7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok Saat Tidur Yang Efektif

Admin 0 Komentar

Ngorok dapat mengurangi kualitas tidur diri sendiri. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan kebiasaan ngorok saat tidur.

INDIFFS.COM – Ngorok atau mendengkur biasanya terjadi karena rasa lelah setelah seharian berkativitas. Suara ngorok tidak hanya mengganggu tidur nyenyak orang lain, tetapi juga mengurangi kualitas tidur kamu sendiri. Ada beberapa cara menghilangkan kebiasaan ngorok saat tidur, simak penjelasan berikut ini.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan ngorok atau mendengkur:

1. Tidur dengan Posisi Miring

Kamu perlu tahu, jika tidur dengan posisi terlentang dapat menyebabkan lidah bergerak ke bagian belakang tenggorokan yang sebagiannya akan menghalangi aliran udara melalui tenggorokan. Oleh sebab itu, kamu direkomendasikan untuk tidur dengan posisi miring untuk mencegah ngorok. Karena, dengan posisi ini udara akan mengalir dengan mudah saat tidur yang dapat mengurangi suara dengkuran.

2. Olahraga Teratur

Olahraga secara umum dapat mengurangi dengkuran. Alasannya, olahraga mampu mengencangkan berbagai otot tubuh, seperti lengan, kaki, dan perut, termasuk otot di tenggorokan. Itulah alasannnya olahraga dapat mengurangi dengkuran. Ada juga latihan khusus yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat otot di tenggorokan.

3. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko mengorok saat tidur. Pasalnya, merokok dapat melukai membran yang terdapat pada hidung dan  tenggorokan, sehingga menghalangi jalan napas. Kondisi tersebut dapat menyebabkan suara ngorok saat kamu tidur. Bahkan, kebiasaan ini merupakan salah satu kebiasaan yang memiliki peranan cukup besar sebagai penyebab ngorok saat tidur.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghilangkan kebiasaan ini saat tidur adalah berhenti merokok. Hal ini mungkin terdengar lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan. Namun, berhenti merokok merupakan salah satu cara tercepat untuk menghilangkan kebiasaan ngorok ini.

4.  Hindari Alkohol

Penggunaan alkohol dan obat penenang memicu pelemahan otot-otot dibagian belakang tenggorokan sehingga memperbesar kemungkinan kamu mendengkur. Hindari minuman beralkohol dan kebiasaan merokok yang menyebabkan penyempitan saluran pernapasan dan peradangan tenggorokan. Kondisi tersebut dapat memicu kamu mengorok saat tidur.

5. Jaga Kebersihan Kamar

Kamar yang kotor penuh dengan debu dapat membuat kamu sering ngorok saat tidur. Debu menumpuk di bantal dapat memicu reaksi alergi. Dengan demikian, menjaga kebersihan tempat tidur dan kamar penting dilakukan sebagai cara untuk menghilangkan kebiasaan ngorok. Kamu juga bisa memanfaatkan pelembab udara atau humidifier untuk menjaga kualitas udara di kamar tidur.

6. Gunakan Alat Anti-Dengkuran

Cara menghilangkan kebiasaan ngorok yang lainnya yaitu dengan menggunakan alat anti-dengkuran. Perangkat ini menyerupai pelindung mulut atlet yang berfungsi membantu membuka jalan napas dengan mengarahkan rahang bawah atau lidah ke depan saat tidur.

7. Tidur dengan Posisi Kepala Sedikit Terangkat

Tidur dengan posisi kepala yang sedikit terangkat dapat mengurangi dan mencegah ngorok agar saluran udara tetap terbuka. Kamu bisa menggunakan bantal dengan ketinggian yang dapat disesuaikan untuk mengurangi ngorok ini.

Nah, itu dia cara menghilangkan kebiasaan ngorok yang dapat kamu lakukan. Konsultasikan dengan dokter apabila keluhan mendengkur sering kambuh untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru