7 Fakta Tumor Otak Atau Kanker Otak yang Wajib Diketahui!

Resa Azzahra 0 Komentar

Tumor otak adalah salah satu kondisi yang dapat menganggu kesehatan tubuh. Fakta nya tumor otak bisa terjadi karena kanker sebelumnya. Simak!

INDIFFS.COM – Tumor otak adalah pertumbuhan sel abnormal yang bersifat ganas pada otak. Tumor otak ini dapat berupa tumor otak primer yang berasal dari sel otak sendiri maupun kanker otak sekunder. Fakta tumor otak ini disebabkan oleh kanker yang dimulai dari bagian tubuh lain dan menyerap ke otak melalui pembuluh darah  (metasis).

Tumor otak adalah suatu kondisi yang dapat mempengaruhi orang-orang dari segala jenis kelamin dan usia, namun stadium dan jenisnya mungkin berbeda dari orang orang.

Fakta Tumor Otak

Pusat tumor otak adalah salah satu pusat yang terkemuka di dunia untuk pengelola semua jenis tumor otak. Dan berikut daftar fakta tumor otak yang perlu kamu ketahui. Pastikan kamu membacanya dan menyimak nya dengan baik.

Fakta 1:

Tidak semua tumor adalah kanker, beberapa adalah massa kanker yang benar-benar jinak atau tidak berbahaya, dan yang terutama menargetkan jaringan struktural otak. Sementara, beberapa bisa bersifat ganas atau kanker yang berarti sel-sel kanker dapat menyebar ke organ tubuh lainnya.

Fakta 2:

Tidak semua kepercayaan populer bahwa tumor otak adalah kejadian umum yang terjadi, kejadian tumor otak ini sangat jarang ditemukan di dunia, dan hanya ada beberapa saja yang terkena dari jumlah total keganasan yang diagnonis.

Fakta 3:

Jika kamu mengira jika tumor otak hanya salah satu jenis kanker yang menyerang sel atau jaringan otak, maka kamu salah. Padahal ada beberapa jenis tumor otak yang dikelompokkan berdasarkan ukuran, asal sel, dan tingkatnya. Oleh karena itu, tidak semua jenis tumor sama.

Fakta 4:

Tumor otak terdiri dari dua jenis yaitu tumor primer dan sekunder. Primer adalah tumor yang dapat mempengaruhi jaringan otak dan pertumbuhan, sedangkan sekunder adalah tumor metastik yang mempengaruhi bagian tertentu dari tubuh, seperti paru-paru, payudara, lambung, ginjal dan usus serta dapat menyebar ke otak dari waktu ke waktu.

Fakta 5:

Selain gejala tumor otak yang paling umum adalah meningkatkan keparahan sakit kepala, yang lebih parahnya lagi bila di pagi hari. Gejala umum dari tumor otak termasuk kelemahan pada tangan dan kaki, kehilangan keseimbangan saat berjalan, penglihatan kabur, kejang, muntah hingga kehilangan memory atau ingatan. Jika kamu mengalaminya, sebaiknya segera hubungi dokter atau berkonsultasi ke RS untuk mendapatkan perawatan khusus.

Fakta 6:

Jika kamu konsultasi dan berspekulasi tumor otak dengan hasil yang dianjurkan untuk menilai sistem syaraf, mungkin dokter akan menyarankan CT Scan yang diikuti dengan berbagai jenis SCan MRI untuk men-diagnosa tingkat tumor.

Fakta 7:

Pengobatan tumor otak tergantung pada jenis serta tingkat kanker, usia dan kebugaran umum. Dalam kasus tumor yang lebih ganas, terapi radiasi dan kemoterapi harus dijalankan, karena dapat digunakan untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa. Kemoterapi ini dapat dilakukan secara oral atau IV. Semakin tinggi tingkat tumor, maka semakin buruk kelangsungan hidup. 

Dan itulah 7 fakta tumor otak yang wajib kamu ketahui dan pelajari.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru