7 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Flu!

Resa Azzahra 0 Komentar

Belimbing wuluh merupakan salah satu tanaman obat tradisional. Manfaat Belimbing wuluh kaya akan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh

Indiffs – Manfaat dari belimbing wuluh merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Buah ini memiliki rasa yang asam, manis dan getir. Dengan rasa nya yang kaya, bilimbi ini sering dijadikan sebagai bahan masakan.

Bilimbi wuluh terkenal dengan manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya buahnya, daunnya pun dapat digunakan untuk mengobati sakit perut. Bungannya bisa dijadikan obat mengatasi batuk serta sariawan. Sedangkan buah nya, sering digunakan sebagai obat herbal tradisional.

Manfaat Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh kaya akan antioksidan yang bermanfaat banyak bagi kesehatan. Hampir semua bagian dari tanamannya dapat dimanfaatkan sebagai obat. Langsung saja simak manfaat belimbing wuluh berikut ini:

1. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan Vitamin C yang terkandung di dalam belimbing wuluh berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, vitamin ini juga diketahui dapat merangsang pembentukan kolagen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Proses Penyembuhan Luka

Seperti yang di jelaskan pada manfaat pertama. pasalnya buah ini memiliki kandungan kolagen untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Serta kandungan vitamin C nya diketahui mampu merangsang pembentukan kolagen yang baik dalam proses mempercepat penyembuhan luka.

3. Mengatasi Sakit Gigi

Kandungan buah belimbing atau belimbing sayur dapat membantu masalah sakit gigi, karena buah ini memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi serta fosfor untuk meningkatkan efektivitas mineral. Untuk cara nya, Anda bisa menghancurkan nya. Namun jangan terlalu halus.

Jika sudah, oleskan ke area gigi yang sakit dan tunggu kurang lebih selama satu jam. Biarkan buahnya bekerja dan kemudian berkumur dengan air hangat.

4. Mengatasi Flu dan Batuk

Karena kandungan etanol di dalamnya dipercaya dapat mengatasi gejala flu dan batuk hingga demam. Banyak orang tentu sering mengalami gejala yang satu ini, karena gejala ini merupakan gejala yang paling umum terjadi. Anda bisa mengonsumsi rebusan buahnya demi mengatasi berbagai gangguan kesehatan. 

5. Jadi Obat Diabetes

Belimbing sayur ini mampu mengobati diabetes dan terbukti ampuh dalam mengobati penyakit kronis yang satu ini. Ia juga ampuh dalam menurunkan kadar gula yang terlalu tinggi dalam tubuh manusia. Caranya juga mudah, cukup dengan membuat jus belimbing wuluh selepas makan.

Apabila tak kuat dengan rasa asamnya, Anda bisa meminum rebusan air belimbing wuluh sebanyak dua kali dalam satu hari. Ini akan sangat membantu Anda dalam menurunkan kadar gula dalam tubuh.

6. Mengatasi Sariawan

Sariawan muncul saat tubuh kekurangan nutrisi, area mulut tergigit, infeksi jamur, virus, atau bakteri. Hak ini salah satu penyakit yang cukup menganggu dan membuat penderitanya tidak nyaman.

Namun bisa diatasi dengan kandungan kaya akan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa menyembuhkann sariawan. Anda juga bisa mengonsumsi buah belimbing wuluh segar saat menderita sariawan. Saat sudah sembuh, ada baiknya Anda tetap mengonsumsi belimbing wuluh setiap hari untuk mencegah sariawan datang kembali.

7. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol naik dipicu oleh sejumlah faktor seperti terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, tidak olahraga secara teratur, dan obesitas. Kandungan dari air rebusan belimbing yang satu ini mampu menurunkan kadar kolesterol. Karena kandungan saponin yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru