7 Kuliner Makanan Khas Melayu yang Wajib untuk Dicoba!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut beberapa makanan khas melayu yang dikenal terhadap cita rasanya yang khas. Dan kamu bisa menemui nya di Indonesia.

INDIFFS.COM – Indonesia terkenal dengan keberagamannya. Tak hanya di kenal sebagai negara yang memiliki keindahan wisata alamnya, akan tetapi Indonesia juga di kenal sebagai kuliner yang khas terhadap makanan nya. Salah satunya ialah makanan khas melayu yang terkenal sebagai ciri khas cita rasanya.

Roti Canai

Roti Canai

Roti Canai – Kompas

Roti canai ini berasal dari negara tetangga, yakni Singapura. Roti ini masuk ke Indonesia karena dibawa oleh masyarakat Arab. Setibanya di Indonesia, roti canai kemudian dikenal dengan nama roti maryam. Roti ini memiliki ciri yang unik, ciri khas yang dimiliki makanan ini yaitu tekstur yang hampir menyerupai jaring-jaring yang menyatu, terdapat lapisan tetapi tidak menempel satu sama lain. Roti ini juga bisa dimasak dengan bahan-bahan manis seperti gula, madu, dan sebagainya, namun bisa pula dicampur dengan potongan-potongan daging berukuran kecil kemudian disiram kari kambing.

Kue Bangkit

Kue Bangkit

Kue Bangkit – Okezone

Kue ini berasal dari Pekan Baru, dan kamu bisa mendapatkan kue ini di Semenanjung Malaysia, Sumatera Utara, Jambi, dan Sumatera Barat. Masyarakat menyebut kue ini dengan nama kue bangkit karena ketika dikeluarkan dari oven, bentuknya akan berubah menjadi dua kali lipat lebih besar dari ukuran sebelumnya. Dan bahan utama dari kue ini ialah dari tepung sagu, ini juga sering di hidangkan di hari raya lebaran biasanya.

Ikan Salai

Ikan Salai

Ikan Salai – Riau Daily Photo

Makanan khas melayu yang satu ini berasal dari Riau, Pengolahan ikan salai ini biasanya dilakukan secara tradisional, yakni dengan menggunakan kayu bakar. Hal tersebut dilakukan agar aroma nya lebih harum. Kelebihan utama dari ikan ini adalah daya tahannya yang awet. Ikan ini bahkan bisa bertahan sampai berminggu-minggu lho.

Cincalok

Cincalok

Cincalok – Majalah GPriority

Makanan khas melayu selanjutnya ialah cincalok, cincalok ini berasal dari Kalimantan Barat yang merupakan salah satu makanan berbahan dasar udang rebon yang difermentasikan. Dan makanan khas yang satu ini juga memiliki protein yang cukup tinggi.

Asidah

Makanan Khas Melayu

Asidah – Portal banyuwangi

Makanan asidah ini merupakan makanan khas yang berasal dari Riau. Makanan ini memiliki tekstur kenyal dengan rasa dan aroma rempah yang kuat. Kuatnya aroma dan rasa kue asidah didapatkan dari bahan baku yang digunakan seperti kayu manis, pandan dan cengkeh. Di zaman dahulu kue ini menjadi makanan para Raja Riau.

Roti Jala

Makanan Khas Melayu

Roti Jala – Okezone

Roti jala ini merupakan makanan khas masyarakat Melayu, terutama di Sumatra Utara. Berdasarkan sejarah, roti jala merupakan makanan adaptasi yang berasal dari India yang disebut sebagai roti prata.

Jangan keliru, roti prata berbeda dengan roti canai walaupun memiliki kemiripan. Perbedaan antar keduanya yaitu jika roti prata digoreng dengan minyak yang sedikit sehingga bertekstur lebih tipis dan renyah, sedangkan roti canai digoreng dengan minyak yang cukup banyak sehingga bertekstur tebal dan basah.

Kue Kemojo

Makanan Khas Melayu

Kue Kemojo – Cookpad

Makanan khas yang satu ini berasal dari Riau, kue kemojo ini terbuat tanpa pengawet yang aman untuk di konsumsi. Kue Kemojo yang juga sering disebut sebagai kue Kojo ini mendapatkan namanya dari kata Kamboja. Hal ini tak lain karena bentuk cetakan atau loyang yang digunakan untuk membuat kue Kemojo berbentuk seperti bunga Kamboja.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru