7 Fungsi Keringat Untuk Kesehatan Tubuh, Penting Diketahui!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Meskipun baunya yang tidak sedap, keringat memiliki banyak fungsi bagi kesehatan. Berikut fungsi keringat bagi kesehatan tubuh.

INDIFFS.COM – Berkeringat adalah usaha tubuh dalam menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan sekitar. Hal tersebut yang menjadikan setiap orang memiliki kemampuan mengeluarkan keringat yang berbeda-beda. Meskipun baunya yang tidak sedap, keringat memiliki banyak fungsi bagi kesehatan. Apa saja fungsi keringat untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasannya.

Fungsi Keringat

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa fungsi keringat bagi kesehatan tubuh kita:

1. Membersihkan Racun

Keringat membantu tubuh secara alami membuang racun. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa keringat mengandung berbagai jenis senyawa, termasuk sejumlah kecil logam yang berpotensi beracun, seperti kadmium, aluminium, dan mangan.

Ini adalah alasan utama mengapa berkeringat dianggap sebagai detoxicant (penetralisir zat beracun). Perlu diketahui, 2 hingga 5 juta kelenjar keringat di kulit manusia dapat memainkan peran penting dalam menghilangkan banyak zat beracun yang ada di tubuh.

2. Mempertahankan Suhu Tubuh

Salah satu fungsi utama kelenjar keringat adalah untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal dan tidak meningkat terlalu tinggi. Pasalnya, saat tubuh seseorang mengalami peningkatan suhu di atas normal (hyperthermia), maka ia dapat mengalami mual, muntah, kram otot, sakit kepala, hingga pingsan.

3. Mempercantik Kulit

Salah satu manfaat keringat lainnya yaitu dapat mempercantik kulit. Ketika seseorang berkeringat, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar melalui pori-pori kulit. Dengan cara itu, kotoran yang tersangkut dalam kulit akan keluar bersamaan dengan keringat, sehingga pori-pori di kulit menjadi bersih.

Hal tersebut dapat terjadi jika kamu tidak berkeringat secara berlebihan. Karena ketika seseorang berkeringat secara berlebihan atau hyperhidrosis, kondisi tersebut dapat memicu jamur tumbuh di kulit. Maka dari itu, hindari meminum minuman yang mengandung kafein, karena dapat memicu keringat berlebih.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Melakukan aktivitas berat membuat tubuh berkeringat. Hal ini menyebabkan detak jantung meningkat dan sirkulasi darah pun meningkat. Jantung bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme yang terjadi ini memberikan efek jangka panjang bagi kesehatan.

5. Menurunkan Stres

Mengeluarkan cairan ini tidak secara langsung dapat menurunkan stres atau meningkatkan suasana hati. Namun, meningkatkan panas tubuh dengan berolahraga atau sauna dapat melepaskan endorfin dan senyawa kimia lainnya yang dilepaskan otak untuk memperbaiki mood dan menurunkan stres secara natural.

6. Meningkatkan Imunitas

Fungsi keringat yang terakhir yaitu membantu meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena keringat adalah bagian dari sistem pertahanan biologis. Keringat mampu mencegah kuman untuk bertahan di kulit. Keringat manusia mengandung protein pembunuh kuman alami yang disebut dermcidin, yang dapat menyerang jamur dan bakteri penyebab penyakit, seperti MRSA dan TBC.

7. Membakar Kalori

Banyak orang percaya bahwa berkeringat dapat membantu menurunkan berat badan. Ya, itu benar. Berkeringat dapat membakar hingga 300 kalori per-jam. Tubuh yang memanas ketika berolahraga membuat lemak dalam tubuh larut dalam air dan keluar melalui keringat.

Nah, itulah fungsi-fungsi keringat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bagaimana, apakah tubuhmu mudah berkeringat, atau malah sebaliknya?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru