7 Manfaat Aktivitas Outdoor Bagi Kesehatan Mental Anak, Ketahui!

Resa Azzahra 0 Komentar

Melakukan aktivitas diluar ruangan sangat baik bagi anak. Karena manfaat aktivitas outdoor dapat membuat otak menjadi cerdas bagi sang anak

INDIFFS.COM – Terus berada di dalam rumah dapat menyebabkan krisis pada mental anak. Sesekali ajaklah anak untuk bermain diluar ruangan dengan menikmati udara segar, mengajak nya berkeliling di taman. Karena manfaat aktivitas Outdoor sangat baik bagi kesehatan mental anak

Aktivitas di luar ruangan memiliki efek positif yang penting pada kesejahteraan fisik yang berpengaruh pada kesehatan mental yang lebih baik bagi anak-anak serta orang dewasa. Maka dari itu, biasakanlah beraktivitas outdoor mulai sekarang. Jangan lewatkan beragam manfaat aktivitas di luar ruangan berikut ini:

1. Menjaga Kesejahteraan Emosional

Semakin banyak waktu yang dihabiskan anak-anak diruang hijau, maka semakin meningkatkan kesejahteraan emosional yang lebih besar. Tak hanya itu, dengan bermain diluar ruangan dapat menjaga kesejahteraan emosional seperti interaksi sosial yang positif dan penurunan tekanan mental.

2. Dapat Meningkatkan Kreativitas dan Keberanian Anak

Tak terduga, perkembangan kreatifitas otak anak dapat meningkat saat bermain di luar ruangan. Anak yang dibiarkan bermain di alam bebas akan berpikir kreatif atas benda yang akan dijadikan mainan. Dunia luar ruangan dipenuhi dengan pemandangan, suara, dan aroma yang memicu rasa ingin tahu dan mengundang eksplorasi aktif.

Selaras dengan meningkatnya kemampuan anak bersosialisasi, anak akan belajar banyak hal saat ia bermain di luar ruangan, termasuk kemampuan menyelesaikan tantangan, mengatur strategi, menentukan prioritas, melakukan negosiasi, menerima penolakan, dan mengambil risiko. Hal ini akan melatih keberanian dan kreativitas anak.

3. Dapat Menambah Wawasan Bahasa

Anak akan mendapatkan berbagai kosa kata tentang kehidupan diluar. Ketika berinteraksi dengan teman-teman, ia juga akan belajar tentang cara berkomunikasi dengan teman bermainnya. Hal ini akan menambahkan wawasan anak untuk bertingkah laku serta berbicara.

4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Dengan anak bermain diluar ruangan seperti berlari, hal ini dapat meningkatkan prestasi akademik pada anak usia sekolah. Dengan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan akan membuatnya lebih pintar. Hal ini karena kondisi luar ruangan atau alam yang baik dan mendukung pikiran anak menjadi lebih sehat.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah dan detak jantung sangat berpengaruh pada ukuran stres dalam tubuh. Dengan duduk atau berjalan di luar ruangan secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah dan detak jantung. Serta mampu menurunkan aktivitas sistem saraf simpatik yang bila tidak terkendali dapat menyebabkan stres dan kelelahan jangka panjang.

6. Menurunkan Korisol

Korisol merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adjernal yang dikenal sebagai hormon stres. Oleh karena itu, kadar korisol yang cukup dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan psikis. Dengan beraktivitas diluar ruangan dapat membuat anak jadi tidak mudah stres.  Dengan meluangkan waktu untuk keluar rumah dan menikmati alam.

7. Membuat Anak Lebih Cepat Tidur

Kegiatan 0utdoor pada anak dapat meningkatkan waktu tidur mereka di malam hari, dengan menunjukan bahwa tidur anak hanya bertambah sedikit, yakni sebanyak 4 menit. Namun, yang lebih lama bukan waktu tidur, melainkan waktu berbaring. Kegiatan diluar rumah juga dapat mempengaruhi aspek penting lainnya. Anak akan lebih cepat tidur, karena bermain outdoor membuat anak terpapar sinar matahari. Cahaya mentari merupakan sinyal terbaik untuk mengatur jam biologis pada otak.

Selain itu, bermain diluar memiliki efek lainnya, yakni seperti menumbuhkan keterampilkan motorik dan meningkatkan konsentrasi. Menghabiskan lebih banyak waktu diluar mungkin melelahkan dan membutuhkan tenaga ekstra. Namun, tidak ada salahnya untuk memberikan suasana baru untuk anak.

Itulah beberapa manfaat aktivitas outdoor bagi anak yang dapat kita ketahui, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru