7 Cara Perawatan Wajah Alami Untuk Kulit Remaja, Yuk Coba!

Resa Azzahra 0 Komentar

Perawatan wajah yang diutamakan adalah dengan menggunakan tabir surya di pagi hari, serta beberapa cara yang kami bahas dalam ulasan berikut

Indiffs – Masa remaja merupakan masa perubahan fisik yang signifikan. Ini termasuk proses pubertas, yang disebabkan oleh peningkatan produksi hormon yang dimulai sekitar usia 11-12 tahun. Anak beranjak remaja membutuhkan perawatan wajah yang esktra. Sebab, di masa ini kulit mengalami pergantian lapisan kulit.

Dan ternyata tak semua produk perawatan dapat digunakan untuk kulit remaja. Pasalnya dengan menggunakan sabun atau toner secara sering dapat mengakibatkan kulit menjadi mengering dan dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Perawatan wajah yang diutamakan adalah dengan menggunakan tabir surya di pagi hari, serta ada beberapa perawatan lainnya agar kulit remaja tetap terjaga.

Lantas apa sajakah yang perlu digunakan oleh remaja? Simak berikut ini ya:

1. Rutin Membersihkan Wajah

Jika seorang gadis remaja memakai make up, yang terbaik adalah menghapus riasan mata terlebih dahulu, kemudian bersihkan dengan gel atau pembersih berbusa, Dan sebaiknya jika memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya gunakan pembersih berbusa maupun gel untuk perawatan kulit sehari-hari. Sedangkan jenis kulit kering, cobalah untuk membersihkan dan lembab kan seperti susu.

2. Menggunakan Tabir Surya

Jika terlalu sering terkena paparan sinar matahari dapat menjadi pemicu atau risiko memperburuk jerawat pada beberapa orang. Karena sinar matahari dapat merusak kulit dan dapat meningkatkan peradangan serta membuat kulit rentan berjerawat. Dengan mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 maupun yang lebih tinggi dan pilih produk yang tak menyebabkan iritasi kulit.

3. Hindari Menekan Jerawat

Jangan pernah memencet jerawat yang tengah aktif di wajah. Karena hal ini akan berdampak pada infeksi pada kulit. Dengan memencet jerawat, kemungkinan besar akan mendorong sebagian yang ada di dalamnya dan meningkatkan peradangan. Sebaiknya gunakan obat jerawat yang efektif untuk menghilangkan nya.

4. Menjaga Kebersihan Tangan

Dengan menjaga kebersihan tangan adalah hal yang paling utama untuk menghindari pertumbuhan bakteri pada wajah. Sebaiknya, cuci tangan sebelum menyentuh area kulit wajah atau mengaplikasikan riasan wajah. Lebih baik cuci tangan menggunakan sabun jika dibanding kan dengan hand sanitizer.

5. Hapus Riasan Sebelum Tidur

Membersihkan riasan sebelum tidur itu penting untuk kesehatan kulit. Karena jika tidur dengan make up akan menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan munculnya jerawat. Hal ini memang sering kali dilupakan, akan tetapi sebaiknya bersihkan dahulu riasan sebelum tidur dan hindari penggunaan riasan yang berlebihan di siang hari, apalagi ter papar sinar matahari.

6. Tidak Menggunakan Make-up Bersama Orang Lain

Berbagi produk make up dengan orang lain dapat menyebabkan timbul jerawat pada wajah,  jerawat tidak menular, namun saat berbagi produk make up ini dapat memicu tumbuhnya bakteri penyebab jerawat. Saat menggunakan riasan itu, dapat memindahkan bakteri, minyak, dan sel kulit mati orang lain ke kulit kita. Ini dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat.

7. Menggunakan Masker Wajah

Hal yang satu ini jangan pernah ter lewatkan. Karena perawatan wajah remaja dengan rutin menggunakan masker wajah dapat menyamarkan noda atau flek hitam pada wajah akibat jerawat. Pilihlan jenis masker wajah dengan kondisi kulit. Misalnya sheet mask untuk kulit kering, sedangkan clay mask untuk kulit yang cenderung berminyak dan berjerawat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru