7 Kesalahan Menggunakan Serum Wajah, Perlu Diperhatikan!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Pemakaian serum wajah yang salah tidak akan memaksimalkan manfaatnya pada wajah. Berikut kesalahan dalam menggunakan serum wajah.

Indiffs – Serum adalah cairan yang mengandung berbagai macam bahan aktif seperti asam amino, air dan zat cair lainnya yang dapat meresap hingga kulit terdalam. Serum wajah berfungsi sebagai mengatasi masalah kulit tertentu seperti bintik hitam pada wajah, menyehatkan kulit, menjaga kulit tetap ter-dehidrasi dan lain sebagainya. Namun, hasil dari pemakaian serum tidak akan bisa terjadi maksimal jika cara mengaplikasikan nya tidak dilakukan dengan tepat. Simak kesalahan dalam menggunakan serum wajah yang sering dilakukan berikut ini.

Kesalahan Menggunakan Serum Wajah

Apabila ingin mendapat hasil yang maksimal harus mengaplikasikannya dengan benar. Ada beberapa orang yang melakukan kesalahan saat mengaplikasikan serum ke wajah. Berikut kesalahan dalam menggunakan serum wajah:

1. Salah Urutan Pemakaian

Penting untuk memperhatikan urutan penggunaan skincare. Biasanya, urutan pemakaian dimulai dari jenis produk yang sifatnya lebih ringan dan mudah meresap. Kemudian, dilanjutkan kepada produk yang tekstur nya lebih berat.

Menurut Mike Bell, “Kalau kamu sudah memakai pelembab pada kulit, lalu baru memakai serum, maka serum itu jadi lebih susah masuk ke dalam kulit.”

Karena serum umumnya memiliki formula yang lebih ringan, kamu bisa menggunakan serum terlebih dahulu dalam rangkaian skincare. Tunggu sampai produknya meresap dengan sempurna ke dalam kulit, lalu lanjutkan menggunakan skincare yang lain.

2. Menggantikan Serum dengan Moisturizer

Produk serum rata-rata memiliki harga cenderung lebih mahal tidak berarti bisa menggantikan peranan moisturizer. Pada dasarnya serum dan moisturizer merupakan dua produk yang amat jauh berbeda baik dari segi formula maupun fungsinya.

Jika kamu melupakan moisturizer dan hanya mengandalkan serum, maka kulit kamu akan kehilangan hidrasi sekaligus rentan terhadap penuaan dini dan permasalahan kulit lainnya.

3. Menggunakan Serum Setelah Pelembab

Urutan yang tepat dalam menggunakan serum adalah pakai serum terlebih dahulu baru menggunakan pelembab. Jika kamu mengaplikasikan pelembab terlebih dahulu, maka produk serum akan kesulitan untuk menembus ke dalam kulit.

Akibatnya, formula yang terkandung di dalam serum pun tidak akan bekerja secara efektif pada kulit kamu. Hal ini dikarenakan pelembab mengandung SPF dan bahan-bahan lainnya yang bisa menghasilkan layer penghambat masuknya serum. Supaya penggunaan serum tidak sia-sia, pastikan kamu mengaplikasikan serum sebelum menambahkan pelembab. Sebelum beralih ke pelembab, diamkan serum sejenak hingga produk terserap oleh kulit kamu.

4. Salah Takaran Penggunaan

Masing-masing produk skincare memiliki takaran khusus. Takaran serum sendiri biasanya sebesar butiran kacang polong. Karena itulah, sebenarnya efektivitas serum tidak ditentukan dari seberapa banyak takaran produk yang kamu gunakan saja. Namun, jangan terlalu perhitungan juga dalam menggunakannya, cukup ikuti saja standar takaran skincare nya.

5. Langsung Menggunakan Skincare Lain

Setelah memakai serum, masih banyak orang yang cepat langsung menambahkan skincare lain. Hal itu merupakan kesalahan. Serum adalah skincare yang cair, encer dan basah di kulit serta lama untuk kering dan meresap pada kulit wajah.

Karena serum mengandung bahan aktif yang ter-konsentrasi tinggi, diperlukan waktu untuk meresap ke dalam kulit agar serum bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, kamu harus sabar saat mengaplikasikan serum. Tak perlu terburu-buru jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Penggunaan yang Tidak Rutin

Banyak orang yang tidak memakai serum secara rutin, malas-malasan atau tidak konsisten. Hal tersebut membuat serum tidak akan bekerja dengan maksimal. Serta tidak akan memberikan hasil atau efek di kulit wajah kamu. Jadi, pastikan kamu memakai serum secara teratur.

Serum harus digunakan sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pada pagi dan malam hari ketika hendak tidur. Agar efektif, pastikan menggunakan serum di pagi hari sebelum mengaplikasikan day cream dan ketika malam hari gunakan serum sebelum night cream.

7. Salah Memilih Serum

Kesalahan dalam menggunakan serum yang terakhir adalah tidak mencocokkan formula dan klaim serum dengan kebutuhan kulit. Menggunakan serum yang tidak sesuai dengan kondisi kulit tidak hanya akan berakhir sia-sia, melainkan juga bisa mendatangkan berbagai permasalahan kulit. Apabila kamu sudah menemukan serum yang cocok dengan kulit kamu, selalu ingat untuk menggunakannya dengan benar sesuai petunjuk dan barengi juga dengan penggunaan pelembab.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru