7 Cara Menghentikan Haid yang Berkepanjangan, Dijamin Aman!

Admin 0 Komentar

Cara menghentikan haid yang berkepanjangan bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan badan. Yuk, cari tau apa saja.

IndiffsCara menghentikan haid yang berkepanjangan bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan badan. Menstruasi atau haid wanita umumnya terjadi selama 7 sampai 14 hari setiap 28 sampai 36 hari. Akan tetapi, banyak wanita yang tak nyaman dengan waktu istimewa ini dan ingin mempercepatnya.

Hal ini pun bisa menjadi masalah bagi wanita yang waktu datang bulannya harus lebih lama dari biasanya. Faktor utama dari haid tak kunjung reda adalah hormon yang dipicu stres sampai nutrisi tubuh yang tak terpenuhi. Maka perhatikan cara mempercepat haid selesai ini dengan saksama.

Cara Menghentikan Haid

Direkomendasikan menggunakan cara aman dan tak ada efek jangka panjang. Meski cara mempercepat haid selesai bisa dilakukan dengan obat, hubungan seks, dan alat kontrasepsi, tetapi jadikan pilihan terakhir. Jika perlu, konsultasi kan juga dengan ahli agar lebih aman.

Melansir dari berbagai sumber, berikut cara menghentikan haid yang berkepanjangan:

1. Terapi Hormon

Salah satu cara mengatasi haid lebih dari 15 hari adalah dengan melakukan terapi hormon. Cara ini dilakukan jika penyebab menstruasi berkepanjangan yang kamu alami karena ketidakseimbangan hormon.

Rangkaian terapi hormon yang bisa kamu lakukan adalah pemberian hormon progesteron dan estrogen, salah satunya dengan pil KB. Namun, bagi beberapa wanita ada yang mengalami ketidakcocokan dengan pil KB sehingga dokter akan memberikan jenis obatan lain.

Namun, jika kamu tidak cocok menggunakan pil KB, dokter mungkin akan memberikan jenis obat-obatan hormonal lainnya.

2. Mencukupi Gizi

Mencukupi tubuh dengan gizi yang seimbang secara tidak langsung membuat hormon tidak bermasalah. Membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat dapat menjaga produksi hormon agar tidak terganggu.

Sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi jauh lebih baik, haid pun bisa lancar dan lebih cepat. Apalagi cara mempercepat haid selesai ini sangat aman dan mudah dipraktikkan.

Air mineral pun penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Mulai hindari merokok, konsumsi minuman beralkohol, minum kopi berlebihan, dan begadang.

3. Mengkonsumsi Obat Herbal

Salah satu cara mengatasi haid yang berkepanjangan adalah dengan mengonsumsi obat-obatan herbal. Terdapat beberapa jenis bahan herbal alami yang bisa kamu konsumsi, seperti adas, jahe, dan daun raspberry.

  • Adas memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi gejala PMS dan mengurangi panjang aliran darah selama periode kamu.
  • Jahe dapat membantu meringankan pendarahan.
  • Daun raspberry memiliki sifat relaksasi otot yang dapat mengurangi kontraksi rahim.

4. Cukup Minum Air

Dalam mempercepat dan melancarkan menstruasi, menjaga asupan air merupakan kuncinya. Ketika kamu kurang air, maka menstruasi yang kamu alami bisa sangat parah.

Hal ini juga bisa membantu agar siklus menstruasi lebih cepat berakhir. Pasalnya, ketika kamu cukup mengonsumsi air, hal ini bisa mencegah darah mengental.

5. Mengkonsumsi Rempah

Adas termasuk rempah yang dipercaya bermanfaat untuk kelancaran siklus haid. Rempah ini juga disinyalir dapat mengurangi nyeri dan mempercepat masa haid.

Berbagai olahan kue adas dapat kamu coba konsumsi sebagai cara mempercepat haid selesai. Kunyit disebut dapat memengaruhi kadar estrogen dan progesteron di tubuh. Terdapat pula senyawa yang berkhasiat sebagai obat seperti kurkumin.

Tak heran bila rempah satu ini ahlinya cara mempercepat haid selesai. Senyawa ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Minumlah jamu dengan racikan kunyit secara rutin untuk hasil maksimal.

6. Olahraga

Olahraga dan istirahat termasuk cara mempercepat haid selesai yang cukup sederhana. Penerapan nya dalam kehidupan sehari-hari juga mudah dilakukan. Tujuan dari penerapan keduanya adalah mencegah terjadinya stres.

Cukup lakukan gerakan olahraga sederhana sebagai cara mempercepat haid selesai. Lakukan jogging, jalan kaki, atau bersepeda. Hal ini akan memperlancar aliran darah, sehingga haid pun lancar.

Selain itu cukupi juga istirahat agar hormon kortisol berproduksi dengan baik. Hormon ini akan mencegah terjadinya stres dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus. Hypotalamus merupakan hormon pengatur periode haid.

7. Menjaga Berat Badan

Wanita dengan kelebihan berat badan umumnya memiliki kadar lemak tubuh yang tinggi. Kelebihan sel lemak dapat mempengaruhi kadar hormon reproduksi wanita, sehingga dapat menyebabkan siklus haid menjadi lebih berat dan lama.

Cara mempercepat haid selesai, pastikan berat badan kamu tidak berlebih alias masih dalam taraf ideal. Jika kamu mengalami kelebihan berat badan, turunkan secara bertahap dan sehat dengan pola makan bergizi seimbang dan olahraga rutin.

Haid yang berkepanjangan tentu memberikan rasa tidak nyaman. Kamu dapat mengatasinya dengan beberapa cara di atas, mulai dari mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan, pembedahan, hingga obat-obatan herbal alami. Jangan lupa untuk melakukan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan bergizi.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru