7 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Darah Rendah

Wiwin Indriani 0 Komentar

Bagi penderita darah rendah atau hipotensi, ada sejumlah makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah. Simak ulasannya.

INDIFFS.COM – Tekanan darah rendah atau hipotensi terjadi saat tekanan darah di dalam arteri lebih rendah yaitu dibawah 90/60 mmHg. Darah rendah bisa diatasi dengan cara olahraga teratur dan gaya hidup sehat. Selain itu, terdapat sejumlah makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Makanan Untuk Darah Rendah

Bagi penderita darah rendah, ada sejumlah makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini makanan untuk penderita darah rendah:

1. Semangka

Semangka merupakan salah satu buah dengan kandungan air tertinggi. Kandungan air dalam satu buah semangka bisa mencapai 92%. Karena itulah semangka termasuk ke dalam makanan untuk penderita darah rendah yang baik. Selain itu, semangka juga mengandung likopen, yaitu salah satu antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kanker. Buah lain yang juga mengandung kadar air tinggi adalah jeruk sebanyak 91%, blewah dengan kandungan air sebanyak 90%, nanas dan jeruk mengandung 87% air, serta apel dan pir mengandung 84% air.

2. Makanan Asin

Makanan asin yang mengandung natrium atau garam bisa meningkatkan tekanan darah. Makanan dengan kandungan garam tinggi bisa meningkatkan tekanan darah. Sumber garam yang baik termasuk zaitun, keju cottage, dan sup kalengan atau tuna. Anda juga dapat menambahkan garam meja atau garam laut ke dalam makanan Anda. Meski demikian, jangan menambahkan garam terlalu banyak.

3. Kacang-Kacangan

Makanan untuk darah rendah yang lainnya yaitu kacang-kacangan. Kacang merupakan sumber nutrisi yang membantu meningkatkan tekanan darah. Kacang mengandung folat, zat besi, potasium, dan nutrisi lainnya yang bisa meningkatkan tekanan darah.

4. Kismis

Selain digunakan untuk membuat kue, kismis juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi hipotensi. Konsumsi kismis dapat meningkatkan fungsi kelenjar adrenal, sehingga dapat menjaga level tekanan darah dalam batas normal. Rendam 30-40 kismis dalam secangkir air, diamkan semalaman, lalu kamu bisa mengonsumsinya di pagi hari saat perut masih kosong.

5. Kurangi Karbohidrat

Makanan yang tinggi karbohidrat, terutama karbohidrat olahan, cenderung dicerna sangat cepat dibandingkan dengan makanan lain. Hal ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba. Diet rendah karbohidrat telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian untuk membantu mengatasi hipotensi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

6. Kopi

Kafein dalam kopi adalah stimulan. Kafein dapat meningkatkan detak jantung dan tingkat tekanan darah Anda. Minum kopi dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah jangka pendek, tetapi ini bukanlah solusi permanen. Karena, kebanyakan orang akan mengembangkan toleransi terhadap kafein dalam tubuhnya dari waktu ke waktu.

7. Makanan Tinggi Vitamin B12

Penderita sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 tinggi. Terlalu sedikit asupan B12 dapat menyebabkan anemia jenis tertentu, yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah dan kelelahan. Sejumlah makanan yang mengandung vitamin B12 yaitu telur, sarden, tuna, daging sapi, susu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru