7 Ciri Penjilat Yang Dibenci Banyak Orang, Perlu Di Waspadai!

Admin 0 Komentar

Bagi Anda yang sedang dalam lingkungan kerja atau bermasyarakat, sangat penting untuk mengetahui ciri seorang penjilat agar bisa mewaspadainya.

INDIFFS.COMPenjilat adalah orang yang suka berbuat sesuatu untuk mencari muka atau mendapat pujian. Orang seperti ini tidak akan segan melakukan segala cara agar menjadi lebih dekat dengan pihak yang dirasanya menguntungkan, seperti atasan atau orang tertentu. Untuk mengetahuinya, simak ciri penjilat berikut ini.

1. Selalu Setuju Dengan Opini Orang Lain

Ciri pertama dari orang penjilat adalah dia akan selalu setuju dengan apa yang banyak orang katakan demi disukai. Idealnya, sedekat apapun hubungan seseorang justru semakin jujur dengan perbedaan opini. Bahkan, mereka bisa menghargai orang lain dengan menyampaikan ketidaksetujuan atas opini dan menyampaikan argumen versi mereka sendiri.

Beda lagi dengan penjilat, mereka tak akan segan setuju dengan segala opini atau selera orang yang menjadi targetnya bahkan membagikannya kepada orang lain dengan begitu antusias. Tak hanya soal opini, bisa merambah hingga ke gaya berbicara, selera interior, atau perilaku. Tujuannya tak lain untuk mengambil hati orang yang sedang didekati. Ketika merasa ada kesamaan minat, dari situ bisa terbentuk kedekatan.

2. Menyepelekan Orang Lain

Meskipun penjilat sangat pandai mengambil hati atau membuat targetnya terkesan, di saat bersamaan mereka juga bisa menyepelekan orang lain yang menurutnya tidak memberikan keuntungan. Misalnya kepada rekan satu kantor atau bawahan yang dirasa tidak signifikan, penjilat sangat bisa mengabaikan atau menganggap mereka tidak penting.

3. Menyombongkan Diri

Penjilat juga tidak akan segan menyombongkan dirinya secara berlebihan di depan banyak orang. Utamanya, ketika ada atasan atau target yang ingin dibuatnya terkesan. Perilaku penjilat yang seperti ini kerap membuatnya dijauhi karena tak segan mengambil kredit dari hal yang sebenarnya juga dilakukan oleh orang lain.

4. Bersikap Manis Jika Ada Maunya

Berlebihan dalam memuji dan bersikap manis juga merupakan salah satu ciri dari seorang penjilat, dan biasanya ia melakukan itu jika sedang ada yang diinginkan. Jadi dia berusaha mendapatkan hatimu dulu baru dia akan memanfaatkanmu.

5. Ingin Terlihat Paling Baik

Saat kumpul bersama teman, atau bersama rekan kerja yang juga menyertakan atasan di dalamnya maka seorang penjilat akan berusaha terlihat sebagai sosok yang paling baik dibanding yang lain. Baik itu dengan menyombongkan diri, atau menyepelekan orang lain agar dirinya terlihat lebih tinggi.

6. Hanya Berani Berargumen Kecil

Ciri lain dari penjilat adalah hanya berani berargumen untuk hal-hal kecil yang tidak signifikan. Tujuannya adalah agar muncul kesan bahwa dirinya juga punya prinsip. Mereka tak akan punya kemandirian atau keberanian untuk menentang ide besar, terutama dari atasan atau orang yang ingin didekati.

7. Memuji Berlebihan

Penjilat tidak akan segan memuji berlebihan segala hal yang melekat pada targetnya. Mulai dari hal sederhana seperti pakaian, selera makanan, ide, hingga hal besar lainnya. Tujuannya yaitu agar orang yang dipuji merasa senang dan akhirnya menjadi lebih dekat dengan penjilat. Namun hati-hati, pujian ini bisa jadi jauh dari kata tulus.

Nah itulah beberapa ciri penjilat yang dibenci banyak orang, serta perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru