7 Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan

Azzahra 0 Komentar

Semua orang pernah merasa takut. Tetapi jika sudah berlebihan, akan berdampak buruk. Untuk itu, inilah cara menghilangkan rasa takut berlebih

Indiffs – Setiap orang pastinya pernah merasakan takut, entah itu karena kegelapan, kejadian alam, kehilangan seseorang maupun takut bertemu dengan orang asing. Ketakutan adakah bagian dari naluri alami manusia untuk bertahan hidup, tapi jika berlebihan bisa juga berdampak negatif. Walau demikian, ada berbagai cara untuk menghilangkan rasa takut berlebih,

Cara Menghilangkan Rasa Takut

Berikut cara menghilangkan rasa takut berlebih yang di rasakan pada kehidupan sehari-hari. Anda bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Tenangkan diri

Cara untuk menghilangkan rasa takut adalah menenangkan diri secara fisik dan mental terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan menarik napas dalam, minum air putih, atau mencoba mengalihkan diri dari rasa takut tersebut dengan berjalan kaki sejenak sambil mendengarkan musik ceria.

Karena pada saat merasa takut, Anda mungkin akan merasakan berbagai gejala fisik yang menimbulkan rasa tak nyaman. Gejala tersebut justru akan membuat suasana serta kondisi menjadi semakin parah. Untuk bisa menaklukkan rasa takut, Anda harus dalam kondisi yang santai dan bebas dari stres.

2. Hadapi Rasa Takut

Salah satu cara menghilangkan rasa takut yang paling sederhana adalah dengan menghadapi rasa takut itu sendiri. Mungkin hal ini terdengar sangat sulit dilakukan, tapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya, kan? Jika Anda terus-menerus menghindari hal yang membuat Anda merasa takut justru akan menghambat berbagai hal yang ingin dilakukan.

Sebaiknya, sebelum mulai mencoba melakukan sesuatu, Anda sudah mundur terlebih dahulu karena dihantui oleh rasa takut. Untuk itu, Anda harus bisa menghadapinya. Awalnya mungkin terasa sulit, tapi lama-kelamaan, Anda akan lebih terbiasa hingga rasa takut itu hilang dengan sendirinya.

3. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Meningkatkan rasa percaya diri yang kita miliki adalah cara lain untuk menghadapi rasa takut dalam diri kita. Anda bisa melakukan banyak hal. Mulai dari, giat belajar untuk mengatasi rasa takut gagal, tambah pengetahuan, belajarlah ilmu bela diri, jalani gaya hidup sehat untuk mengatasi rasa takut akan sakit, kematian, dan lain-lain.

4. Bersikap Positif

Untuk mengatasi rasa takut mati atau takut akan ke gagal, takut menjadi bahan gunjingan, takut berdosa, dan takut salah, biasanya dapat diatasi apabila kita bisa berpikir dan bersikap positif serta cenderung lebih suka berbuat baik. Perasaan takut mati, perasaan takut difitnah dan lain-lain merupakan perasaan-perasaan yang seringkali muncul apabila kita sering berpikir negatif, berbuat hal-hal yang negatif, tidak jujur, atau sering melanggar norma atau peraturan.

5. Terima Kenyataan

Tentunya kita harus bisa menerima kenyataan. Menerima kenyataan akan lebih mudah untuk membuat anda merasa tenang dan lebih siap untuk menghadapi ketakutan. Maka dari itu, sangat penting untuk mengingat kejadian buruk yang sudah terjadi dengan wajar dan mengetahui tidak semua hal yang ada di dunia ini Anda kendalikan.

6. Kenali Pemicu Rasa Takut

Anda Untuk bisa mengatasi ketakutan berlebihan, Anda sebelumnya harus tahu dulu apa yang jadi pemicu dan apa saja gejala yang ditunjukkan ketika merasa takut. Dengan begitu Anda akan jadi lebih mudah memfokuskan diri untuk mencari cara mencegah dan mengurangi masalahnya, daripada menghindari yang nantinya akan berbuah negatif.

7. Gunakan Alam Sebagai Terapis

Berbicara dengan terapis adalah cara terbaik untuk mengatasi ketakutan dan kecemasan. Namun, jika tidak bisa melakukannya, Anda juga bisa berjalan-jalan diluar. Keindahan alam yang ditemukan di taman, halaman belakang, atau di mana pun yang tampak alami dan asri akan membantu mengurangi gejala ketakutan dan kecemasan. Alam menenangkan seseorang, mengurangi tingkat stres dan mengubah suasana hati dari cemas menjadi santai.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru