7 Keistimewaan Seseorang Dengan Tipe Kepribadian Introvert

Wiwin Indriani 0 Komentar

Orang introvert seringkali dianggap sebagai antisosial. Padahal, terdapat keistimewaan yang dimiliki orang dengan tipe kepribadian introvert

INDIFFS.COM – Orang introvert seringkali dianggap sebagai antisosial, pemalu, bahkan orang yang muak dengan hubungan sosial. Padahal, mereka hanya suka menghabiskan waktu dengan tenang dan menyendiri. Akan tetapi, bukan berarti kemampuan bersosialisi mereka bisa direndahkan begitu saja. Karena, orang dengan kepribadian introvert juga memiliki berbagai keistimewaan.

Keistimewaan Introvert

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini terdapat beberapa keistimewaan seseorang dengan tipe kepribadian introvert, diantaranya:

1. Punya Jiwa Kepemimpinan yang Bijak

Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, pemimpin yang introvert sering menghasilkan kinerja yang lebih baik ketimbang pemimpin yang extrovert. Hal ini karena para pemimpin introvert berhasil mengolah karyawan nya secara proaktif dan mendorong para karyawan supaya bisa lebih vokal dalam mengungkap ide-ide nya.

Semakin banyak ide yang muncul, maka akan semakin banyak masukan yang bisa di tampung dan dijadikan bahan pertimbangan. Hal tersebut tentunya baik bagi jalannya sebuah tim atau kelompok kerja.

2. Problem Solving yang Andal

Seorang introvert biasanya pemerhati yang andal pada setiap detail, ini kekuatan yang sering di abaikan. Otak seorang introvert di korteks frontal mengontrol fokus, pemikiran dan respons kompleks. Pemecah masalah dengan memerhatikan detail meningkatkan kreativitas, manajemen risiko dan kecerdasan emosional.

3. Berpikir Lebih Dalam

Salah satu keistimewaan seorang introvert adalah mempunyai pemikiran yang mendalam. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang introvert umumnya memiliki kemampuan berpikir lebih tajam dan dalam.

Karenanya, di dalam otak seseorang dengan kepribadian ini, ada lebih banyak aktivitas di bagian otak yang berperan mengolah informasi, membuat makna dan memecahkan masalah. Orang introvert juga cenderung lebih baik dalam bidang akademik di bandingkan extrovert.

4. Pendengar yang Baik

Menurut Dr Laurie Helgoe, penulis Introver Power Why Your Inner Life Is Your Hidden Strengt, extrovert lebih cenderung terjun ke percakapan sebelum benar-benar memproses apa yang dikatakan orang lain. Bukan karena mereka egois, tetapi karena mereka memproses informasi secara interaktif.

Sedangkan orang introvert sebaliknya, mereka memproses informasi secara internal. Keterampilan tersebut memungkinkan mereka untuk mendengar, memahami dan memberikan wawasan yang di pertimbangkan dengan seksama ketika mereka merespons.

5. Cenderung Tenang

Keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh seorang introvert adalah sifatnya yang lebih tenang. Sikap pendiam introvert yang terkenal ini membuatnya lebih tenang, termasuk dalam mengatasi perubahan situasi yang tiba-tiba. Sehingga, apapun permasalahan yang terjadi bisa mereka hadapi dan selesaikan dengan sangat baik.

Memiliki ketenangan yang bagus, mampu membuat introvert memiliki kualitas yang di butuhkan sebagai seorang pemimpin. Karena setiap kebijakan atau keputusan yang mereka ambil, dipikirkan secara jeli dan dengan kepala yang tenang. Maka dari itu, ada beberapa nama pemimpin dunia terkenal yang bersifat introvert, salah satunya ialah Mahatma Gandhi.

6. Kreatif

Seorang introvert biasanya pemikir kreatif luar biasa. Karena, pemikiran mereka tidak dimanfaatkan untuk kebutuhan atau perhatian ke hal lain. Hal tersebut membuat otak mereka terbuka lebar untuk mengeksplorasi kemungkinan. Kecerdasan berpikir kreatif para introvert menguasai hampir setiap bidang karier atau peran dalam kehidupan.

7. Seorang Teman yang Berkualitas

Menjadikan introvert sebagai teman adalah keputusan terbaik untuk diambil. Pasalnya, mereka merupakan tipe yang setia, bisa berkomitmen, dan penuh perhatian. Terlebih lagi, introvert biasanya memilih seorang teman secara bijak dan berhati-hati agar bisa menciptakan ikatan yang lebih berkualitas.

Orang dengan kepribadian ini juga selalu menghargai setiap jalinan yang mereka miliki. Selain itu, mereka akan sebisa mungkin untuk tidak membuat orang lain kecewa terhadap diri mereka.

Nah, itulah beberapa keistimewaan yang dimiliki orang dengan kepribadian introvert. Bagaimana? luar biasa bukan?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru