7 Cara Untuk Mengatasi Rasa Sakit Pada Tulang Belikat

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Lakukan cara berikut untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri pada tulang belikat, yang salah satunya disebabkan oleh ketegangan pada otot.

INDIFFS.COM – Perlu diketahui beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk mengatasi dan menghilangkan rasa sakit pada tulang belikat. Karena pasalnya, jika kamu mengalami sakit pada tulang belikat, ini bisa menjadi pertanda peradangan atau trauma pada area bahu.

Itulah sebabnya, rasa sakit yang dialami di area ini bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti ketegangan otot ringan. Biasanya pada kasus yang serius, sakit tulang belikat ini bisa menjadi tanda masalah jantung, paru-paru, atau kanker.

Tentunya ini terjadi karena adanya penyebab yang dialami, diantaranya karena kebiasaan buruk, seperti duduk terlalu lama, mengangkat beban yang terlalu berat, dan berolahraga secara berlebihan. Sehingga ini akan membuat otot terlalu tegang dan punggung pun bisa mengalami cedera.

Meskipun sering di bilang sepele, rasa nyeri pada tulang belikat ini bisa berakibat fatal. Untuk itu, perlu di ketahui beberapa cara untuk bisa mengobatinya.

Cara Mengatasi Sakit Tulang Belikat

Lakukan cara berikut untuk bisa menghilangkan rasa nyeri pada tulang belikat.

1. Istirahat yang Cukup

Rasa sakit pada tulang belikat ini salah satu penyebabnya karena, kamu melakukan pekerjaan yang menggunakan aktivitas tangan seperti mengangkat beban yang berat. Maka dari itu, untuk bisa menghilangkan rasa sakit pada tulang belikat kamu perlu beristirahat yang cukup.

Dengan memperbanyak istirahat yang cukup, setidaknya ini dapat membantu dan mempercepat proses pemulihan.

2. Mengompresnya dengan Air Dingin atau Panas

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan rasa sakit pada tulang belikat ialah Kompres menggunakan air dingin atau hangat. Dengan mengaplikasikan kompresan air pada area tulang belikat yang terasa nyeri, ini bermanfaat untuk mengurangi ketidaknyamanan serta meredakan rasa nyeri.

3. Memijat Area Tulang Belikat

Dengan pijatan lembut di area tulang belikat, ini bisa membantu otot yang kaku menjadi lebih rileks dan mampu mengatasi rasa nyeri yang muncul karena aktivitas otot yang berlebihan. Dengan cara memijat juga, sangat membantu untuk mengurangi ketidaknyamanan, terutama bila rasa nyeri disebabkan oleh penggunaan otot yang berlebihan atau karena cedera.

4. Lakukan Peregangan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghilangkan rasa nyeri pada tulang belikat ialah dengan melakukan peregangan. Dengan melakukan peregangan dapat meningkatkan sirkulasi ke otot dan persendian sehingga membantu menghilangkan rasa sakit.

Kamu juga bisa melakukan yoga sebagai salah satu teknik peregangan. Dengan teknik ini akan membuat tubuh terasa lebih nyaman serta otot yang kaku menjadi lebih rileks.

5. Olahraga

Aktivitas fisik ini sangat lah penting bagi kesehatan tubuh, dan dengan melakukan olah raga juga bisa menghilangkan rasa nyeri pada otot. Termasuk rasa sakit yang kamu alami pada tulang belikat, dengan melakukan olah raga ringan seperti Push up, pull up, dan sit up, dapat memperkuat otot yang berada di punggung serta dapat membantu meredakan nyeri.

6. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi ini mampu menjaga kesehatan tubuh kamu. Sehingga, tidak akan mudah terjadi sakit, termasuk pada otot. Karena, mengonsumsi makanan yang bergizi ini mampu mengatasi masalah kesehatan ini dengan efektif.

Adapun makanan yang baik dikonsumsi untuk bisa menghilangkan rasa nyeri ialah makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan salmon, karena ini dapat membantu meredakan rasa nyeri yang muncul.

7. Obat Penghilang Rasa Nyeri

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan jika rasa nyeri masih tetap terasa pada tulang belikat, kamu bisa menggunakan obat penghilang rasa nyeri. Kamu juga bisa menggunakan obat oles sebagai penghilang rasa nyeri. Dengan pengaplikasian obat oles ini mampu menghilangkan rasa ketidaknyamanan serta membantu menghilangkan rasa sakit pada tulang belikat.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati rasa nyeri pada tulang belikat. Namun perlu diperhatikan rasa sakit pada tulang belikat ini tidak akan muncul begitu saja tanpa penyebab.

Adapun beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit pada tulang belikat ini biasanya karena duduk terlalu lama, dan sering mengangkat beban yang berat.

Namun, jika rasa sakit pada tulang belikat ini tidak kunjung membaik atau semakin memburuk sebaiknya kamu harus periksakan diri pada dokter.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru