7 Cara Pertolongan Pertama Angin Duduk, Fatal Jika Terlambat!

Resa Azzahra 0 Komentar

Ada beberapa cara pertolongan pertama angin duduk yang perlu diketahui dan dilakukan segera sebelum akhirnya terlambat. Yuk cari tau!

Indiffs – Angin duduk adalah gejala dari masalah jantung, atau masalah jantung koroner. Kondisi ini ditandai dengan nyeri dada seperti ditekan maupun sesak. Jika kamu mengalami dada nyeri serasa berat yang menekan dada mu, sebaiknya kamu perlu melakukan pertolongan pertama pada gejala angin duduk. Pasalnya, mungkin saja kamu mengalami angina atau yang lebih dikenal banyak orang sebagai angin duduk.

Angin duduk menyebabkan aliran darah menuju jantung terhambat. Inilah yang menyebabkan angin duduk menjadi salah satu gangguan jantung yang cukup berbahaya karena dapat mengakibatkan serangan jantung pada pengidap nya. Sebaiknya ketahui langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika mengalami angin duduk.

Pertolongan Pertama Angin Duduk

Penyebab angin duduk atau angina pectoris ini disebabkan oleh pembuluh darah jantung (koroner) yang mengalami penyempitan. Pembuluh darah jantung ini berfungsi untuk mengalirkan darah yang kaya akan oksigen ke otot jantung, agar jantung dapat memompa darah dengan baik. Kamu juga perlu mengetahui pertolongan pertama angin duduk berikut ini:

  • Menggunakan Minyak Angin

Minyak angin ini bisa digunakan sebagai pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan. Rasa hangat yang di hasilkan dari minyak angin akan membantu tubuh untuk lebih relaks, sehingga suplai darah dan oksigen ke jantung akan lebih lancar. Kamu bisa membalurkan-nya ke punggung, dada dan perut. 

  • Menggunakan Air Hangat

Air hangat ini dapat membantu merelaks kan otot pada bawah dada. Kamu dapat menggunakan air hangat dengan menggunakan botol yang berisikan air hangat, bungkus dengan handuk lalu tempel kan pada bawah dada.

Dan jangan lupa untuk meletakkan botol air hangat ini pada telapak kaki. Hal ini juga bisa menjadi pertolongan pertama dalam mengatasi angina, sehingga pengidap akan mengalami angin duduk yang lebih relaks.

  • Rutin Berolahraga

Dengan melakukan olahraga secara rutin yang dapat mendorong jantung agar berdetak lebih lambat, sehingga tekanan darah akan tetap terkendali. Jantung akan bisa melakukan pekerjaannya lebih baik dalam menarik oksigen darah. 

Dan olahraga yang disarankan adalah jenis aerobik, karena olahraga ini akan meningkatkan aliran darah dari O2 ke jantung pada saat istirahat dan saat beraktivitas harian, seperti naik tangga atau membawa belanjaan. Kamu juga dapat bermain sepeda serta olahraga air yang dapat dilakukan secara kontinu. Dengan awal durasi 15 menit, lalu meningkatkan jadi 60 menit dalam 5 hari atau seminggu.

  • Mengonsumsi Makanan Sehat

Sebaiknya penderita angin duduk kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, karena hal ini dapat menyumbat aliran darah, sehingga mudah terkena angin duduk. Untuk itu kamu perlu mengkomsumsi buah serta sayuran karena sedikitnya kandungan kolesterol akan membuat tubuh tetap terjaga dari angin duduk.

  • Hentikan Beraktivitas dan Istirahat

Kamu juga perlu beristirahat dan hentikan segala aktivitas yang dapat meningkatkan nyeri pada dada. Kamu juga bisa beristirahat dengan berbaring dalam kondisi kepala lebih tinggi daripada tubuh lainnya. Kamu dapat melakukannya dengan menyangga kepala dengan beberapa tumpukan bantal.

  • Mengonsumsi Obat

Jika kamu sudah pernah mengalami angin duduk dan sudah pernah di tangani oleh dokter, ikuti anjuran yang sudah dokter beri tahukan. Pastinya dokter sudah memberikan resep obat aspirin atau nitrogliserin. Minumlah obat aspirin dengan menelan atau mengunyah nya. Obat ini akan membantu kamu dalam mengurangi penggumpalan darah, sehingga darah bisa mengalir lebih mudah.

  • Cari Pertolongan

Kamu bisa berteriak dan memanggil orang yang tinggal serumah, atau menghubungi teman, kerabat, maupun tetangga untuk mengantar ke rumah sakit terdekat. Dan sebaiknya pengidap tidak menyetir ke rumah sakit seorang diri. Ingat, kegiatan ini bisa merugikan diri maupun orang lain. Misalnya, apabila kondisi kamu memburuk dalam perjalanan dan terjadi kecelakaan.

Kamu juga bisa hubungi ambulans di nomor 118 atau 119 untuk meminta bantuan medis. Langkah ini sangat penting sebagai pertolongan pertama angin duduk karena kondisi ini bisa menyebabkan atau menjadi gejala awal serangan jantung. Bila menghubungi ambulans terlalu sulit, tetaplah berusaha mencari bantuan dengan cara lain.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pertolongan pertama. Jangan sampai telat, karena hal ini dapat mengakibatkan fatal.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru