7 Fakta Tiko yang Rawat Ibunya di Rumah Mewah Tanpa Listrik

Hani Hnsa 0 Komentar

Kisah Tiko (23) yang merawat ibunya, Eny, di rumah mewah terbengkalai di Cakung, Jakarta Timur, viral di media sosial pada Rabu (4/1/2023).

INDIFFS.COM – Kisah Tiko (23) yang merawat ibunya, Eny, di rumah mewah terbengkalai di Cakung, Jakarta Timur, viral di media sosial pada Rabu (4/1/2023). Tiko merawat ibunya yang sakit selama 11 tahun di rumah tersebut tanpa listrik dan akses air bersih.

Kisah perjuangan Tikko merawat ibunya viral bahkan sampai tayang di televisi nasional. Perjuangan yang tidak mudah dijalani Tikko demi merawat sang ibu yang mengalami depresi berat.

Fakta Menarik Tiko dan Eny

Melansir dari berbagai sumber, berikut fakta perjuangan Tiko merawat ibu Eny yang berjuang sendiri dengan segala keterbatasan:

1. Perceraian Orang Tua Tiko

Sebelum menderita ODGJ, ibu Eny adalah wanita yang memiliki kehidupan normal dan bahkan berlebihan. Ibu Eny memiliki suami yang bernama Herman Moedji Susanto.

Pernikahan tersebut berujung dengan perceraian pada tahun 2010. Suami ibu Eny meninggalkan Tikko dan dirinya di rumah mewah itu pada tahun 2011.

Semenjak ditinggal pergi oleh Herman Moedji Susanto, kondisi ibu Eny semakin menurun. Ibu Eny mulai menunjukkan perilaku ODGJ seperti marah-marah hingga berbicara sendiri.

2. Merawat Sang Ibu Selama Belasan Tahun

Sejak perceraian kedua orang tuanya, Tikko tinggal di rumah hanya dengan ibunya yang bernama Eny. Papanya sejak bercerai hanya sekali mengunjungi rumah.

Papanya meninggalkan ibu Eny dan Tikko di rumah mewah tersebut. Menurut penuturan Tiko, papanya pulang ke kampung dan tidak kembali hingga sekarang.

Dengan sabar Tikko merawat ibunya yang mengalami depresi berat akibat ditinggal papanya. Ia berjuang sendiri menjadi tulang punggung keluarga.

3. Bekerja Sebagai Penjual Hingga Petugas Keamanan

Tikko tak surut untuk terus merawat ibunya. Ia sempat bekerja untuk menghidupi keluarganya dengan menjadi pedagang cilor. Kini, warga sekitar memercayai nya untuk menjadi anggota petugas keamanan.

Sementara, rumah mewah yang ditempati ibunya tampak tak terurus dan terbengkalai. Apalagi rumah tersebut sudah tidak ada listrik dan udara.

4. Tiko Putus Sekolah

Semenjak kondisi ibu Eny seperti itu, Tiko tidak bisa melanjutkan pendidikannya alias putus sekolah. Ia telah putus sekolah sejak 2 SMP dan saat ini sedang mengejar Paket C.

5. Kondisi Rumah

Berdasarkan video yang tengah viral di TikTok, kondisi rumah Tiko dan ibu Eny tampak banyak sekali debu tebal hingga sulit untuk dibersihkan. Tikko menyebutkan alasan tidak ingin menjual rumah tersebut karena peninggalan dari orangtuanya.

6. Putus Hubungan dengan Keluarga Besar

Selama tinggal di rumah mewah terbengkalai itu, tidak ada keluarga atau kerabat Tikko yang menghubungi juga memberikan bantuan. Ia mengaku, sudah lost contact (tidak saling bertukar kabar) dengan semua saudaranya, termasuk ayah kandungnya sendiri.

7. Tidak Mau Berpisah dengan Sang Ibu

Setelah dirawat di Rumah Sakit, Purwono menjelaskan jika pihaknya belum bisa ambil langkah lebih lanjut. Ia mengatakan perawatan ibu Eny selanjutnya diserahkan kepada tiko dengan syarat Tikko wajib merawat ibunya.

Namun, jika Tiko tidak sanggup, ibu Eny bisa dibawa ke panti asuhan di kawasan Cipayung milik Dinsos dengan persetujuan keluarga. Tiko sendiri ingin merawat ibu Eny karena tidak mau berpisah dengan ibunya.

Demikian deretan fakta Tiko merawat ibu Eny dengan segala keterbatasan. Kisah ini bisa kamu jadikan pembelajaran untuk selalu berbakti kepada orang tua terutama ibu dengan kondisi apapun.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru