus yakin bahwa sifat orang berbeda-beda. Orang yang kamu temui hari ini berbeda dengan orang yang pernah mengecewakan kamu di masa lalu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mencoba memberi kepercayaan kepada orang lain.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru