7 Cara Merawat Sepatu Kulit Yang Tepat Supaya Tetap Awet, Ampuh!

Admin 0 Komentar

Sepatu jenis kulit cukup populer, namun tak banyak orang mengetahui tips merawat sepatu kulit agar tetap awet.

INDIFFS.COM – Bagi sebagian orang, sepatu adalah fashion item wajib yang bisa menambah kepercayaan diri saat tampil di depan publik. Maka tak heran, jika setiap orang sangat memperhatikan jenis sepatu yang mereka gunakan. Namun, jika dilihat dari jenis bahan ada banyak sekali jenis sepatu, salah satunya yaitu jenis kulit. Sepatu jenis kulit ini cukup populer, namun tak banyak orang mengetahui cara merawat sepatu kulit agar tetap awet.

Tips Merawat Sepatu Kulit

Apabila ingin sepatu kulit yang kamu miliki tetap awet, lakukan beberapa tips dalam merawatnya berikut ini.

1. Simpan di Tempat Kering

Sebaiknya kamu menyimpan sepatu kulit di tempat kering yang aman dari jangkauan sinar matahari dan juga lembab. Meletakkan sepatu di bawah sinar matahari langsung dapat merusak warna dan tekstur sepatu. Begitu juga dengan meletakkannya di tempat yang lembab.

2. Pencucian yang Tepat

Saat sepatu terkena kotoran, cukup bersihkan menggunakan lap basah atau produk pembersih khusus sepatu kulit. Hindari mengguyur sepatu dengan air, karena sepatu yang sangat sering terkena air maka bisa terkelupas. Disarankan juga untuk memberikan water resistant spray agar lebih terjaga.

3. Hindari Membungkus Sepatu Kulit dengan Plastik

Bahan plastik yang menempel pada bahan kulit dapat membuat warna dari kulit menjadi pudar dan kusam. Plastik juga dapat mempercepat tumbuhnya jamur pada permukaan sepatu karena udara lembap yang terjadi saat sepatu dibungkus menggunakan plastik. Kamu dapat menggunakan dust bag sebagai pembungkus sepatu kuli sebelum nantinya diletakkan di dalam kotak sepatu.

4. Bersihkan dengan Lotion Khusus

Tips selanjutnya dalam merawat sepatu kulit yang tepat yaitu membersihkannya dengan menggunakan lotion khusus pembersih sepatu. Untuk menjaga sepatu kulit agar tetap bagus, pastikan kamu memperhatikan cara membersihkannya agar tidak terlalu keras.

Cukup dengan menepuk-nepuk spons yang sudah kamu berikan lotion khusus sepatu. Jangan sampai kamu salah langkah dengan memilih membersihkan sepatu menggunakan lap basah. Hal ini tidak disarankan karena dapat membuat kulit sepatu jadi pecah-pecah.

5. Tambahkan Gel Silika

Masukkan gel silika ke dalam sepatu kulit saat kamu akan menyimpannya. Gel silika berfungsi untuk menyerap kelembapan dari udara yang ada di sekitar tempat penyimpanan. Karena kondisi udara yang lembap berisiko membuat bahan kulit mudah teroksidasi sehingga memicu timbulnya jamur, bakteri, dan perubahan warna bahan. Dengan mengikuti tips merawat sepatu kulit agar tidak bau yang satu ini, dijamin sepatumu terhindar dari jamur atau bau apek.

6. Pakai Ganjalan Sepatu

Tips merawat sepatu kulit agar tetap awet yang lainnya yaitu cobalah gunakan ganjalan sepatu yang terbuat dari kayu untuk menjaga sepatu kulit kamu tahan lama. Penggunaan ganjalan ini tidak hanya dapat menyerap kelembapan dari dalam sepatu, tetapi juga menjaga sepatu agar tetap pada bentuknya.

7. Keluarkan Sepatu Kulit Dua Minggu Sekali

Memilliki sepatu kulit membutuhkan perawatan detil. Supaya harga yang mahal tidak jadi sia-sia, kamu harus rajin mengeluarkan sepatu kulit milikmu dari kotaknya minimal 2 minggu sekali.

Bahan kulit juga membutuhkan suhu udara normal untuk menjaga permukaannya tetap kering dan tidak lembap. Penyimpanan yang terlalu lama akan membuat sepatu kulit lembap sehingga membuat permukaannya mudah mengelupas dan berbau tidak sedap.

Nah, demikian beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam merawat sepatu kulit supaya tetap awet. Semoga membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru