7 Efek Begadang Bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Disepelekan!

Dini NHaH 0 Komentar

Efek begadang tidak hanya menimbulkan kantuk dan kelelahan, tetapi juga menyebabkan hipertensi, melemahnya sistem imun, dan mudah lupa.

INDIFFS.COMEfek begadang tidak hanya menimbulkan kantuk dan kelelahan, tetapi juga menyebabkan depresi, melemahnya sistem imun, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Maka dari itu, kebiasaan begadang sebaiknya Anda tinggalkan agar kesehatan tetap terjaga.

Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda, tergantung usia dan aktivitas sehari-hari. Waktu tidur yang cukup pada orang dewasa umumnya adalah sekitar 7-9 jam per hari, sedangkan anak-anak perlu tidur selama 10-13 jam setiap hari.

Efek Begadang bagi Kesehatan Tubuh

Mulai dari hipertensi hingga mengganggu fungsi kognitif, berikut adalah efek akibat sering begadang yang tak boleh disepelekan.

1. Hipertensi

Begadang mungkin merupakan rutinitas penting yang perlu dilakukan ketika ada deadline pekerjaan, film seru, atau hanya dilakukan untuk mengecek media sosial. Apapun alasannya, ternyata risiko begadang cukup serius dan salah satunya adalah naiknya tekanan darah atau hipertensi bagi wanita. Healthline juga menambahkan bahwa efek begadang bagi wanita adalah semakin besarnya risiko terkena serangan jantung dan stroke.

2. Meningkatkan Risiko Kecelakaan

Kurang tidur akibat begadang dapat meningkatkan risiko berbagai bentuk musibah. Tidak hanya itu, rasa kantuk juga dapat meningkatkan risiko kecelakaan saat mengemudi di jalan raya. Ditambah lagi, kurang tidur dan rendahnya kualitas tidur pun bisa mengakibatkan kecelakaan dan cedera di tempat kerja.

3. Mudah Lupa

Saat tidur, otak Anda akan mengalami proses regenerasi atau perbaikan yang membuat fungsinya tetap terjaga. Sebaliknya, ketika begadang, kinerja jaringan serta sel-sel saraf otak akan menurun. Akhirnya, secara tanpa sadar Anda pun lebih mudah lupa dari biasanya.

4. Peningkatan Berat Badan

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur atau sering begadang bisa mengalami kenaikan berat badan lebih banyak, jika dibandingkan dengan orang yang tidurnya cukup setiap hari. Hal ini dapat membuat orang yang sering begadang lebih berisiko mengalami obesitas.

5. Gangguan Mental

Begadang juga dikaitkan dengan kesehatan mental seseorang karena menurut Medical News Today, produksi hormon akan terganggu. Akibatnya, tubuh akan mengeluarkan hormon yang membuat stres, seperti hormon kortisol.

Tidak hanya itu saja karena menurut penelitian dari Italia di Jurnal Biomolecules pada tahun 2021, menemukan bahwa begadang bisa mempengaruhi perubahan suasana hati hingga perubahan kepribadian seseorang. Bagi Anda yang kurang tidur, akan lebih sulit untuk mengatur suasana hati dan cenderung memendam perasaan serta memiliki rasa empati yang kurang terhadap orang lain.

6. Kulit Tampak Lebih Kusam dan Menua

Efek begadang bagi wajah dapat menyebabkan kulit kendur, munculnya garis-garis halus di kulit, dan lingkaran hitam di bawah mata pada banyak orang. Pasalnya, kurang tidur membuat tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah berlebih dan menyebabkan tubuh memecah kolagen pada kulit. Akibatnya, fungsi kolagen untuk membuat kulit halus dan elastis menjadi tergganggu.

Dampak begadang juga membuat tubuh melepas hormon pertumbuhan yang terlalu sedikit. Padahal, hormon petumbuhan membantu meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, hingga memperkuat tulang.

7. Sulit Konsentrasi

Selain mudah lupa, kurang tidur berkepanjangan juga dapat menurunkan konsentrasi, kewaspadaan, serta nalar dan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Tubuh dapat berpikir secara maksimal bila Anda memiliki waktu tidur yang cukup.

Nah itulah beberapa efek begadang yang tidak boleh disepelekan, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru