7 Fakta Menarik Pecahnya AquaDom Akuarium Raksasa Dunia!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

AquaDom Berlin merupakan akuarium silinder terbesar di dunia, yang pecah dan meledak pada Jumat 16/12/2022. Ini sederet fakta yang terkait!

INDIFFS.COM – AquaDom merupakan salah satu akuarium terbesar di Dunia, namun kini telah meledak dan hancur pada Jumat 17/12/22 Berlin, Jerman. Akibat dari insiden tersebut, sekitar satu juta liter air membanjiri lobi hotel Radisson Collection dan jalanan di sekitarnya.

Meski demikian, setidaknya ada 2 orang yang mengalami luka-luka dan dari 1.500 ikan yang ada di dalamnya, sebagian besar mati, dikutip dari BBC. Sementara puing-puing bongkahan kaca akuarium yang pecah terseret oleh banjir ke area jalan sekitar.

Fakta Meledaknya Akuarium AquaDom

Merangkum dari berbagai sumber berikut merupakan sederet fakta terkait pecahnya Akuarium terbesar di Dunia tersebut.

1. Menjadi Akuarium Silinder Terbesar di Dunia

Siapa sangka akuarium yang pecah pada jumat 17/12/22 kemarin, merupakan akuarium silinder terbesar yang ada di Dunia. Hal ini sebagaimana Guinners World Records menyatakan bahwa “AquaDom sebagai akuarium silinder terbesar di Dunia“. Yang mana, memiliki tinggi 1885 meter dengan diameter 11,08 meter.

2. Berada di Dalam Hotel

Yang mencuri perhatian masyarakat setempat ialah karena akuarium tersebut berada di dalam Hotel. Yang mana tepatnya di lobi Hotel Radissi Collection Hotel, Berlin Jerman,dikutip dari New York Times. 

Tak hanya itu setiap pengunjung yang memasuki area lobi tersebut pastinya akan melihat akuarium raksasa tersebut. Adapun imbas dari insiden itu, semua tamu hotel dipindahkan ke tempat aman. Selain itu, untuk sementara waktu hotel bintang lima itu di tutup hingga waktu yang tidak ditentukan.

3. Di Buka Sejak Tahun 2003 dan Diberi Rekor Dunia

Menurut informasi yang didapat laporan pada saat pembangunannya, setidaknya mengeluarkan biaya 12,8 juta euro. Akuarium tersebut dibangun dari 41 panel akrilik – 26 panel untuk silinder luar dan 15 panel untuk bagian dalam yang diikat menjadi satu di lokasi.

Akuarium tersebut dimiliki oleh Union Investmen Real Estate, yang kemudian dibuka pada Desember 2003. Setelah pembukannya, akuarium itu diberi Rekor Dunia Guinness sebagai akuarium silinder terbesar di dunia.

4. Terdapat Lift Transparan Dalam Akuarium

Ini menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Akurium tersebut. pasalnya keberadaan lift didalamnya menjadi sorotan masyarakat tersebut. Tak hanya itu, Reynolds Polymer Technology Inc. mengungkapkan, pengunjung hotel dapat menaiki lift tersebut.

Setidaknya, pada saat menaiki lift tersebut ,pengunjung dapat melihat isi akuarium secara 360 derajat. Adapun para tamu hotel bisa bersantap di salah satu restoran di atas akuarium.

5. Menampung 2.600 Ikan

Mengutip dari situs resmi Reynolds Polymer Technology Inc, akuarium tersebut setidaknya dapat menampung 250.000 galon atau lebih dari 940.000 liter air. Selain itu, akuarium raksasa tersebut menjadi tempat hidup 56 spesies ikan dengan total 2.600 ikan di dalamnya.

6. Atraksi Wisata di Jerman

Siapa sangka ternyata akuarium yang telah pecah dan meledak tersebut menjadi salah satu tempat yang menarik perhatian wisatawan Jerman. Bahkan, hal yang paling ditunggu oleh wisatawan ialah petugas yang menyelam untuk memberi makan pada ikan-ikan. Hal itulah yang menjadi sorotan pengunjung dan menjadikannya sebagai atraksi wisata di Jerman.

7. Sempat di Perbaharui pada Tahun 2020

Pada tahun 2020 silam, nyatanya akuarium raksasa ini sempat diperbaharui dan ditigkatkan kualitasnya. Proses ini dilaukan dengan cara mengeringkan seluruh air dan ikannya di pindahkan sementara ke fasilitias peneangkaran.

Namun, sayang baru sekitar 2 tahun dari proses pembaharuan, akuarium tersbut mengali insenden yang menghancurkan seisi akuarium. Tepatnya pada Jumat, 17 Desember 2022.

Nah itulah sjumlah fakta terkait AquaDom yang menjadi Akuarium raksasa yang ada di Dunia. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru