7 Fakta Kebakaran Kemenkumham, Arsip Negara Ludes Terbakar!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Meski tak memakan korban, namun fakta terjadinya Kemenkumham kebakaran masih terus diselidiki, pasalnya banyak dokumen yang dilahap api.

INDIFFS.COM – Fakta di balik Kebakaran Kemenkumham pada 8 Desember 2022 kemarin, masih menjadi perbincangan masyarakat. Yang mana penyebab kebakaran tersebut terjadi diduga, karena ada korsleting pada panel.

Meski tak ada korban jiwa, namun kerugian akibat dari kejadian tersebut pasti ada. Selain itu, dikabarkan bahwa ada salah satu pegawai yang terluka akibat pecahan kaca. Adapun api berhasil dipadamkan beberapa jam setelah kejadian.

Fakta Kebakaran Kemenkumham

Merangkum dari berbagai sumber, dibawah ini merupakan beberapa fakta terkait Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia kebakaran.

1. 13 Unit Mobil Kebakaran Diterjunkan

Dari kejadian, kebakaran kemarin setidaknya ada 13 unit mobil kebakaran yang diterjunkan untuk memadamkan api. Hal ini juga sebagai mana disampaikan oleh Petugas Sudin Damkar Jakarta Selatan Suparman. “Sementara 20 unit damkar yang diterjunkan dari Selatan,”.

2. Arsip dan Barang Negara Ludes Terbakar

Akibat dari sebaran api, Gudang penyimpanan Barang Milik Negara (BMN) Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dilahap si jago merah. Sejumlah arsip persuratan dan barang-barang lama milik negara yang disimpan di gudang tersebut ludes terbakar.

Namun, Kabag Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman mengatakan, tidak ada arsip maupun barang penting yang terbakar dalam peristiwa tersebut.

3. Tak Ada Korban Jiwa

Meski sejumlah arsip dari persuratan ludes terbakar, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hal tersebut dikarenakan, para pegawai Kemenkumham telah dievakuasi ke luar gedung melalui tangga darurat sesuai dengan prosedur keselamatan.

4. Lokasi Kebakaran Gedung Sentra, Mulia Lantai 5 Kantor Kemenkumham

Terjadi pada Kamis 8 Desember 2022, kebakaran tersebut dilaporkan di lantai 5 gedung tersebut. Sementara ruangannya belum diketahui menurut, Tubagus Erif Faturrahman. Selain itu, di lantai tersebut terlihat ada api yang berkobar dari salah satu ruangan di sudut lantai kantor dan mulai menjalar ke atas.

5. 20 Tahanan WNA Di Evakuasi

Ada sekitar 20 tahanan warga Negara Indonesia, dari imigrasi turut di evakuasi akibat dari kebakaran tersebut. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Kabag Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Jenderal Kemenkumham Tubagus Erif Faturrahman.

Ia mengatakan, “Sudah dievakuasi ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) di Kalideres, Jakarta Barat,” ujar Erif, Kamis 8 Desember 2022.”

6. Tidak Ada Dokumen Penting Terbakar

Meski sejumlah dokumen di lantai tersbut ludes terbkar, namun dinyatakan bahwa tidak ada dokumen penting yang terbakar akibat dari kejadian tersbut. Hal ini juga sebagai mana yang dikatakan oleh Kabag Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemenkumham.

Ia mengatakan, “Sekitar semacam ATK yang sudah lama, meja-meja, tidak ada dokumen penting yang terbakar. Alhamdulillah.”

7. Polisi Ikut Turun Tangan

Tak hanya pemadam kebakaran yang ikut serta menangani kejadian kebakaran tersebut. Namun, polisi pun ikut mengidentifikasi kejadian.

Pihak kepolisian akan mengusut penyebab kebakaran tersebut. Polisi belum memastikan secara final soal penyebab kebakaran tersebut.

“Nanti akan kita panggil, mintai keterangan. Yang pasti yang melihat langsung kejadian tersebut, terus yang tanggung jawab di gudang bagian gudangnya yang pegang kunci,” kata Kapolsek Setiabudi.

Nah, itulah beberapa fakta terkait kebakaran yang terjadi di Gedung Kemenkumham pada 8 Desember 2022, kemarin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru