7 Makanan Khas Minangkabau, Kaya Akan Rempah-Rempah!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Makanan khas Minangkabau yang kaya akan rempah-rempah ini menjadi salah satu makanan yang sangat populer di wilayah Sumatera.

INDIFFS.COM – Minangkabau menawarkan makanan khas yang memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Tak hanya itu, sajian olahan makanan yang khas serta kaya akan rempah Indonesia ini menjadi salah satu bahan baku dalam pembuatan nya. Maka tak heran, apabila cita rasa masakan khas Minangkabau ini  menjadi identik dengan ciri makanan tradisional Indonesia. Berikut beberapa makanan khas Minangkabau yang wajib kamu coba:

1. Gulai Banak

Makanan Khas Minangkabau Gulai Banak

Gulai Banak – Sari Bundo Masakan Padang

Gulai banak ini merupakan makanan khas yang berasal dari Minang. Bahan utama dalam pembuatan gulai ini ialah otak sapi, otak sapi ini di olah menjadi kuliner makanan yang khas oleh masyarakat Minangkabau. Adapun bumbu gulai nya mirip dengan gulai Minang pada umumnya, yang kaya akan rempah-rempah yakni menggunakan santan, cabai merah, kunyit, serta bumbu, dan herba sehingga kuah nya berwarna merah oranye dan kental.

Tak hanya itu, otak sapi juga memiliki banyak manfaat, diantaranya mengandung selenium dan tembaga. Selenium menjaga kesehatan jaringan tubuh dengan mencegah kerusakan akibat radikal bebas, sedangkan tembaga membantu sel-sel tubuh memproduksi energi. Itu lah mengapa ini baik untuk di konsumsi, namun perlu di perhatikan untuk mengonsumsi nya tidak terlalu banyak.

2. Dendeng Balado

Makanan Khas Minangkabau Dendeng Balado

Dendeng Balado – Sahabat Nestle

Makanan khas selanjutnya ialah dendeng balado, ini merupakan olahan makanan dari daging sapi yang di bumbui balado dan memberikan cita rasa yang pedas. Adapun dalam pengolahan nya dendeng balado ini sangat kaya akan rempah-rempah. Rasa nya yang pedas, membuat menggugah selera.

3. Nasi Kapau

Makanan Khas Minangkabau Nasi Kapau

Nasi Kapau – Dapur Kintamani

Nasi kapau adalah hidangan yang berasal dari sebuah nagari bernama Kapau. Nagari atau Desa Kapau terletak di Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Adapun sajian makanan nasi kapau ini biasanya menyajikan sayur kol dengan kacang Panjang.

4. Lamang Tapai Minangkabau

Lamang Tapai Minangkabau

Lamang Tapai Minangkabau – Tribun

Makanan yang bernama Lamang Tapai ini merupakan sajian masyarakat Minangkabau saat perayaan hari besar seperti Idul Fitri atau Bulan Muharram. Makanan ini berasal dari beras ketan putih yang dipadukan dengan santan. Adonan itu kemudian di tuang dalam ruas bambu muda yang telah dipotong dan dibalut daun pisang pilihan.

Lamang yang gurih dan asam dengan topping tapai merupakan cita rasa yang mampu menghangatkan tubuh. Makanan ini paling pas disantap di tengah dingin nya udara dataran tinggi Minangkabau.

5. Lompong Sagu Minangkabau

Lompong Sagu Minangkabau

Lompong Sagu Minangkabau – Indonesia Kaya

Kue lompong sagu merupakan kue khas Minang yang sudah jarang ditemukan keberadaannya. Kue lompong sagu ini terbuat dari tepung sagu yang diaduk bersama pisang kepok, santen, kelapa, dan gula aren, memiliki citarasa yang manis. Kue ini dibuat dengan cara dipanggang diatas bara hingga memiliki aroma khas sisa pemanggangan.

6. Palai Rinuak

Makanan Khas Minangkabau Palai Rinuak

Palai Rinuak – Mastimon.com

Makanan khas Minangkabau ini terbuat dari ikan rinuak yang diberikan bumbu dan parutan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus, rasa ikan rinuak sangatlah gurih. Proses memasaknya pun terbilang cepat, sekitar 20 menit saja. Makanan ini akan terasa lebih gurih dan pedas jika ditambahkan cabai giling dalam adonannya.

7. Kalio

Kalio

Kalio – Resep Koki

Makanan khas Minangkabau selanjutnya ialah Kalio, Kalio sendiri hampir mirip dengan rendang, yang membedakan hanyalah proses memasaknya. Masakan Kalio  ini hampir tersebar di setiap rumah makan. Tak hanya itu, untuk membuat kalio ini bumbu nya cukup banyak karena kaya akan rempah-rempah. Itulah mengapa makanan ini menjadi salah satu makanan khas Minangkabau.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru