7 Kebiasaan Menjadi Penyebab Daya Ingat Menurun, Perhatikan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Beberapa kebiasaan buruk dapat menjadi penyebab daya Ingat terus menurun. Untuk mengetahui kebiasaan apa saja, simak ulasan berikut ini!

INDIFFS.COM – Tidak bisa dipungkiri bahwa sejak awal tahun 2020, pandemi menjadi salah satu penyebab daya ingat menjadi menurun, karena apa yang dilakukan sehari-hari sangatlah berpengaruh pada perkembangan otak. Termasuk dalam fungsi memori yang merupakan aspek terpenting dalam kehidupan.

Beberapa tingkat masalah memori dan sedikit penurunan dalam keterampilan berpikir adalah hal yang cukup umum dari penuaan. Namun, ada perbedaan antara pertumbuhan normal dam memori dan kehilangan memori yang terkait dengan penyakit atau gangguan. Akan tetapi, masalah memori bisa diakibatkan oleh kebiasaan buruk yang sebenarnya bisa dihindari.

Kebiasaan Penyebab Daya Ingat Menurun

Berikut ini ada beberapa penyebab daya ingat menjadi menurut karena kebiasaan sehari-hari:

1. Kurang Tidur

Kekurangan tidur nyatanya tak hanya dapat menghambat kesehatan tubuh, otak juga dapat terganggu. Pasalnya otak membutuhkan istirahat setidaknya 7-9 jam untuk orang dewasa dan lansia. Sementara itu, kurang tidur mengakibatkan memori pada otak tidak berfungsi secara optimal. Akibatnya informasi yang diterima seseorang jadi mudah terlupakan dan daya ingat menjadi menurun jika terus dibiarkan.

Kapasitas memori otak haruslah di jaga baik dengan menjaga pola tidur yang cukup. Kebiasaan bergadang yang dilakukan anak muda dapat berakibat mudah lupa meski belum mencapai usia tua.

2. Kurang-nya Bersosialisasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pandemi merupakan salah satu pemicu penurunan daya ingat. Hal ini terjadi karena sosialisasi jarang dilakukan secara tatap muka. Berada pada tempat dan posisi yang sama setiap hari menggunakan HP, komputer, dan laptop tidak baik untuk perkembangan memori otak. Aktivitas fisik yang berkurang sangat rentan membuat daya ingat menjadi tak sekuat dulu lagi. Karena bagaimanapun juga, bersosialisasi secara daring rasanya kurang maksimal.

3. Kondisi Mental Terganggu

Kondisi mental yang sedang tidak stabil sangat rentan memicu penurunan daya ingat seseorang. Hal ini menjadi penyebab beban stres yang menumpuk, ketakutan yang berlebihan, serta depresi ringan hingga berat. Hingga akhirnya mempengaruhi fungsi kognitif pada otak manusia. Hal ini sangat berdampak pada hippocampus (bagian memori otak). Jika sudah terkena dampaknya, maka seseorang akan kesulitan mengingat sesuatu. Sedangkan depresi cenderung berdampak lebih pada short-term memory.

4. Makanan Cepat Saji & Ngemil Malam

Daya ingat ternyata dapat dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Mengonsumsi makanan cepat saji dapat menurunkan daya ingat. Agar kesehatan otak tetap terjaga, ada baiknya untuk meningkatkan konsumsi makanan sehat. Batasi konsumsi makanan cepat saji dan gorengan yang lebih dari 1 porsi per minggu agar tidak gampang lupa dalam segala hal.

Selain itu, ngemil malam tak hanya menyebabkan penambahan berat badan, konsumsi camilan pada larut malam ternyata menyebabkan daya ingat menurun. Perlu untuk diketahui bahwa indonesia memiliki ritme sirkadian. Hal inilah yang membantu tubuh untuk menyelaraskan biologis internal kita dengan lingkungan 24 jam.

Konsumsi camilan saat larut malam akan mengecewakan proses dalam tubuh dan mengganggu bagian otak untuk mengatur memori.

5. Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dapat merusak fungsi paru-paru dan jantung yang pada akhirnya dapat memperlambat peredaran oksigen ke otak. Kurangnya oksigen pada otak dapat mempengaruhi fungsi otak, sehingga meningkatkan risiko terjadinya penurunan daya ingat. Tak hanya itu saja, zat karsinogenik dan nikotin dalam rokok juga dapat mengakibatkan matinya sel-sel otak, yang menyebabkan penurunan daya ingat.Terlalu banyak minum alkohol sekitar 7-10 gelas dapat mengakibatkan penurunan kerja hippocampus yang berfungsi mengolah memori jangka pendek menyimpan memori.

6. Jarang Kena Sinar Matahari

Terlalu lama di dalam ruangan ternyata sangat tidak baik untuk kesehatan otak. Pasalnya sinar matahari mengandung vitamin D yang baik untuk menjaga fungsi kognitif otak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berjemur selama 10-15 menit per hari untuk menjaga kemampuan ingatan dan memperkuat persendian tulang. Untuk itu mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri dengan berjemur diatas sinar matahari hanya dengan beberapa menit.

7. Kurang Cairan

Ketika tubuh kekurangan cairan tak hanya dapat mengakibatkan penyakit berbahaya lainnya, kebiasaan ini juga dapat menurunkan fungsi otak. Kekurangan cairan di dalam tubuh juga dapat menyebabkan stres yang akan menyebabkan penurunan daya ingat sementara. Oleh karena itu, selalu pastikan tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari dengan maksimal 8 gelas perhari perlu ter cukupi.

Demikian beberapa kebiasaan buruk yang dapat menurunkan daya ingat. Semoga dapat membantu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru