7 Kerugian Jika Kamu Terbiasa Ingkar Janji, Sulit Dipercaya!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Menepati janji sering kali di anggap remeh, alhasil mereka ingkar. Perlu diketahui kerugian yang akan didapatkan jika ingkar terhadap janji.

INDIFFS.COM – Kerap kali kita melakukan ucapan janji dengan teman kita. Namun, tidak sedikit orang yang mengabaikan dan ingkar terhadap janji tersebut serta sering menganggap remeh. Perlu di ketahui apabila kita berjanji maka kewajiban kita untuk menepatinya. 

Disaat kita melakukan janji dengan orang lain, berarti sama saja kita di berikan kepercayaan oleh nya. Maka sama saja halnya jika kita tidak menepati janji tersebut berarti kita tidak memberikan hak dari orang lain yang telah mempercayainya kita. 

Akan tetapi, menepati janji itu tidak semudah mengucapkannya, dengan itu kebanyakan orang yang mengabaikan nya dan bahkan ingkar terhadap janji yang telah di sepakati. Jelas mengingkari janji itu hal yang tidak baik, bahkan di larang dalam norma agama.

Dan tak hanya itu penting di ketahui beberapa dampak buruk atau kerugian yang di dapatkan apabila mengingkari perjanjian.

Sulit Mendapatkan Kepercayaan Orang Lain

Membangun kepercayaan memang tidak mudah, beberapa orang sulit dalam mencari seseorang yang mudah di percaya. Namun apabila kamu dapat di percaya, berarti kamu orang yang dicarinya selama ini. Akan tetapi, jika kamu mendapatkan kepercayaan dari orang lain, tapi kamu mengingkari kepercayaan tersebut, bisa jadi orang lain tidak percaya dengan mu suatu saat. 

Satu kali ingkar mungkin dimaklumi oleh orang lain, namun jika terus-terusan melakukan ingkar, itu seolah-olah kita tidak bisa menjaga kepercayaan orang lain, maka tidak ada lagi orang lain yang percaya kepada kamu.

Dianggap Plin-Plan

Plin-Plan ini merupakan sebuah kebiasaan yang kerap mengubah keputusan dengan tiba-tiba lantaran jalan pikiran orang tersebut berubah berdasarkan mood nya. Hal ini sebenarnya kurang baik lantaran jika dijadikan kebiasaan akan membuat orang di sekitarnya bisa jadi kesal.

Begitu pula jika kamu mengingkari suatu perjanjian yang buat, orang lain bisa menganggap kamu sebagai orang yang tidak punya pendirian, karena telah mempermainkan kepercayaan nya pada kamu.

Menghambat Kesuksesan

Dampak buruk selanjutnya jika kamu mengingkari perjanjian, ialah kesuksesan akan terhambat. Bukan tanpa alasan, melainkan syarat menjadi orang sukses adalah bertanggung jawab. Akan tetapi janji saja kamu ingkari apalagi jika tanggung jawab yang besar. Kebiasaan ingkar janji ini, tidak akan membuat langkah mu maju dalam menggapai kesuksesan. Maka dari itu, berusaha untuk menjadi orang yang menepati janji.

Mencerminkan Bahwa Kamu Tidak Profesional

Profesionalitas dalam bekerja merupakan hal penting untuk dimiliki bagi setiap orang. Dengan adanya profesionalitas dalam bekerja, ini mencerminkan bahwa kamu sosok yang yang bertanggung jawab dalam pekerjaan. Akan tetapi, ini tidak berlaku bagi kamu yang suka ingkar terhadap janji. Karenanya menepati janji yang telah di perbuat berarti kamu telah berkomitmen dengan individualis diri kamu sendiri. Namun, jika kamu ingkar terhadap janji yang telah diperbuat berarti sama saja kamu tidak bertanggung jawab dan tidak profesional dalam bekerja. 

Dikucilkan Oleh Orang Sekitar

Kepercayaan yang telah dibuat teman kepada mu seharusnya di jaga, dan tidak mengingkari nya. Akan tetapi, jika kamu ingkar ini akan membuat teman mu merasa kesal. Ini disebabkan karena kepercayaan yang telah di berikan kamu sia siakan begitu saja. Maka dari itu, sebaiknya mengingkari suatu kepercayaan ini harus dihindari jika tidak mungkin kamu akan di jauhi oleh teman sekitar kamu.

Akan Menurunkan Integritas

Gambaran terkait kepribadian dirimu itu merupakan pengertian dari integritas. Dan integritas ini harus di jaga dengan utuh, agar kepribadian yang baik serta citra positif diri kamu tetap terjaga. Namun, jika kamu mengingkari suatu perjanjian, berarti kamu di tandai sebagai sosok yang memiliki citra negatif sehingga integritas mu di mata banyak orang akan turun. Mengingkari janji memang terlihat sepele, namun ini berakibat buruk terhadap nilai pada diri.

Sulit Mendapatkan Ketenangan

Mengingkari janji yang telah kamu lakukan, ini membuat kamu merasa bersalah. Sehingga, kalimat-kalimat yang tidak kamu tepati terus menghantui kamu. Tak hanya itu, rasa cemas dan khawatir pada diri pun akan terus menemani kamu. 

Itulah beberapa dampak buruk jika kamu mengingkari terhadap perjanjian. Maka dari itu, sebaiknya sedikit demi sedikit tepati janji yang telah di perbuat. Serta menjaga kepercayaan orang lain dengan cara menepati janji-janji nya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru