7 Cara Mudah Membersihkan Sofa Kulit, Dijamin Kembali Kinclong!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Bingung bagaimana cara membersihkan sofa berbahan kulit? Jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tak keliru.

INDIFFS.COM – Memiliki sofa yang berbahan kulit menjadi incaran bagi sebagian orang. Hal ini karena sofa berbahan kulit dianggap sulit kotor dan anti air ketimbang sofa kain. Maka tak heran kebanyakan orang memilihnya, namun perlu diperhatikan cara perawatan atau membersihkan sofa kulit ini berbeda dengan sofa kain.

Terlebih, sofa ini memiliki material berbahan kulit sehingga bagi siapapun yang ingin membersihkannya pun harus berhati-hati dan tidak bisa menggunakan lap basah saja. Karena memang, membersihkan kursi sofa membutuhkan teknik yang sesuai dengan bahan dasarnya.

Cara Membersihkan Sofa Kulit

Sofa kulit merupakan salah satu furnitur yang membutuhkan perawatan khusus. Materialnya yang terbuat dari kulit, membuat banyak orang segan untuk membersihkan sofa ini.

Namun jangan khawatir, berikut ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan:

1. Bersihkan Kotoran dengan Pembersih Kering

Ada baiknya sofa kulit dibersihkan dengan pembersih lap kering. Namun, jika tidak ada kain atau lap kering yang bersih, kamu bisa menggunakan alat pembersih kering lainnya seperti kemoceng.

Akan tetapi, alangkah lebih baik lagi jika kamu mengelap bagian debu yang menempel menggunakan kain agar lebih bersih. Ini menjadi cara pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan langkah lainnya.

2. Gunakan Penyedot Debu

Ini dilakukan agar debu yang berada di sudut sofa bisa terangkat dan menghilang. Pastikan pula semua permukaan sofa telah bersih dan tidak ada bagian yang terlewatkan. Kamu juga bisa menggunakan pipa dengan ujung mungil untuk menjangkau bagian dalam dan lipatan pada sofa. Selain itu, bersihkanlah dengan hati-hati, agar kulit sofa tidak tergores.

3. Gunakan Kain yang Lembap dengan Air Hangat

Salah satu masalah yang sering terjadi pada sofa berbahan kulit ialah jamur. Untuk itu, kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan kain yang agak lembab. Ini bertujuan agar kain yang lembap mampu mengangkat jamur pada sofa. Terlebih, kamu juga bisa menggunakan air hangat dengan saddle soap agar dapat menghilangkan noda yang membandel.

4. Gunakan Pembersih Khusus Material Kulit

Memang kursi sofa ini dibersihkan menggunakan cara perawatan yang khusus, dalam hal ini ada pembersih khusus material kulit bisa kamu gunakan. Penggunaan pembersih khusus ini juga agar tetap menjaga warna yang pada sofa kulit.

Caranya juga mudah, yakni dengan mengaplikasikan lotion pembersih menggunakan spons atau kain lap yang lembut dengan gerakan memutar. Setelah itu, angkat kotoran menggunakan kain bersih. Namun perlu dipastikan, kain yang digunakan merupakan kain yang tidak berwarna, agar menghindari perubahan warna pada sofa.

5. Gunakan Cuka Apel

Kamu bisa memanfaatkan cuka apel ini sebagai bahan alternatif untuk menghilangkan noda yang membandel. Terlebih pada kulit sintetis cairan cuka apel ini sangat berguna. Caranya juga mudah yakni dengan mencampurkan cuka apel dengan air dan larutkan. Kemudian masukkan kain lap ke dalam campuran air cuka tadi kemudian gosokkan ke area noda. Gosok hingga secara perlahan hingga noda yang menempel hilang.

6. Gunakan Pelembab

Agar kursi kulit tetap bersih dan kinclong  ada baiknya kamu menambahkan pelembab supaya kelembapannya terjaga dan tidak kering. Selain itu, pelembab juga digunakan agar material kulit tidak mudah pecah-pecah dan mengering. Terlebih pelembab juga bisa mengembalikan aroma alami pada bahan kulit.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan sofa dengan material kulit, dimana perawatannya sedikit berbeda dengan sofa berbahan dasar lainnya. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru