7 Cara Sukses Meningkatkan Kemampuan Skill Komunikasi

Wiwin Indriani 0 Komentar

Cara berkomunikasi akan memberi pengaruh baik pada pekerjaan. Berikut ini cara meningkatkan skill komunikasi untuk kesuksesan karier

INDIFFS.COM – Skill komunikasi adalah kemampuan yang kamu gunakan saat memberi dan menerima berbagai jenis informasi. Perlu bagi kamu untuk mengetahui cara meningkatkan skill komunikasi. Kemampuan berkomunikasi secara efektif menjadi keahlian penting saat ini karena komunikasi merupakan sebuah proses dinamis dimana cara berkomunikasi akan memberi pengaruh baik atau buruk pada pekerjaan maupun kehidupan kamu.

Cara Meningkatkan Skill Komunikasi

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan skill komunikasi yang dapat kamu lakukan:

1. Mendengarkan Secara Aktif

Mendengarkan secara aktif berarti memperhatikan dengan seksama bersama siapa kamu berkomunikasi dengan melibatkan mereka, mengajukan pertanyaan dan menyusun ulang kata-kata. Berlatih mendengarkan secara aktif dapat membangun rasa hormat dengan rekan kerja kamu dan meningkatkan pemahaman ditempat kerja. 

Saat mendengarkan secara aktif, fokuslah pada pembicara dan hindari gangguan seperti ponsel atau laptop. Tingkatkan keterampilan mendengarkan aktif kamu dengan memperhatikan apa yang kamu katakan selanjutnya, fokuslah pada apa yang dikatakan orang lain dan bagaimana mereka bicara. Jika kamu perlu mengklarifikasi sesuatu, ajukan pertanyaan lanjutkan atau ulangi apa yang mereka katakan untuk mengkonfirmasi bahwa kamu memahaminya dengan benar.

2. Komunikasi Nonverbal

Komunikasi nonverbal adalah metode berkomunikasi dengan orang lain tanpa menggunakan kata-kata, melainkan tindakan. Misalnya, menggunakan gerakan tangan untuk menunjuk dan meminta sesuatu, melakukan kontak mata, bahasa tubuh, intonasi suara.

Salah satu studi menemukan bahwa komunikasi nonverbal menyumbang 55% dari bagaimana audiens memandang presenter. Artinya, sebagian besar perkataan kamu dikomunikasikan bukan melalui kata-kata, melainkan melalui isyarat fisik. Untuk berkomunikasi dengan jelas dan percaya diri, lakukan postur yang benar. Hindari membungkuk, melipat lengan, atau membuat diri kamu tampak lebih kecil dari yang sebenarnya. Sebaliknya, penuhi ruang yang diberikan, pertahankan kontak mata dan jika perlu bergeraklah disekitar ruang.

3. Ringkas dan Jelas

Cara meningkatkan skill komunikasi yang lainnya yaitu berbicara secara ringkas dan jelas. Ketika sedang berbicara, usahakan untuk bicara dengan jelas, berartikulasi dan ringkas. Banyak bicara tidak berarti sudah cukup merangkum pesan yang ingin disampaikan. 

4. Perluas Jaringanmu

Semakin luas jaringanmu, kamu dapat meningkatkan skill komunikasi dengan berbagai orang, baik itu didalam maupun luar kantor. Langkah tersebut akan membuat kamu semakin baik dalam meniti karier ke depannya.

Selain bisa meningkatkan skill komunikasi karena banyak jaringan, kamu juga bisa mendapatkan wawasan yang luas dari berbagai orang yang kamu kenal.

5. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi agar bisa berkomunikasi efektif, menghindari stres, mengatasi tantangan, dan empati terhadap orang lain. Keahlian ini bisa dipelajari dari waktu ke waktu dan tidak didapatkan secara instan karena melibatkan beberapa aspek seperti kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial dan pengelolaan hubungan dengan orang lain.

6. Minta Feedback Orang Lain

Cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi adalah dengan meminta feedback dari orang lain, baik dari teman, rekan kerja, atau atasan. Feedback dari orang lain dapat memberitahu aspek apa saja yang bisa ditingkatkan darimu.

7. Hormat 

Aspek dari rasa hormat adalah mengetahui kapan harus memulai komunikasi dan merespons. Dalam pengaturan tim kelompok, membiarkan orang lain berbicara tanpa gangguan dipandang sebagai keterampilan komunikasi yang diperlukan terkait dengan rasa hormat.

Berkomunikasi dengan hormat juga berarti menggunakan waktu kamu dengan orang lain secara bijaksana tetap pada topik, mengajukan pertanyaan yang jelas, dan menanggapi sepenuhnya setiap pertanyaan yang diajukan kepada kamu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru