7 Cara Menghadapi Orang Yang Banyak Bicara, Jangan Diabaikan!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Lakukan beberapa cara berikut ketika menghadapi orang yang banyak bicara, dimana ini akan membuatmu merasa risih akibat ocehannya.

INDIFFS.COM – Dalam pertemanan mungkin kita akan menghadapi berbagai macam kepribadian maupun karakter yang berbeda dari setiap orang. Ada orang pendiam, sombong, keras kepala, berjiwa pemimpin, ringan tangan, pintar bahkan ada juga yang banyak bicara.

Tentunya ini menjadi kepribadian tersendiri dari setiap orangnya. Namun, ada kalanya kita dihadapi dengan teman yang banyak bicara. Apalagi pada saat berinteraksi dengannya, seperti mengobrol dan berbincang dengannya.

Memang dengan mengobrol bersama teman terasa menyenangkan. Dengan ini kita bisa mengeluarkan berbagai unek-unek, sekaligus mendengar isi hati dan cerita dari teman. Akan tetapi, obrolan akan terasa menyenangkan jika dilakukan secara seimbang dan tidak terlalu banyak bicara. Bahkan, dengan banyak bicara ini tidak memberi kesempatan kita untuk berbicara.

Cara Menghadapi Orang yang Banyak Bicara

Untuk itu, lakukan beberapa cara berikut ketika kamu mengobrol atau berbicara dengan orang yang banyak bicara. Sampai-sampai kamu tidak diberi kesempatan untuk berbicara.

1. Beri Peringatan

Seseorang yang banyak bicara cenderung akan mengatakan apa saja yang ada di benak pikiran nya. Tentunya hal ini bisa membuat kita sebagai teman yang mendengarkannya merasa bosan atau terganggu. Terlebih ketika kamu sedang sibuk mengerjakan hal lainnya yang lebih penting.

Untuk itu, kamu bisa memberi peringatan sebelum teman tersebut mulai berbicara. Misalnya Ketika ia akan berbicara pada mu, katakanlah bahwa kamu sebenarnya memiliki sedikit waktu atau mungkin katakan pula bahwa kamu sedang sibuk. Dengan membuat alasan seperti ini, tentunya akan membuat teman kamu berkata seperlunya dan tidak banyak bicara.

2. Jangan Pernah Berikan Pujian

Ketika temanmu banyak bicara, mengeluarkan pendapatnya meskipun tidak masuk akal, sebaiknya jangan puji dia. Ya, meskipun memberikan pujian adalah sebuah cara untuk menghargai teman ketika berbicara, Namun ini tidak berguna ketika di hadapi seseorang yang banyak bicara. Justru jika kamu memujinya ini akan membuatnya seolah-olah didukung, dan ia akan berkata panjang lebar secara terus-menerus.

3. Respon Seperlunya

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan ketikan menghadapi seseorang yang banyak bicara ialah merespon seperlunya. Hal ini karena seorang yang senang berbicara panjang lebar akan semakin senang jika pendengarnya merespons dengan sangat antusias.

Terlebih jika orang lain memberi pertanyaan tambahan atas apa yang disampaikan. Ia bisa melanjutkan ceritanya dengan lebih panjang. Dengan itu, meskipun kita mendengarkannya, berilah respon seperlunya dan jangan memberi tanggapan berupa pertanyaan.

4. Beritahu Jika Kamu Terganggu

Sebaiknya ketika kamu dihadapi dengan seseorang yang banyak cerita, namun kamu tidak nyaman karena sikapnya, sampaikanlah bahwa kamu sebenarnya terganggu. Dengan menyampaikannya secara jujur dan sopan bahwa sebenarnya kamu merasa tidak nyaman akan hal tersebut. Tentunya jika penyampaianmu baik ini akan membuatnya memahami.

5. Tanyakan Terlebih Dahulu

Ketika teman kamu mengajakmu untuk mendengarkan ceritanya, dan kamu mengetahui bahwa ia adalah seseorang yang banyak bicara, sebaiknya tanyakan dulu padanya. Tanyakan bahwa ia akan bercerita hal penting atau cuman sekedar berbicara omong kosong.

Karena dengan menanyakan terlebih dahulu, bisa jadi apa yang akan disampaikan orang tersebut ialah kesedihan yang mungkin sedang membutuhkan perhatian. Namun, jika sebaliknya ia ingin membicarakan hal tidak penting ketika kamu sedang sibuk, baiknya jika kamu tak ingin mendengarkannya berikan pengertian padanya. Katakan bahwa kamu harus mengerjakan suatu hal yang lebih penting.

6. Pura-Pura Mengerti

Ketika temanmu yang banyak bicara akan bercerita padamu, lalu ia menerobos jawabanmu dan langsung bercerita, cobalah untuk pura-pura mengerti. Ya, mungkin cara ini dilakukan ketika temanmu sedang bercerita yang tidak begitu penting, sedangkan kamu sedang mengerjakan sesuatu, tugas misalnya.

Untuk itu, cobalah untuk pura-pura mengerti dan meng-‘iya’ kan dari pernyataanya. Terlebih karena kamu telah mengetahui obrolannya semua adalah tidak penting.

7. Akhiri Percakapan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi seseorang yang banyak berbicara ialah dengan mengakhiri percakapanmu dengannya. Jangan takut dan segan untuk mengakhiri percakapan yang panjang, jelaskan bahwa kamu tidak punya cukup waktu luang. Baiknya juga tawarkan padanya untuk melanjutkan percakapan nanti.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika menghadapi orang yang terlalu banyak bicara, tentunya dengan melakukan beberapa cara tersebut bisa membantu kamu agar tidak bosan dengan ocehannya. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru