7 Cara Mudah Mengatasi Anak Picky Eater, Ibu Wajib Tau!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Tak sedikit orang tua yang kesulitan menghadapi anak yang picky eater. Untuk itu, lakukan beberapa Cara ini untuk mengatasi Anak Picky Eater.

INDIFFS.COM – Mungkin sebagian anak pernah mengalami kesulitan makan? Itulah yang disebut dengan anak picky eater. Dimana ini merupakan kondisi anak yang suka pilih-pilih terhadap makanan. Tentunya dalam hal ini harus melakukan berbagai cara agar bisa mengatasi anak yang mengalami picky eater.

Karena pasalnya, kebiasaan suka pilih-pilih makanan ini tentu bisa membuat anak menjadi kekurangan nutrisi tertentu. Terlebih ketika menghadapi masalah tersebut, orangtua terkadang panik karena anak terkesan tidak mau makan.

Ya, meski merepotkan bahkan terkadang membuat jengkel orang tua, namun pilih-pilih makanan atau picky eater ini adalah fase yang wajar, dimana ini menjadi masa tumbuh kembang anak. Biasanya, kebiasaan ini pun bisa hilang seiring waktu.

Namun, tentu kondisi ini juga perlu diperhatikan, karena jika tidak, mungkin anak akan mengalami kekurangan makanan yang mengandung nutrisi. Hingga pada akhirnya kondisi ini bisa membuat anak menjadi mudah sakit.

Cara Mengatasi Anak Picky Eater

Untuk mengatasi kondisi anak yang suka pilih-pilih makanan ini, tentunya membutuhkan kesabaran. Namun, dalam hal ini kamu jangan perlu khawatir, karena ada beberapa cara lain yang perlu dilakukan, agar anak tidak pilih-pilih makanan.

1. Sajikan Makanan Dengan Menu Menarik

Kondisi dimana anak suka pilih-pilih makanan ini mungkin karena anak merasa bosan dengan sajian makanan yang itu-itu saja. Untuk itu cobalah sajikan makanan dengan variasai dan menu yang menarik.

Karena memang pasalnya anak menyukai sesuatu hal yang unik, kamu juga bisa membuat makanan dengan tema super hero atau animasi lainnya sekreatif mungkin. Dengan cara ini kemungkinan akan membuat anak tertarik untuk mencoba sajian makanannya.

2. Jangan Paksa Anak Untuk Makan

Jangan memaksa anak untuk makan ketika ia masih dalam kondisi tidak lapar. Pasalnya sering terjadi pada orang tua yang memaksa anaknya untuk mencuci piringnya setelah makan.

Tentunya hal ini, bisa menciptakan suasana yang tegang. Dimana akan memicu terjadinya adu mulut ketika sedang makan di meja makan. Jika sudah begitu, mungkin anak akan cenderung lebih mengabaikan rasa kenyang dan laparnya sendiri.

Ini juga bisa membuatnya tidak nyaman dan mungkin akan terus menolak untuk mengonsumsi makanan tersebut di kemudian hari.

3. Jangan Larang Anak Untuk Menyentuh Makanannya

Ketika makanan telah disajikan, jangan larang anak untuk menyentuh makannya. Karena memang halnya seperti orang dewasa. Dimana anak kecil bisa saja enggan untuk memakan sesuatu yang belum benar-benar dikenalnya.

Untuk itu kamu bisa mencoba untuk mengatasi hal ini dengan menghilangkan rasa penasaran nya. Dengan cara cobalah beri kesempatan anak untuk menyentuh langsung dan mengenali makanannya sebelum menyuapinya.

4. Buatlah Jadwal Makan Yang Rutin

Cara selanjutnya ialah dengan membuat jadwal makanan yang rutin, namun pastikan jadwal makanan tersebut dengan menu yang bervariasi. Hal ini dilakukan agar anak dapat mengonsumsi makanan yang seimbang. Misalnya coba sajikan makanan berat dan camilan pada waktu yang sama setiap hari.

Hal tersebut juga dilakukan agar makanan yang mengandung nutrisi dikonsumsi oleh anak. Karena jika anak terus-terusan minum jus, susu, atau makan camilan sepanjang hari, ini bisa menurunkan nafsu makan anak saat waktu makan tiba.

5. Ajak Anak Untuk Menyiapkan Makanan

Jika anak sering melakukan pilih-pilih makanan, cobalah ajak anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang berhubungan dengan makanan keluarga. Untuk itu coba ajak anak pergi ke pasar atau supermarket.

Coba juga untuk meminta bantuan kepada anak dalam memilih buah-buahan, sayuran, dan makanan sehat lainnya waktu belanja bersama. Tentunya ini akan membuat anak bersemangat dan anak menambah nafsu makan.

6. Matikan Televisi

Cara selanjutnya ialah dengan tidak melakukan kegiatan yang akan mengganggu aktivitas makan pada anak. Seperti tayangan televisi atau elektronik lainnya. Karena dengan mematikan televisi ini akan membuat anak lebih fokus.

Mengingat bahwa jika anak menyaksikan tayangan televisi, ini akan membuat anak tidak fokus pada makanan yang dikonsumsinya. Sehingga, anak akan menghindarinya dan lebih memilih fokus untuk menyaksikan tayangan televisi.

7. Cari Teman Makan Bersama

Apabila anak menolak untuk makan, cobalah untuk mencari teman makan yang dimana anak akan menyukai makanan tersebut. Tentunya dengan cara ini, anak akan menarik perhatian ketika makan dengan makanan yang disukainya.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan, diharapkan dengan cara tersebut anak picky eater perlahan-lahan akan terbuka dari berbagai jenis makanan dan tidak kan pilih-pilih makanan lagi.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru