7 Ciri-Ciri Stres Pada Anak Yang Wajib Diketahui Orang Tua

Admin 0 Komentar

Stres tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, anak-anak juga bisa mengalaminya. Ketahui ciri-ciri stres pada anak berikut ini

INDIFFS.COM – Stres tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, anak-anak juga bisa mengalaminya. Namun, stres bisa menjadi pendorong diri yang positif ketika anak memiliki dukungan yang cukup. Sebaliknya, ketika stres terlalu intens dan lama serta tidak ada dukungan keluarga, stres pada anak dianggap sebagai stres toxic. Oleh karenanya, sebagai orang tua wajib mengetahui ciri-ciri stres pada anak.

Ciri-ciri Stres Pada Anak

Sudah menjadi tugas orangtua untuk membantu mengenali gejala atau ciri-ciri stres pada anak. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ciri-ciri anak mengalami stres yang perlu segera disadari:

1. Lebih Emosional

Salah satu ciri yang paling mudah di deteksi adalah perubahan kondisi emosional anak. Anak yang mengalami gejala stres akan cenderung lebih emosional dari sebelumnya. Ia akan mudah marah, menangis, mengeluh serta membantah segala perkataan orang di sekitarnya.

Ia juga akan cenderung mudah takut terhadap segala sesuatu, dari hal besar hingga hal sepele sekalipun. Seperti takut ditinggal orangtua, takut ketika berhadapan dengan orang asing, hingga takut akan gelap. Jika biasanya anak cenderung berani, lalu tiba-tiba menjadi mudah takut seperti ini, hati-hati. Bisa jadi itu merupakan tanda bahwa anak mengalami stres yang sudah cukup parah.

2. Mudah Tersinggung

Ketika anak mudah meledak emosi nya dan mudah merasa tersinggung, mungkin ada yang tidak beres. Ciri stres pada anak sering ditampakkan sebagai perasaan marah dan iritabilitas.

Coba perhatikan ketika anak meledak emosi nya pada hal-hal yang biasanya tidak mengganggunya. Perubahan stabilitas emosi secara drastis dan mendadak tersebut perlu diwaspadai sebagai ciri-ciri anak sedang stres.

3. Menghindari Interaksi dengan Orang lain

Saat dilanda stres, anak mungkin memilih untuk menghindari interaksi dengan keluarga atau teman-temannya. Perhatikan apakah anak selalu menghindar ketika Anda bertanya, tidak mau diajak makan atau pergi bersama, atau lebih sering menghabiskan waktu sendirian di kamar.

Begitu juga perubahan saat anak jadi jarang bermain dengan teman-temannya. Ciri-ciri tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ada yang sedang ia alami atau pikirkan sehingga membuat anak menjadi stres.

4. Mengalami Gangguan Tidur

Seperti halnya pada orang dewasa, stres pada anak juga akan menimbulkan gangguan pola tidur. Ia akan mengalami sulit tidur, atau sering terbangun tiba-tiba di tengah malam karena mimpi buruk.

5. Kemunduran Kemampuan

Usia yang berbeda akan memunculkan gejala stres yang berbeda pula pada anak. Khusus anak usia dini, kemunduran kemampuan juga menjadi salah satu tanda stres pada anak yang umum.

Misalnya, anak yang sebelumnya sudah lancar memakai toilet tiba-tiba sering mengompol lagi. Anak-anak yang tadinya mampu bersabar tiba-tiba kembali sering tantrum juga perlu dicurigai sebagai gejala stres pada anak.

6. Perubahan Nafsu Makan

Nafsu makan anak bisa naik atau menurun secara drastis karena stres. Bila anak susah makan karena tidak nafsu makan, ia mungkin saja beralasan bahwa makanannya tidak enak atau sedang tidak lapar. Sementara jika nafsu makannya naik, anak mungkin jadi lebih sering ngemil dan cepat lapar padahal sudah makan.

7. Sulit Konsentrasi

Anak yang mengalami gejala stres juga akan mengalami kesulitan ketika diharuskan untuk fokus dan konsentrasi terhadap sesuatu. Hal ini dapat terlihat dari tidakmampuan nya ia menerima instruksi yang diberikan padanya, atau dari bahasa tubuh seperti tatapan kosong dan selalu menunduk, ketika melakukan kegiatan yang membutuhkan fokus.

Kesulitan untuk bisa fokus dan konsentrasi ini juga akan berimbas pada nilai-nilai akademik anak di sekolah. Jika anak tiba-tiba mengalami penurunan prestasi, cobalah untuk mencari tahu apa penyebabnya, karena bisa jadi ia mengalami kesulitan untuk fokus dan konsentrasi, efek gejala stres yang dialami.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru